Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Alami Mengobati Bronkitis yang Mudah dan Ampuh

Cara Alami Mengobati Bronkitis yang Mudah dan Ampuh

Cara alami mengobati bronkitis bisa menjadi pilihan yang aman dan murah. Apalagi efektivitasnya juga tidak kalah dengan obat kimia dari apotek. Hal ini tentunya berkaitan dengan kondisi penyakit maupun daya tahan tubuh penderitanya.

Bronkitis merupakan satu dari beberapa jenis penyakit saluran pernafasan yang menyerang saluran bronkial. Hal ini terjadi karena adanya infeksi bakteri dan virus.

Infeksi tersebut bisa terjadi karena sejumlah faktor. Baik karena faktor perubahan cuaca, kondisi tubuh yang tidak fit, hingga tertular oleh penderita lain.

Biasanya penderita bronkitis akan mengalami batuk disertai lendir yang terasa menebal pada bagian dada.

Hal ini pula yang membuat bagian dada terasa nyeri ketika sedang batuk. Untuk metode pengobatannya bisa dengan cara alami.

Cara alami mengobati bronkitis terutama berguna untuk menghilangkan dan mengurangi lendirnya. Jika lendir yang ada pada bagian tenggorokan mereda, maka bronkitis akan terasa lebih ringan.

Baca Juga : Manfaat Daun Sirih Merah untuk Obati Berbagai Penyakit

Cara Alami Mengobati Bronkitis

Selain istirahat untuk memulihkan sistem imun tubuh, pengobatan karena bronkitis juga dengan menggunakan bahan-bahan yang kaya antibiotik alami. Antara lain seperti jeruk nipis, madu, dan lainnya.

Berikut ini berbagai cara pengobatan bronkitis secara alami yang bisa anda coba. Metode alami ini bisa Anda lakukan untuk semua kalangan. Pilih saja yang paling mudah dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Konsumsi Nanas

Bromelain yang ada pada nanas sangat efektif untuk mengurangi peradangan dan meredakan dahak. Mengonsumsi buah nanas tentunya bisa menjadi pilihan yang efektif sebagai cara alami mengobati bronkitis.

Namun konsumsi nanas apalagi yang masih muda tidak dianjurkan bagi ibu hamil. Konsumsi buah tersebut di luar kehamilan secara teratur. Kemudian imbangi dengan memperbanyak asupan cairan tubuh Anda.

Minum Air Putih yang Cukup

Selain itu penderita bronkitis juga wajib minum air putih dalam jumlah yang cukup. Hal ini sangat penting dan bertujuan agar tubuh tetap terhidrasi sehingga lendir pada saluran bronkial menipis.

Baca Juga : Jenis Penyakit Pernapasan Ini Harus Diwaspadai!

Minum air putih juga efektif untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang dan mengatasi peradangan. Apalagi imunitas tubuh sangat tergantung pada ketercukupan cairan dalam tubuh.

Selain itu sebaiknya hindari minuman berkafein dan beralkohol karena akan semakin membawa dampak buruk pada penyakit anda.

Campuran Madu dan Lemon

Pilihan cara alami mengobati bronkitis lainnya adalah dengan mengonsumsi minuman lemon dan madu. Campuran madu dan lemon mengandung sifat antibakteri yang efektif mengatasi bronkitis.

Kedua campuran bahan alami tersebut terkenal berkhasiat dalam membasmi dan membunuh zat-zat asing penyebab penyakit bronkitis.

Namun campuran dua bahan tersebut sebaiknya tidak untuk anak yang berusia kurang dari 3 tahun. Pasalnya dikhawatirkan kedua bahan itu akan berubah menjadi zat beracun dan menyebabkan kelumpuhan otot.

Setelah itu konsumsi campuran madu dan lemon secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Baca Juga : Manfaat Berkumur Air Garam Buat Kesehatan

Penguapan

Cara alami mengobati bronkitis lainnya yang juga ampuh adalah dengan melakukan penguapan. Menghirup uap hangat ini sangat bermanfaat untuk mencairkan lendir dan membuat ringan kondisi bronkitis yang anda rasakan.

Metode pengobatan satu ini pun cukup mudah dan populer. Anda bisa menyiapkan baskom berisi air panas dan handuk lebar. Kemudian tambahkan minyak esensial ke dalam air panas tersebut.

Setelah itu Anda perlu melapisi kepala dengan handuk lebar. Arahkan wajah ke atas baskom tersebut dan biarkan uapnya terhirup. Lakukan secara rutin agar lendir cepat mereda.

Istirahat yang Cukup

Penderita bronkitis memerlukan waktu istirahat yang cukup agar tubuh lebih kebal melawan virus yang menginfeksinya. Sebaiknya atur waktu istirahat agar sistem kekebalan tubuh kembali pulih.

Kebanyakan penyakit flu akan lebih mudah menyerang tubuh yang tidak fit dan bisa berkembang menjadi gejala bronkitis.

Karena itu penting bagi Anda untuk mengambil istirahat yang cukup. Sebaiknya hindari kegiatan begadang hingga larut malam. Terlebih karena udara dingin malam bisa menyebabkan bronkitis kian parah.

Itulah berbagai cara alami mengobati bronkitis yang bisa anda coba. Anda bisa memilih salah satunya atau beberapa langkah sekaligus agar hasilnya optimal.

Seperti istirahat yang cukup, melakukan penguapan yang Anda dukung dengan minuman herbal. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -