Sabtu, November 27, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Cat Bemper Mobil Sendiri di Rumah dengan Teknik Tepat

Cara Cat Bemper Mobil Sendiri di Rumah dengan Teknik Tepat

Cara cat bemper mobil sendiri sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja. Bahkan Anda mungkin salah satunya. Memiliki mobil dengan tampilan menarik dan warnanya yang tepat adalah pilihan semua orang.

Terkadang seiring pemakaiannya yang lama, membuat warna cat bodi maupun bemper mobil kusam. Sehingga tidak sedikit pemilik mobil yang mengganti catnya dengan warna baru.

Hal ini memberikan kesan warna cerah dan tampak seperti baru. Selain mengaplikasikan cat yang baru, biasanya pemilik mobil juga menggantinya dengan warna lain. Tampilannya pun tidak akan membosankan.

Saat Anda memutuskan untuk melakukan pengecatan sendiri, sebaiknya cari tahu bagaimana teknik yang tepat. Dengan teknik yang pas, warna bodi maupun bemper tidak terlihat belang.

Melakukan pengecatan bemper mobil tidak sama seperti Anda mengecat bodinya. Sebab, biasanya bemper terbuat dari bahan plastik. Sehingga tidak bisa langsung ditimpa cat begitu saja.

Itulah alasannya mengapa cat body dan bemper berbeda warna. Cara cat bemper mobil sendiri pun bisa Anda aplikasikan jika tekniknya tepat.

Baca Juga : Perawatan Power Window Mobil Agar Tidak Seret Saat Digunakan

Panduan Cara Cat Bemper Mobil Sendiri Agar Tidak Belang

Proses pengecatan pada bemper mobil memang bisa terbilang menggunakan teknik yang tepat. Hal ini perlu Anda lakukan agar hasilnya bagus.

Cara pertama yang perlu Anda lakukan yaitu prosesnya harus menggunakan PP primer atau cairan plastik primer.

Jika bahan tersebut tidak Anda aplikasikan, membuat warna bemper 2-3 bulan warnanya memudar. Bahkan warna bemper justru akan menguning.

PP primer itu sendiri merupakan cairan berbentuk air yang bisa menjadi bahan plastik. Fungsi dari PP primer merupakan bahan pelapis dasar bahan plastik. Fungsinya untuk mendasari lapisan sebelum bemper dicat.

Jika Anda melakukan pengecatan bemper tanpa menggunakannya justru cat akan mudah mengelupas. Maka dari itu, saat Anda ingin melakukannya gunakan teknik tepat.

Menggunakan Teknik Dasar

Cara cat bemper mobil sendiri yang pertama yaitu gunakan teknik dasar menggunakan PP primer. Sehingga warna cat tidak akan mengelupas. Karena bemper bahan plastik memiliki teknik yang berbeda dengan pengecatan body.

Setelah tahap pemberian dasar, selanjutnya gunakan epoxy. Jangan sampai Anda melewatkan penggunaan epoxy karena tanpanya justru membuat cat terlihat belang.

Baca Juga : Penyebab Rem Depan Mobil Macet, Akibat Tidak Adanya Perawatan Rutin

Jadi, jangan biarkan Anda melakukan pengecatan dasar, kemudian langsung timpa cat bemper. Anda harus gunakan epoxy terlebih dulu. Setelah penggunaan PP primer, epoxy, lanjutkan dengan pengaplikasian cat bemper.

Sehingga cat akan tetap tahan lama dan tidak memudar. Sebaiknya jika Anda ingin melakukan pengecatan sendiri, bisa cari tahu mana teknik yang pas untuk Anda lakukan.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pengecatan

Sebelum Anda melakukan pengecatan, sebaiknya perhatikan beberapa hal penting. Sebab langkah ini perlu Anda lakukan agar hasil pengecatan bisa berjalan dengan baik dan maksimal.

Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum mempraktikkan cara cat bemper mobil sendiri.

  • Amplas bagian bemper secara merata dengan ukuran 1500.
  • Jangan lupa cuci bagian bemper yang akan Anda cat dan keringkan di bawah matahari langsung.
  • Siapkan epoxy untuk pengaplikasian setelah PP primer. Agar pengecatan tampak sempurna, Anda bisa gunakan warna putih atau abu-abu untuk memulai pengecatan dasar.
  • Sebaiknya melakukan pengecatan pada area terbuka sehingga sinar matahari bisa langsung mengenai posisi pengecatan. Namun Anda harus menghindari pengecatan pada lokasi yang berdebu. Sebab debu membuat warna pengecatan menjadi kurang rapi.
  • Setelah cat dasar kering, amplas hingga hasilnya maksimal. Lakukan secara perlahan agar warna dasar cat bisa lebih merata.
Baca Juga : Kap Mesin Mobil, Salah Satu Komponen dengan Fungsi Penting

Tahap Terakhir Pengecatan

Cara cat bemper mobil sendiri memang mudah asalkan Anda tahu teknik tepat saat pengecatan. Setelah melakukan pengecatan, Anda bisa lakukan tahap varnish.

Tahap varnish bisa Anda lakukan dengan catatan pengecatan benar-benar dalam kondisi kering. Hal ini membantu Anda mendapatkan hasil pengecatan yang bagus. Sehingga warna cat bemper juga akan tahan lama.

Anda bisa lakukan cara ini dengan mencampur komponen varnish dan hardener. Jangan lompat-lompat agar penyemprotan bisa diaplikasikan secara merata. Jika sudah selesai, Anda bisa mengeringkannya hingga benar-benar kering.

Selanjutnya bisa lakukan proses pemolesan agar warnanya lebih mengkilat layaknya mobil baru. Itulah mengapa Anda harus tahu bagaimana cara cat bemper mobil sendiri di rumah. (R10/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -

Berita Terbaru