Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TerbaruBumi Diklaim Bakal Punya Cincin, Tersusun Dari Sampah Antariksa

Bumi Diklaim Bakal Punya Cincin, Tersusun Dari Sampah Antariksa

Bumi diklaim bakal punya cincin layaknya beberapa planet lain, namun dengan susunan yang berbeda. Prediksi dari ilmuwan ini cukup membuat bergidik ngeri jika sampai terjadi.

Planet yang kita huni ini merupakan salah satu yang tidak memiliki cincin sekitarnya. Tidak seperti planet lainnya seperti Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Beberapa planet tersebut memang memiliki cincin terbentuk dari batuan atau asteroid yang merupakan objek langit serupa.

Namun berbeda dengan yang akan terjadi pada Bumi ini. Science Times melansir berita ini beberapa hari yang lalu berdasarkan prediksi para ahli.

Baca Juga: Asteroid 1994 WR12 Melewati Orbit Bumi Hari Ini, Simak Prediksi Berikut!

Planet Bumi Diklaim Bakal Punya Cincin pada Masa Depan

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kondisi Bumi sedang tidak baik-baik saja. Permasalahan alam yang kita hadapi dari mulai polusi darat, air, dan bahkan udara.

Sehingga Bumi ini sedang berada dalam jalur yang menjadi tempat sampah atau rongsokan tata surya. Dengan jalur ini, Bumi akan mendapatkan cincin tersebut.

Berbeda jelas dengan beberapa planet tetangga kita. Mereka memiliki cincin indah karena memang kodrat dari terbentuknya sebagai objek langit.

Hal ini jelas memberikan perbedaan kontras dari yang kita dapatkan pada kejadian masa depan. Maka dari itu, kami akan memberikan bahasannya lebih lanjut berikut ini.

Baca Juga: Fakta Planet Kerdil Haumea, Bercincin dan Berputar Cepat

Struktur yang Membentuk Cincin Bumi

Dari prediksi Bumi diklaim bakal punya cincin, para ilmuwan mengungkap bahwa dari banyaknya sampah yang berada dalam jalur tersebut tampaknya memang akan terjadi pembentukan ini.

Banyaknya satelit yang sengaja berhenti dan bahkan rusak, lalu roket yang bertabrakan dengan berbagai ruang angkasa lainnya.

Tentu saja cukup besar kemungkinan ini bisa benar-benar terjadi. Dari Departemen Pertahanan serta Kantor Program Puing Orbita NASA, mereka memiliki data lengkapnya mengenai berbagai objek yang kini mengelilingi Bumi.

Terdapat kurang lebih 23.000 keping puing orbit dari Bumi. Dari yang NASA sebutkan bahwa hal ini bisa menjadi ancaman cukup serius bagi perjalanan dan penelitian kedirgantaraan.

Dari banyaknya sampah antariksa Bumi ini, memiliki berbagai macam jenis, mulai dari bola lunak dan ratusan juta ukuran. Sedangkan kecepatannya bisa mencapai 17.50 mph.

Baca Juga: Misi Pembersihan Sampah Luar Angkasa, Upaya Cegah Tabrakan

Pembersihan Orbit yang Aman dan Ekonomis

Dari prediksi ini, sampai saat ini peneliti sedang bergerak dalam metode pembersihan. Sehingga sampah luar angkasa akan berhenti dari jalur tersebut.

Mereka akan menghentikannya dengan lengan robot tersebut. Dari banyaknya perlombaan angkasa komersial yang meningkat ini, potensi sampah juga meningkat.

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa Bumi sedang darurat sampah. Tidak hanya di dalam, namun juga luar angkasa. Bumi diklaim bakal punya cincin ini bisa terjadi jika akhirnya metode pembersihan tidak berhasil direalisasikan. (R10/HR-Online)

- Advertisment -