Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaBerita TerbaruBunga Es pada Freezer Kulkas, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bunga Es pada Freezer Kulkas, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Masalah bunga es pada freezer kulkas bukan hanya tidak sedap dipandang, tapi juga bisa mempengaruhi kualitas makanan yang ada di dalamnya. Bunga es dapat menimbulkan bau yang tak sedap, bahkan melemahkan efisiensi dari freezer itu sendiri.

Namun sebetulnya ada cara-cara untuk mengatasi masalah bunga es tersebut. Tapi sebaiknya hindari agar freezer tidak dipenuhi bunga es. Caranya Anda harus cari tahu dulu apa yang menjadi penyebabnya.

Hal itu penting agar kulkas bisa awet dan tahan lama. Karena penumpukan embun yang beku dalam freezer bisa menyebabkan berbagai masalah. Baik pada alat maupun makanan yang tersimpan dalam kulkas.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi bunga es dalam kulkas.

Penyebab Bunga Es pada Freezer Kulkas

Terjadinya akumulasi dari uap air yang beku pada bagian dinding serta rak peralatan dalam kulkas disebut sebagai bunga es.

Baca Juga: Penyebab Freezer Kulkas Berisik yang Jarang Diketahui

Menurut General Electric, kondisi ini terjadi saat kumparan evaporator dalam freezer bersentuhan dengan kelembaban, yang kemudian membeku.

Kelembaban akan terkumpul pada bagian kumparan evaporator melalui beberapa cara. Hal yang paling umum adalah pintu freezer dibiarkan terbuka lama.

Gasket (segel pintu) yang rusak atau aus memungkinkan udara yang hangat masuk, serta udara yang dingin keluar. Hal ini  juga dapat menjadi penyebab munculnya bunga es pada freezer kulkas.

Selain itu, makanan yang masih panas kemudian Anda simpan dalam freezer juga bisa menghasilkan kelembaban. Ini akan menyebabkan terjadinya penumpukan embun yang beku.

Hal lainnya yang dapat menyebabkan munculnya bunga es adalah tidak berfungsinya pengatur waktu untuk pencairan es. Kemudian, termostat dan pemanas yang bermasalah.

Dampak Negatif dari Bunga Es

Jika Anda melihat adanya penumpukan bunga es pada freezer kulkas, penting untuk segera mengambil tindakan. Jika tidak, nantinya akan mengganggu kualitas makanan yang tersimpan dalam kulkas.

Baca Juga: Menyimpan Makanan di Kulkas, Awas Jangan Salah!

Beberapa hal yang akan terjadi jika Anda tidak segera membersihkannya antara lain, mengurangi ruang penyimpanan dalam freezer.

Selain itu, akan tercium bau busuk yang menyebabkan makanan menjadi tidak segar lagi, bahkan rasanya pun tidak enak. Serta akan menimbulkan kerusakan pada peralatan yang ada dalam kulkas.

Cara Menghilangkan Bunga Es

Anda bisa mengatasi jika terjadi masalah bunga es pada freezer kulkas. Menurut Summit Appliance, untuk menghilangkannya, cabut steker alat lalu tunggu sampai embun yang membeku itu mencair.

Selanjutnya, bersihkan semua kelembaban, lalu biarkan semuanya sampai kering, baru pasang lagi alatnya.

Tapi ingat, jangan sampai mengikis es menggunakan benda-benda tajam, apalagi pisau. Karena hal itu bisa merusak alat serta objek yang ada dalam freezer.

Baca Juga: Awas! Tujuh Makanan Ini Jangan Dimasukkan ke Dalam Kulkas

Tips Mencegah Penumpukan Embun Beku

Selain cara menghilangkan bunga es pada freezer kulkas, Anda juga kiranya penting untuk mengetahui cara mencegahnya.

Pertama, hal yang harus Anda hindari adalah membuka freezer terlalu lama dari waktu yang Anda perlukan. Kemudian, secara teratur Anda harus periksa paking dari kerusakan.

Setelah itu periksa lagi untuk memastikan kalau pintu freezer sudah tertutup sepenuhnya. Simpan makanan yang memang butuh pendinginan dalam freezer.

Untuk posisi penyimpanan kulkas pun perlu Anda perhatikan. Jangan letakkan dekat peralatan yang hangat, misalnya seperti pengering, tungku, atau alat pemanas air.

Kemudian, sisakan ruang antara dinding tembok dengan bagian belakang kulkas. Terakhir, pastikan pengaturan suhu pada freezer sudah sesuai.

Demikianlah ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi bunga es yang menggumpal dalam freezer kulkas dengan mudah dan aman. (R3/HR-Online/Editor-Eva)