Selasa, Mei 24, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mencegah Kanker Rahim dengan Pilihan yang Mudah

Cara Mencegah Kanker Rahim dengan Pilihan yang Mudah

Cara mencegah kanker rahim tentunya lebih baik daripada mengobatinya. Apalagi penyakit ini ternyata juga bisa terjadi akibat kurang pahamnya wanita dalam memelihara kesehatan sistem reproduksinya.

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang berpotensi membahayakan setiap pengidapnya. Jika kondisi ini sudah berada dalam tahap stadium akhir, kanker akan menjadi salah satu penyakit yang sulit untuk kita obati.

Kanker bisa menggerogoti berbagai bagian tubuh manusia. Seperti mulut, tenggorokan, paru, paru, dan bagian tubuh lainnya.

Bahkan untuk perempuan kanker rahim merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok karena bisa merenggut nyawa.

Kanker rahim merupakan jenis penyakit kanker yang terjadi atau tumbuh dalam rahim wanita. Mengutip dari laman Smarter Health, kanker ini dapat menyerang lapisan sel yang membentuk endometrium rahim.

Uterus atau rahim merupakan organ tempat berkembangnya janin. Organ yang berongga dan berbentuk seperti buah pir ini terletak pada bagian panggul. Serangan kanker akan menyebabkan kegagalan memiliki keturunan.

Umumnya penyakit kanker ini bisa terdeteksi sejak stadium awal. Adanya kanker ini bisa kenali karena akan menimbulkan perdarahan pada vagina yang tidak normal. Penanganan sejak awal bisa dengan cara pengangkatan rahim.

Baca Juga : Gejala Kanker Rahim Stadium Awal

Cara Mencegah Kanker Rahim

Kanker rahim merupakan jenis penyakit yang bisa kita cegah sejak dini. Anda bisa menanganinya dengan cara pencegahan awal yang bisa Anda lakukan dengan cara yang sederhana.

Menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat merupakan salah satu cara ampuh dalam mencegah timbulnya kanker dalam rahim anda.

Berikut ini beberapa cara mencegah kanker rahim secara mudah yang bisa menjadi rekomendasi untuk anda.

Jauhi Rokok

Merokok merupakan kebiasaan negatif yang akan memberikan berbagai macam dampak buruk bagi kesehatan. Selain bisa berpotensi menimbulkan kanker paru-paru, rokok bisa berbahaya bagi selaput lendir.

Kandungan nikotin dalam rokok yang masuk kedalam tubuh akan membuat selaput lendir terangsang. Karena itu bagi anda yang ingin terhindar dari kanker Rahim sebaiknya berhenti dari kebiasaan merokok.

Baca Juga : Penyakit pada Sistem Reproduksi, Kanker Serviks Hingga Hipogonadisme

Hindari Menaburkan Bedak pada Vagina

Cara mencegah kanker rahim lainnya yang bisa anda lakukan adalah jangan sesekali menaburkan bedak atau talk ke bagian vagina anda. Karena hal ini akan berdampak buruk pada jangka panjang.

Jika bubuk bedak masuk ke area rahim, maka akan membekas dan bisa memicu sel kanker dalam rahim tumbuh dan berkembang. Karena itu hindari melakukan kebiasaan buruk ini.

Lakukan Vaksinasi HPV

Penyakit kanker rahim juga bisa terjadi karena adanya infeksi virus HPV. Karena itu penting melakukan pencegahan yang paling mudah. Caranya adalah dengan melakukan vaksinasi HPV.

Namun vaksinasi ini hanya bisa anda jalani jika belum pernah berhubungan suami istri. Vaksin HPV ini akan berperan penting dalam mencegah terjadinya kanker rahim dari awal.

Hindari Membersihkan Bagian Genital dengan Air Kotor

Membersihkan organ genital dengan air kotor juga merupakan salah satu pemicu terjadinya kanker rahim. Karena itu jangan melakukannya sebagai cara mencegah kanker rahim terjadi.

Baca Juga : Hati-hati! 6 Jenis Makanan Ini Bisa jadi Pemicu Kanker

Hal ini karena air yang kotor akan membawa bakteri jika masuk ke area genital atau ke dalam rahim akan menyebabkan terjadinya pertumbuhan bakteri. Hal ini tentu saja akan berpotensi menimbulkan kanker Rahim.

Konsumsi Makanan Bergizi dan Bernutrisi Seimbang

Pilihan lain yang juga cukup efektif sebagai cara mencegah kanker rahim adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi secara seimbang. Ini berguna untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh terhadap serangan benda asing.

Makanan merupakan salah satu faktor yang juga berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Asupan nutrisi ini juga berperan sebagai salah satu upaya untuk menangkal terjadinya penyakit kanker rahim.

Kurangi konsumsi junk food dan perbanyak makanan bergizi seperti buah dan sayur untuk menutrisi tubuh anda. Sehingga tubuh Anda bisa menjadi lebih kebal dari serangan berbagai penyakit.

Selain itu, minum air putih dalam jumlah cukup setiap hari. Ini juga berperan penting untuk meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah risiko terkena kanker rahim.

Demikian beberapa cara mencegah kanker Rahim yang mudah dan bisa anda lakukan. Menjaga kebersihan dan kesehatan sistem reproduksi sangat penting untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit. (R11/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -