Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Cek Refresh Rate HP Untuk Semua Tipe, Mudah dan Praktis

Cara Cek Refresh Rate HP Untuk Semua Tipe, Mudah dan Praktis

Cara cek refresh rate HP bisa kita lakukan sendiri dengan mudah dan anti ribet. Setiap smartphone dengan merek dan seri berbeda tentu memiliki penggunaan tersendiri.

Beberapa orang mempertimbangkan hal seperti ini untuk memilih pembelian HP. Dalam review dan spesifikasi HP, biasanya terdapat informasi seperti ini.

Oleh karena itu, detail seperti ini cukup penting untuk kita perhatikan. Maka dari itu, kali ini kami akan memberikan beberapa langkahnya untuk Anda. Silakan simak ulasan berikut ini agar lebih mudah dan tidak ribet.

Baca Juga: iPhone Tidak Bisa Menerima Panggilan Masuk, Ini Cara Mengatasinya

Panduan Cara Cek Refresh Rate Untuk Semua Tipe HP

Beberapa orang mempertimbangkan hal ini saat pembelian HP. Maka dari itu, kami akan membahas langkah untuk bisa mengeceknya sendiri dengan mudah dan anti ribet.

  1. Pertama, Anda bisa mengunduh aplikasi bernama Screen Info melalui Google Playstore. Setelah berhasil melakukan pengunduhan, Anda bisa memastikan bahwa aplikasi tersebut sudah terpasang dan tinggal kita buka.
  2. Selanjutnya, kita akan mendapatkan tampilan dalam aplikasi tersebut mengenai HP kita. Biasanya akan muncul tiga kolom untuk kita pilih menyesuaikan kebutuhan. Mulai dari Dimensi, Density, dan Refresh Rate. Pilih mana yang akan Anda butuhkan informasinya hanya dengan klik opsi.
  3. Dalam hal ini, Anda bisa klik opsi Refresh Rate. Nanti akan otomatis muncul informasi yang Anda inginkan. Cara cek refresh rate HP tidak ribet sama sekali, jadi Anda tak perlu bingung mencobanya.

Keterangan Fitur Aplikasi

Dalam aplikasi tersebut terdapat tiga kolom yang bisa Anda pilih. Salah satunya untuk menerapkan cara cek refresh rate HP. Sedangkan dua kolom bisa kita gunakan untuk hal lainnya, jadi simak ulasan berikut.

Baca Juga: HP Oppo dengan Refresh Rate 90Hz, Tampilan Responsif dan Smooth

Kolom Density

Jika Anda memilih kolom Density dari ketiga kolom tersebut, nantinya kita akan mendapatkan informasi mengenai kerapatan piksel setiap satu inci HP.

Hadir dengan satuan ppi atau pixel per inchi. Penggunaannya akan memberikan keterangan dari nilai ppi yang bisa berpengaruh pada ketajaman layar smartphone masing-masing.

Kolom Dimensi

Nah jika Anda memilih kolom Dimensi, maka akan mendapatkan informasi mengenai ukuran HP. Mulai dari lebar dan tingginya sebuah ponsel. Satuan yang mereka gunakan juga masih sama menggunakan inchi.

Orang biasanya mencari informasi seperti ini untuk membandingkan ukuran antara HP satu dengan yang lain. Beberapa pengguna memang memilih HP dengan ukuran tertentu untuk menyesuaikan kebutuhan mereka.

Misalnya lansia yang membutuhkan ukuran lebih besar. Meski font bisa kita atur, namun jika ukuran smartphone lebih besar akan lebih memudahkan penggunanya bukan?

Lalu Apa Itu Refresh Rate?

Cara cek refresh rate HP menggunakan aplikasi tersebut mudah bukan? Namun, tahukah kalian mengenai informasi yang satu ini?

Refresh rate sendiri merupakan informasi detail mengenai kecepatan layar dari smartphone saat refresh pixel dalam sekon. Penggunaan satuan dari informasi ini adalah Hz. Sehingga nanti akan muncul detail angka dengan keterangan Hz pada belakangnya.

Informasi ini tidak hanya pada HP saja, namun pada perangkat dengan layar lainnya. Misal pada TV, laptop, hingga tablet.

Masing-masing pengguna pasti memilih detail refresh rate yang menentukan kualitas. Semakin tinggi nominalnya, maka kualitasnya akan lebih halus dan tidak terlihat patah-patah atau rusak.

Baca Juga: Fitur Voice Effects di Instagram Reels Ubah Video Lebih Unik, Ini Caranya!

Apa Pengaruh Tinggi Rendahnya Refresh Rate pada Ponsel?

Cara cek refresh rate HP akan membantu Anda mempertimbangkan penggunaan sebuah perangkat. Pasalnya, pengaruh dari tinggi dan rendahnya fitur ini akan terasa jika Anda sudah menggunakannya.

Mulai dari tampilannya yang beresolusi lebih tajam dan terang. Lalu akan lebih terasa jika Anda sudah menggunakan dan menyentuh layar tersebut.

Pasalnya, sentuhan pada layar akan terasa sensitivitasnya pada penggunaan sehari-hari. Seperti menggeser, mengklik ikon tertentu, dan bahkan memprosesnya.

Cara cek refresh rate HP menjadi solusi untuk Anda yang menyukai kecepatan atau sensitivitas tinggi. Jadi, ponsel akan terkesan lebih stabil dan canggih ketika kita gunakan. (R10/HR-Online)