Kamis, November 25, 2021
BerandaBerita BisnisBisnis Kerajinan Tangan Modal Kecil yang Menguntungkan, Apa Saja?

Bisnis Kerajinan Tangan Modal Kecil yang Menguntungkan, Apa Saja?

Bisnis kerajinan tangan saat ini mulai menjamur di kalangan masyarakat. Trend bisnis ini banyak digemari oleh kalangan muda millenial. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang menciptakan berbagai jenis ide bisnis kreatif yang mampu menghasilkan banyak keuntungan.

Penting untuk Anda ketahui, dalam merintis bisnis pribadi tidak selalu memerlukan modal yang besar. Anda dapat menciptakan usaha kerajinan tangan yang sederhana, akan tetapi mampu menghasilkan uang.

Baca juga: Bisnis Terbaik di Internet Tanpa Modal, Pilih yang Anda Sukai

Di zaman yang serba modern saat ini, kita dapat menemukan banyak inspirasi kerajinan tangan yang menghasilkan keuntungan. Bahkan hanya dengan bermodalkan barang bekas, kita dapat menghasilkan suatu kerajinan tangan yang mempunyai nilai jual.

Kita dapat mengembangkan berbagai jenis ide serta kreativitas untuk membuat berbagai jenis kerajinan tangan yang laku di pasaran. Berbagai kerajinan tersebut dapat Anda buat sendiri dengan mudah. Jika masih kebingungan, maka Anda dapat mencari cara membuatnya di internet.

Inspirasi Bisnis Kerajinan Tangan yang Menguntungkan

Usaha kerajinan tangan tangan dapat menjadi salah satu alternatif bisnis rumahan yang Anda jalankan tanpa harus mengeluarkan modal besar. Terlebih lagi, apabila kegiatan membuat kerajinan tangan tersebut merupakan hobi yang cukup Anda gemari.

Oleh karena itu, dengan menjalankan bisnis tersebut, tidak hanya sekedar memperoleh keuntungan, tetapi juga kepuasan dalam menghasilkan sebuah karya kerajinan.

Bagi siapa saja yang tertarik untuk menjalankan usaha kerajinan tangan, tidak perlu khawatir. Sebab dapat menjalankan usaha ini asalkan tepat.

Pahami benar bagaimana cara memulai bisnis kerajinan tangan yang akan Anda jalankan. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan pasar yang tepat dengan memperhatikan potensinya.

Pesaing jangan Anda jadikan sebagai alasan untuk tidak dapat mengembangkan usaha kerajinan tangan. Justru dari para pesaing, Anda dapat mengambil pelajaran untuk mengembangkan bisnis kerajinan yang telah Anda jalankan.

Di bawah ini berbagai ide bisnis kerajinan tangan modal kecil yang cukup menjanjikan, antara lain:

Usaha Kerajinan Tangan Kain Flanel

Bisnis Kerajinan Tangan
Kerajinan Tangan Kain Flanel

Siapa yang tidak mengenal jenis bisnis kerajinan tangan satu ini? Selain cukup mudah untuk dibuat, ternyata kerajinan kain flanel dapat menciptakan peluang bisnis yang menguntungkan.

Dengan memanfaatkan kain flanel, Anda dapat mulai berkreasi untuk menghasilkan berbagai bentuk kerajinan. Seperti kotak tisu, bros, hingga gantungan kunci.

Selain itu, Anda juga dapat menciptakan busy book yang saat ini banyak diburu oleh para ibu. Seperti yang kita ketahui, busy book dapat membantu meningkatkan kreativitas juga imajinasi si kecil.

Bahkan bila musim wisuda tiba, para pelaku bisnis banyak yang memanfaatkan kain flanel untuk menciptakan buket bunga yang sangat menarik. Kerajinan tangan dengan bahan baku kain flanel memiliki peluang bisnis yang cukup luas.

Tidak heran jika bisnis kerajinan satu ini dapat menjadi peluang yang cukup menjanjikan dengan nilai potensial. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin memperoleh penghasilan tambahan, maka kerajinan kain flanel dapat menjadi pilihan usaha yang sangat tepat.

Daur Ulang dari Botol Plastik Bekas

Kerajinan Botol Plastik Bekas

Botol plastik bekas dapat Anda sulap menjadi suatu kerajinan yang memiliki nilai jual. Saat ini banyak sekali jenis kerajinan tangan hasil dari daur ulang botol plastik bekas.

Mulai dari tempat pensil, kotak perhiasan, bunga artificial, pot bunga, lampu gantung, dan lain sebagainya. Bisnis membuat kerajinan tangan dari botol plastik bekas tentu tidaklah sulit.

