Kamis, November 25, 2021
BerandaBerita BisnisCara Membuat Rekening Saham dengan Persyaratan yang Ditentukan

Cara Membuat Rekening Saham dengan Persyaratan yang Ditentukan

Cara membuka rekening saham harus memenuhi persyaratan yang ditentukan terlebih dulu. Setelah itu, barulah Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang digunakan untuk membuka rekening.

Dunia investasi saham justru semakin maju dan berkembang. Hal ini karena saham menjadi salah satu investasi yang cukup menarik. Hal ini tidak bisa terlepas karena investasi saham dapat memberikan keuntungan besar dalam jangka waktu singkat.

Sebaiknya bagi investor pemula, tahu bagaimana cara memulai investasi hingga membuka rekening saham. Namun sebelum melakukan hal tersebut, ada persyaratan terlebih dulu yang harus dipenuhi.

Baca Juga: Saham Big Cap Hadir Sebagai Rekomendasi Perusahaan Terbaik

Syarat dan Cara Membuka Rekening Saham

Seperti yang sudah terungkap sejak awal jika investasi saham mampu memberikan keuntungan cukup menggiurkan. Meski demikian, risiko yang bisa Anda hadapi juga cukup tinggi.

Jika Anda bisa beruntung dan tepat dalam berinvestasi, maka bisa jadi Anda akan memperoleh capital gain cukup besar. Bahkan waktu yang Anda butuhkan singkat.

Namun sebelum melakukan transaksi investasi, seorang investor harus memiliki rekening. Dalam pembuatan rekening mudah. Namun ada persyaratan yang harus Anda lampirkan.

Baca Juga: Saham Frozen Food, Investasi Kaesang Pangarep dengan Prospek Tinggi

Syarat Pembuatan Rekening

Cara membuka rekening saham bisa Anda lakukan dengan sederhana. Namun ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi, yaitu:

  1. ID Card
  2. NPWP
  3. Cover buku tabungan
  4. Nomor identitas KSEI
  5. Fotokopi KTP suami, NPWP suami, dan fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  6. Materai Rp 6000 sejumlah 2-8 lembar atau sesuai dengan kebutuhan.

Langkah Pembuatan Rekening

Setelah memenuhi persyaratan, yang perlu Anda lakukan sebelum pembuatan rekening, menentukan sekuritas mana yang menjadi pilihan.

Sebaiknya pilih sekuritas terbaik yang sesuai dengan pilihan Anda. Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan sebagai cara membuat rekening saham.

Bertemu Broken

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu menemui broken dan buatlah rekening saham secara online. Anda bisa unduh formulir melalui website yang sudah tersedia.

Isi Formulir

Cara membuat rekening saham selanjutnya yaitu mengisi formulir pembukaan. Baik untuk bagian saham atau investor. Pengisian formulir sama seperti membuka rekening di bank. Selanjutnya bisa lampirkan persyaratan yang tadi sudah Anda siapkan.

Baca Juga: Rights Isue Saham, Pengertian dan Pentingnya untuk Para Investor

Memilih dan Membuka RDI

Langkah selanjutnya dalam pembuatannya yaitu memilih dan membuka RDI. Pembukaan rekening saham dan dana investor atau RDI berbeda. Untuk saham, Anda membukanya di perusahaan sekuritas.

Ini sebagai tempat penyimpanan saham yang Anda miliki, sedangkan untuk Rekening Dana Investor (RDI) merupakan rekening dana pribadi.

Biasanya pada bank dan terpisah dari rekening perusahaan efek. Manfaat adanya RDI yaitu menyimpan dana nasabah yang tidak dibelikan saham. Setelah itu, barulah Anda tunggu hingga rekening jadi.

Memiliki investasi saham memang menjadi investasi jangka panjang yang bisa memberikan banyak keuntungan. Namun sebelum berinvestasi, Anda harus mengetahui syarat dan cara membuat rekening saham untuk transaksi. (R10/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru