Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Membuat Grafik di Word HP Melalui Fitur Chart, Simak Tutorialnya!

Cara Membuat Grafik di Word HP Melalui Fitur Chart, Simak Tutorialnya!

Cara membuat grafik di Word HP dapat Anda lakukan dengan beberapa langkah cukup mudah. Dalam hal ini, Anda hanya perlu menggunakan fitur Chart.

Sehingga Anda pun tidak perlu menggambar secara manual, cukup dengan memilih bentuk serta mengisi teks di dalam grafik yang telah Anda pilih.

Seperti yang Anda ketahui bahwa Microsoft Word merupakan salah satu aplikasi pengolah kata yang di dalamnya terdapat berbagai fitur bermanfaat.

Salah satu fitur tersebut adalah membuat grafik. Dengan menggunakan grafik, maka tampilan data yang Anda susun akan lebih jelas dan ringkas. Selain itu, Anda akan lebih mudah dalam membacanya.

Jika sebelumnya untuk membuat grafik hanya dapat Anda lakukan melalui Microsoft Excel, namun saat ini Anda bisa membuat grafik dengan ponsel.

Baca Juga: Ubah PDF ke Word Praktis dengan Perangkat HP, Simak Pilihan Caranya

Inilah Cara Membuat Grafik di Word HP Mudah

Grafik adalah sebuah data yang dapat mendefinisikan suatu informasi secara visual. Dengan adanya grafik, maka seseorang dapat menjabarkan data numerik, baik perbandingan ataupun trending.

Saat ini Word dapat menyajikan grafik secara lebih mudah dan praktis. Saat ini Anda dapat menggunakan Microsoft Word melalui perangkat HP yang Anda unduh dari Google Play Store atau App Store secara cuma-cuma.

Meskipun memang fitur Microsoft Word di perangkat HP tidak selengkap Word yang terdapat pada perangkat PC atau laptop, akan tetapi Anda masih bisa membuat grafik secara efektif dan mudah.

Baca Juga: Cara Menambahkan Tanda Tangan di Word HP dengan Mudah

Langkah Membuat Grafik di Word HP dengan Fitur Chart

Bagi Anda yang tidak memiliki perangkat komputer atau laptop, maka Anda dapat memanfaatkan perangkat HP untuk membuat grafik. Adapun cara membuat grafik di Word HP antara lain:

  1. Langkah pertama install aplikasi Word dan Excel pada perangkat HP Anda.
  2. Selanjutnya, buka dan jalankan aplikasi Excel
  3. Buka dokumen baru, kemudian masukkan data-data yang Anda perlukan untuk membuat grafik.
  4. Selanjutnya, block data tersebut, lalu klik tab insert dan pilih Chart.
  5. Pilih bentuk grafik yang Anda inginkan. Secara otomatis, grafik akan muncul pada lembar kerja Excel Anda. Dalam hal ini, Anda dapat memodifikasikan grafik sesuai dengan kebutuhan dan keinginan
  6. Cara membuat grafik di Word HP selanjutnya adalah dengan buka aplikasi Microsoft Word
  7. Buka lembar kerja dimana Anda akan meletakkan grafik yang telah Anda buat pada MS Excel sebelumnya. Tap beberapa saat, kemudian akan muncul tombol Paste.
  8. Klik tombol paste dan grafik dari aplikasi Microsoft Excel lalu akan muncul pada Microsoft Word HP. Proses membuat grafik di Word HP pun telah berhasil

Memodifikasi Grafik di Word

Selain mengetahui bagaimana cara membuat grafik di Word HP, maka tidak ada salahnya Anda mengetahui langkah memodifikasi dengan alat grafik.

Terdapat beberapa cara untuk menyesuaikan serta mengatur grafik Anda di Microsoft Word. Mulai dengan mengubah jenis grafik, mengatur ulang data, hingga mengubah tampilan grafik.

Baca Juga: Ubah PPT ke Word Mudah dan Praktis, Tanpa Harus Copy Per Halaman!

1. Mengubah Jenis Grafik

Jika Anda merasa jenis grafik yang Anda gunakan kurang sesuai, maka Anda dapat mengubahnya ke jenis yang berbeda dengan cara:

  1. Pilih bentuk grafik yang akan Anda ubah, tab desain
  2. Selanjutnya klik perintah Change Chart Type
  3. Pilih yang Anda inginkan, kemudian klik OK. Jenis grafik akan diterapkan.

2. Mengubah Tata Letak Grafik

Melalui cara membuat grafik di Word HP, Anda juga dapat mengubah tata letak grafik sesuai dengan keinginan. Untuk dapat mengubah susunan grafik yang telah Anda buat, maka Anda dapat memilih tata letak berbeda.

Pasalnya, tata letak dapat mempengaruhi beberapa elemen. Mulai dari judul grafik serta tabel data. Caranya:

  1. Pilih grafik yang akan Anda ubah
  2. Tab Desain, klik perintah Quick Layout
  3. Kemudian pilih layout yang Anda inginkan dari menu-down
  4. Selanjutnya grafik dapat diperbaharui sesuai dengan tampilan layout baru.

Dengan mengetahui bagaimana cara membuat grafik di Word HP, Anda pun dapat membuat berbagai bentuk grafik secara lebih mudah. Selain itu, Anda juga dapat memodifikasi sesuai dengan kebutuhan yang Anda perlukan. (R10/HR-Online)