Baca juga: Peluang Bisnis Rumahan yang Menjanjikan, dari Otomotif hingga Teknologi

Selain memiliki nilai jual, produk kerajinan dari botol plastik bekas juga secara tidak langsung dapat membantu pemerintah dalam mengatasi limbah plastik yang semakin tidak terkontrol.

Seperti yang kita ketahui, sampah plastik sangat sulit untuk terurai. Pada akhirnya semakin menumpuk begitu saja. Jika hal ini dibiarkan, tentu akan mencemari udara, bahkan menyebabkan banyak hal buruk. Seperti banjir serta pencemaran air sungai atau laut.

Bisnis kerajinan tangan dari botol plastik bekas sangat menguntungkan. Mengingat bahan baku yang diperlukan pun murah. Selain itu, pemasarannya pun juga relatif mudah.

Di tangan orang yang kreatif, maka botol plastik bekas yang dianggap sampah dapat menghasilkan sebuah karya dengan nilai jual dan manfaat.

Mahar atau Hantaran

Kerajinan untuk mahar

Jenis bisnis kerajinan tangan dengan modal kecil yang dapat Anda jalankan lainnya adalah pembuat hantaran atau mahar. Selain mudah untuk Anda jalankan, jenis usaha ini juga cukup menjanjikan keuntungan.

Sebuah pernikahan memang tidak mengenal musim, dalam setiap saat ada saja yang melangsungkan pernikahan. Bagi Anda yang memiliki hobi menghias, hal ini tentunya dapat menjadi peluang yang cukup menguntungkan.

Bisnis kerajinan tangan satu ini dapat Anda jalankan dengan modal yang minim. Anda hanya perlu membuat mahar atau hantaran yang sangat menarik sesuai dengan pesanan. Hal ini memerlukan keterampilan untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Kerajinan Tangan dari Koran Bekas

Bisnis Kerajinan Tangan
Kerajinan Koran Bekas

Siapa sangka, koran bekas yang seringkali tidak kita perhatikan, bahkan hanya menjadi seonggok sampah dapat menjadi produk dengan nilai jual yang cukup tinggi.

Koran bekas dapat kita ubah menjadi suatu kerajinan tangan yang dapat kita jual di pasaran. Dengan adanya kreativitas, maka Anda pun dapat mengubahnya menjadi berbagai jenis kerajinan yang menarik.

Koran bekas merupakan salah satu jenis limbah yang mudah hancur. Koran bekas sering diabaikan keberadaannya karena dianggap tidak bermanfaat. Namun anggapan tersebut justru tidak benar.

Baca juga: Bisnis Terbaik di Internet Tanpa Modal, Pilih yang Anda Sukai

Jika limbah ini kita olah dengan menggunakan kreativitas, justru akan menghasilkan berbagai jenis kerajinan tangan yang unik dan menarik.

Seperti keranjang, vas bunga, tempat buah, tas belanja, dan lain sebagainya. Dengan berbagai keunikan yang terdapat pada kerajinan dari koran bekas ini, tentu dapat menjadi peluang bisnis kerajinan tangan yang cukup menjanjikan.

Bisnis Kerajinan Tangan Berasal dari Ban Bekas

Kerajinan Ban Bekas

Salah satu ide kreatif lainnya yang dapat memberikan keuntungan adalah daur ulang ban bekas. Siapa yang menduga, keberadaan ban bekas yang dulunya hanya dibuang atau dibakar, saat ini dapat kita ubah menjadi sebuah barang yang sangat bermanfaat dan memiliki nilai jual cukup tinggi.

Ban bekas ini dapat menjadi ide kreatif dalam menjalankan bisnis kerajinan tangan yang menguntungkan. Beberapa ban bekas dapat Anda sulap menjadi satu set furniture unik yang dapat mempercantik ruang tamu Anda.

Produk tersebut dapat menjadi kerajinan tangan yang banyak diminati oleh konsumen karena keunikannya. Selain memiliki estetika yang tinggi, produk ini juga mempunyai masa cukup panjang.

Mengingat bahan bakunya terbuat dari karet. Untuk saat ini, banyak masyarakat yang menginginkan suatu hal unik dan langka tanpa mengurangi sisi estetikanya.

Kerajinan Tangan dari Kain Perca

Kerajinan Kain Perca

Jenis bisnis kerajinan tangan lainnya adalah dengan memanfaatkan kain perca. Kain perca ialah potongan-potongan kain bekas konveksi atau para penjahit yang sudah tidak dapat terpakai lagi.

Pada umumnya, kain perca mempunyai ukuran yang cukup kecil sehingga tidak dapat digunakan lagi dan sering dianggap sebagai limbah tidak bermanfaat.

Padahal pada kenyataannya, kita dapat memanfaatkan kain perca untuk kita jadikan sebagai barang yang bermanfaat. Bahkan kerajinan tangan dengan mendaur ulang kain perca tidak hanya dapat memberikan manfaat, akan tetapi juga dapat memberikan nilai ekonomis dalam peluang bisnis yang cukup tinggi.

Terdapat berbagai macam produk yang dapat kita hasilkan dengan memanfaatkan kain perca. Mulai dari bantal, boneka, dompet, keset, sarung HP, bros, dan lain sebagainya. Berbagai produk tersebut cukup potensial di pasaran, mengingat banyak orang yang memerlukannya.

Kreasi Pajangan Dinding yang Berasal dari Palet Kayu

Bisnis Kerajinan Tangan
Kerajinan Palet Kayu

Palet kayu pada umumnya terpakai untuk keperluan perlindungan terhadap pengiriman barang, terutama pada pengiriman barang jarak jauh.

Setelah itu, palet kayu akan menjadi kayu bakar. Dijual dengan harga sangat murah atau hanya dibuang saja. Akan tetapi tahukah Anda, saat ini palet kayu dapat memberikan peluang bisnis kerajinan tangan yang menjanjikan.

Dengan menggunakan sedikit kreativitas, palet-palet kayu yang tidak bermanfaat tersebut, dapat kita ubah menjadi berbagai aneka furniture yang mempunyai nilai jual tinggi. Kita dapat mengubah palet-palet kayu menjadi aneka rak dinding, kursi, meja, hingga lemari yang sangat bermanfaat.

Lilin Aroma Terapi

Kerajinan Aroma Terapi

Selain memiliki fungsi sebagai penerangan pada saat listrik padam, tahukah Anda bahwa lilin juga dapat kita kreasikan menjadi lilin aromaterapi. Jenis lilin ini dapat menyebarkan aroma wangi ke seluruh ruangan serta mampu memberikan kesegaran bagi siapa saja yang menghirupnya.

Dengan keunikan yang hadir, maka tidak jarang banyak orang menyalakan lilin aromaterapi ini menjadi salah satu souvenir pernikahan cukup unik dan menarik.

Dengan demikian, lilin aromaterapi dapat menjadi peluang bisnis kerajinan tangan yang mampu memberikan pundi-pundi rupiah bagi siapa saja yang menjalankannya.

Cara membuat lilin aromaterapi pun cukup mudah dengan bahan baku murah. Hal penting yang perlu Anda persiapkan adalah jenis lilis apa yang akan Anda gunakan. Anda akan memperoleh hasil yang lebih baik jika Anda menggunakan lilin alami seperti palm wax serta soy wax.

Mengenai aromanya, Anda dapat melakukan percobaan terlebih dahulu supaya lilin aromaterapi yang Anda ciptakan mempunyai wangi menyegarkan. Agar lebih menarik lagi, maka pengemasannya pun juga perlu Anda perhatikan.

Bunga Kertas Artificial

Bunga kertas artificial saat ini cukup banyak peminatnya. Pasalnya, bunga artificial sering terpakai untuk berbagai acara penting seperti dekorasi pernikahan, ulang tahun, atau untuk penyambutan tamu.

Maka tidak heran jika bunga artificial dapat menjadi salah satu bisnis kerajinan tangan yang sangat menarik untuk kita jalankan. Untuk dapat menghasilkan kerajinan bunga artificial, maka perlu adanya kreativitas serta imajinasi cukup tinggi.

Baca juga: Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga yang Mudah Laku dan Menjanjikan

Dengan adanya kreativitas tersebut, maka kita dapat membuat berbagai macam model bunga yang cantik dan menarik. Bahan baku untuk membuat bunga artificial pun cukup mudah dan terjangkau.

Sehingga keuntungan yang dapat Anda peroleh pun cukup besar. Sebagai sarana promosi, Anda dapat memanfaatkan media sosial atau melakukan promosi melalui pameran UMKM. Bahkan Anda juga dapat menggaet jasa wedding organizer untuk dapat bekerja sama.

Masih banyak lagi jenis bisnis kerajinan tangan yang menjanjikan keuntungan. Tidak perlu menggunakan modal yang besar. Hanya dengan memanfaatkan bahan baku yang ada. Baik barang bekas atau yang lainnya. Selanjutnya dengan kreativitas yang kita miliki, bahan baku tersebut dapat kita sulap menjadi sebuah barang dengan nilai jual yang tinggi. (R10/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru