Jumat, Desember 3, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Menata Ruang Makan Sempit Agar Terlihat Lebih Lega dan Nyaman

Cara Menata Ruang Makan Sempit Agar Terlihat Lebih Lega dan Nyaman

Cara menata ruang makan sempit agar tampak lebih luas perlu Anda ketahui. Setiap rumah tentu memiliki yang namanya ruang makan. Ruangan yang satu ini memiliki fungsi penting dalam rumah.

Anda harus bisa menciptakan ruang makan yang nyaman dan fungsional. Apalagi jika ruang makan sempit. Anda tetap harus menciptakan ruangan yang nyaman dengan memperhatikan banyak hal.

Mulai dari konsep, warna, dekorasi, hingga furniture yang dibutuhkan. Salah satu yang membuat ruang makan terlihat lebih lega yaitu dari segi penataan. Jika Anda menatanya secara tepat, tentu ruangan lebih nyaman dan lapang.

Baca Juga: Desain Rumah Hook Sederhana Hadir dengan Berbagai Kelebihan

Penataan dengan tepat membuat ruangan sempit pun bisa jauh lebih luas. Sehingga saat berkumpul bersama anggota keluarga pun akan semakin menyenangkan.

Untuk itu, pastikan Anda menata ruangan yang sempit tersebut secara sempurna. Banyak cara menata ruang makan sempit terlihat lebih luas untuk Anda terapkan.

Terapkan Cara Menata Ruang Makan Sempit Agar Lebih Luas

Dalam setiap rumah tentu banyak sekali ruangan yang bisa Anda fungsikan dengan tepat. Semua ruangan di rumah memiliki peran yang penting, termasuk ruang makan.

Saat ini banyak desain rumah minimalis yang diterapkan karena keterbatasan lahan. Hal ini juga membuat ruang makan di rumah terasa sempit. Namun untuk bisa menciptakan ruang lebih lega, bisa Anda tata ruangan semenarik mungkin.

Banyak desain dan penataan ruangan agar membuatnya lebih lega. Jangan sampai Anda menata ruangan kurang tepat.

Baca Juga: Ruang Tamu Warna Biru, Dekorasi untuk Kesan Adem, Bersih, dan Tenang

Agar tidak salah mendesain ruang makan sempit, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan. Sehingga ruangan sempit yang nyaman dan terlihat lebih lega akan bisa Anda dapatkan.

Pencahayaan

Cara menata ruang makan sempit yaitu dari segi pencahayaan. Mengatur pencahayaan untuk berbagai jenis ruangan akan membantu membuatnya terlihat lebih lega.

Intensitas cahaya yang baik tidak hanya membuat ruangan lebih luas. Akan tetapi, juga bisa membuat Anda bersama keluarga merasa lebih nyaman. Anda bisa gunakan lampu gantung atau justru pencahayaan alami dari sinar matahari.

Gunakan ventilasi yang cukup seperti jendela untuk ruang makan. Anda juga bisa terapkan penggunaan tirai transparan pada bingkai jendela.

Pemanfaatan Dinding Secara Optimal

Cara menata ruang makan sempit membantu Anda memiliki ruangan lebih luas. Selain penataan pencahayaan, yang bisa Anda lakukan yaitu pemanfaatan dinding ruang makan itu sendiri.

Anda bisa gunakan dinding lengkap sebagai dekorasi ruangan. Anda bisa tambahkan hiasan dinding mulai dari lukisan hingga lampu. Sehingga bisa memberikan ruang makan terkesan hangat dan menyenangkan.

Kursi Minimalis

Salah satu cara menata ruang makan sempit yaitu dengan penggunaan kursi minimalis. Anda bisa memilih desain yang satu ini karena lebih simpel.

Anda bisa menggunakan kursi makan tanpa pegangan atau biasa disebut dengan stool. Dengan jenis kursi ini, tentu lebih menghemat ruang makan. Jika tidak, rekomendasi lainnya yaitu menggunakan kursi panjang.

Meja Lipat

Penggunaan meja lipat bisa membantu ruang makan yang sempit terlihat lebih nyaman dan luas. Memiliki ruang makan yang sempit membuat Anda harus memilih furniture secara sesuai.

Baca Juga: Model Jendela Kamar Belakang, Kenali Dulu Jenisnya Sebelum Memilih

Untuk bisa mengatasi ruangan yang sempit, Anda gunakan meja makan lipat. Anda bisa memasang meja tersebut ketika hendak digunakan.

Bahkan melipatnya lagi ketika sudah tidak Anda gunakan. Anda bisa gunakan cara menata ruang makan sempit. Cara ini bisa menghemat space ruangan menjadi tidak sempit.

Rak Pengganti Lemari

Menggunakan rak pada ruang makan lebih menghemat ruangan. Selain meja dan kursi makan minimalis, Anda bisa gunakan rak untuk menyimpan peralatan makan.

Apalagi ruang makan mungil atau sempit, harus bisa memilih lemari yang tepat. Menggunakan rak menjadi solusi yang pas. Rak dinding menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menjawab masalah ruang makan yang sempit.

Selain hemat tempat, penggunaan rak dinding juga memberikan kesan ruang makan lebih unik dan apik. Bahkan ruangan makan Anda akan tampak berbeda.

Cara menata ruang makan sempit agar terlihat lebih luas dan nyaman bisa dengan memperhatikan beberapa hal. Mulai dari pemilihan furniture, pencahayaan, hingga konsep ruangan itu sendiri. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -