Minggu, November 28, 2021
BerandaBerita TerbaruBuah yang Mengandung Kalsium Tinggi, Ini Rekomendasinya!

Buah yang Mengandung Kalsium Tinggi, Ini Rekomendasinya!

Buah yang mengandung kalsium tinggi sangat penting untuk tubuh. Mineral yang satu penting untuk mendukung pertumbuhan bayi dan anak-anak. Kalsium juga penting untuk ibu yang sedang hamil agar kebutuhan mineralnya tercukupi.

Kalsium umumnya terdapat pada jenis makanan olahan susu. Seperti yoghurt, keju, dan lainnya. Padahal jenis makanan lainnya seperti buah-buahan juga tak sedikit yang mengandung kalsium cukup tinggi.

Kebanyakan orang Indonesia kurang menyukai susu karena minuman ini sering memberikan dampak mual pada perut. Bahkan tak sedikit pula anak-anak yang tidak menyukai susu maupun produk olahannya.

Bagi anda yang bosan atau kurang menyukai minum susu atau olahan dari susu, mengonsumsi makanan kaya kalsium ini sangat cocok untuk Anda coba.

Jenis makanan yang tinggi mineral ini juga bisa menjadi alternatif sumber kalsium yang enak dan murah.

Selain itu, buah yang kaya kandungan kalsium juga sangat baik bagi tulang. Ini recomended untuk menjadi konsumsi anda yang alergi terhadap protein susu sapi. Jadi asupan kalsium pun tetap anda dapatkan.

Jumlah kalsium yang terdapat dalam satu jenis buah tersebut cukup besar. Bahkan ada yang mencapai 10 mg dalam satu butirnya.

Baca Juga : Mengeluarkan Racun dalam Tubuh, Cukup Konsumsi Buah-buahan Ini

Selain kaya kalsium, makanan enak ini pun mengandung sejumlah nutrisi lainnya yang penting untuk tubuh. Seperti serat, vitamin, antioksidan, dan berbagai nutrisi sehat lainnya.

Ragam Buah yang Mengandung Kalsium Tinggi

Jenis buah yang kaya kalsium ini pun cukup beragam, mulai dari jeruk hingga delima. Nah, bagi anda yang sedang mencarinya, berikut ini berbagai jenis buah yang mengandung kalsium tinggi sehingga perlu anda ketahui.

Buah Delima

Buah berwarna merah ini merupakan salah satu sumber antioksidan yang tinggi. Selain memiliki antioksidan, buah bernama pomegranate ini kaya kalsium dengan kandungan hingga 10 mg.

Kandungan kalsium yang tinggi membuat delima sangat baik untuk menjadi menu makanan pada masa pertumbuhan balita dan anak-anak. Lansia juga memerlukan asupan kalsium yang lebih banyak.

Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan vitamin A, C dan E yang membuat delima makin kompleks kandungan nutrisinya.

Baca Juga : Cara Alami Mengecilkan Perut dengan Buah-buahan Rendah Kalori

Buah Pisang

Buah tropis satu ini juga termasuk jenis buah yang mengandung kalsium tinggi. Memiliki tekstur lembut sehingga baik dikonsumsi semua kalangan.

Kandungan kalsium dalam pisang cukup tinggi yang menyebabkan buah ini sangat direkomendasikan sebagai makanan pendamping ASI untuk balita.

Selain kalsium, buah yang banyak dijumpai di Indonesia ini memiliki kalium, magnesium, serat, dan berbagai jenis vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh.

Buah Jeruk

Kita mengenal jeruk sebagai buah yang kaya vitamin C. Padahal selain vitamin C, buah dengan kandungan air melimpah ini mengandung kalsium yang cukup tinggi. Kandungan mineral ini pada satu jeruk mencapai 10 mg.

Jeruk sangat cocok untuk dikonsumsi anda yang memerlukan asupan kalsium tinggi. Selain itu antioksidan yang dimilikinya juga baik untuk menjaga imunitas agar tubuh tidak mudah sakit.

Baca Juga : Makanan Penurun Darah Tinggi: Buah-buahan dan Sayuran yang Mudah Didapat

Buah Naga

Pilihan lainnya buah yang mengandung kalsium tinggi adalah buah naga. Makanan ini belakangan sedang tren dan populer bagi masyarakat Indonesia ini juga cocok untuk asupan kalsium anda.

Pasalnya kandungan kalsium pada buah kaya serat ini mencapai 8.8 mg. Ada berbagai jenis buah naga yang juga baik menjadi konsumsi untuk tubuh anda. Mulai dari buah naga putih, merah hingga ungu.

Selain itu, buah naga juga menjadi sumber fosfor dengan kandungannya sebanyak 36.1 mg. Hal ini membuat buah naga sangat efektif menjaga kesehatan tulang dan gigi anda.

Buah Apel Merah

Sebanyak 100 gram apel merah mengandung kalori sebanyak 58 kkl. Hal ini membuatnya cocok sebagai menu diet anda. Selain itu, apel merah juga kaya kalsium dengan kandungan sebanyak 6 mg.

Untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang, apel merah sangat recomended untuk dikonsumsi. Selain itu kandungan seratnya juga baik untuk mencegah penyakit diabetes dan menjaga sistem pencernaan anda.

Itu dia berbagai jenis buah yang mengandung kalsium tinggi yang bisa Anda pilih sesuai selera. Sumber kalsium tak hanya terdapat pada susu dan produk olahannya saja. Beragam buah ini memiliki mineral penting ini dalam jumlahnya cukup besar. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -

Berita Terbaru