Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mencuci Sepatu Vans Sendiri dengan Bahan Sederhana

Cara Mencuci Sepatu Vans Sendiri dengan Bahan Sederhana

Cara mencuci sepatu vans dengan tepat, bisa membuatnya bertahan lama. Memiliki koleksi sepatu bukan perkara mudah.

Selain Anda bisa menggunakannya setiap saat, tentu perawatan adalah hal yang harus diperhatikan. Sebaiknya Anda tertib memahami bagaimana perawatan sepatu jika dilihat dari bahan itu sendiri.

Penampilan setiap orang tentu akan menjadi perhatian bagi siapa saja yang melihatnya. Termasuk fashion style yang dikenakan.

Mengingat sepatu menjadi salah satu item yang penting, maka Anda harus memperhatikannya. Pastikan Anda mengenakan sepatu yang pas dan bersih. Sehingga tampak lebih rapi dan fashionable.

Begitu juga dengan Anda yang memilih sepatu vans untuk gaya penampilan. Pastikan Anda juga tahu bagaimana cara mencuci sepatu vans yang tepat.

Baca Juga: Cara Mencuci Sepatu Tanpa Air, Mudah, Efektif, dan Anti Ribet

Panduan Cara Mencuci Sepatu Vans yang Aman dan Mudah

Merawat alas kaki jenis vans memang tidak semudah yang Anda bayangkan. Sebab dalam metode membersihkannya dibutuhkan bahan khusus agar sepatu tidak mudah rusak.

Sayangnya, masih banyak pemilik sepatu vans yang masih kurang memperhatikan dalam merawatnya. Apalagi setiap bahan sepatu memiliki cara berbeda dalam mencucinya.

Sehingga bahan tidak akan mudah rusak. Sepatu vans identik dengan bahan suede dan rubber pada bagian alasnya. Hal ini membuat Anda harus lebih cermat dalam memelihara dan membersihkannya. Berikut ini ada cara mencuci sepatu vans, yaitu:

Baca Juga: Sepatu Teplek Karet, Tampil Fashionable Sesuai dengan Bentuk Kaki

Siapkan Peralatan

Cara mencuci sepatu vans bisa terbilang tidak mudah. Sebaiknya langkah awal yang harus Anda lakukan yaitu siapkan wadah, detergen, dan sikat gigi. 

Peralatan ini berguna untuk cara alami membersihkan bagian alasnya yang berbahan rubber. Pastikan ikat gigi bertekstur lembut. Anda bisa siapkan baskom berukuran besar atau ember.

Deterjen Cair

Cara mencuci sepatu vans yang selanjutnya yaitu dengan memilih deterjen cair. Dengan deterjen cair, teksturnya lembut dan halus. Sehingga tidak akan merusak tekstur bahan sepatu.

Gunakan deterjen secukupnya, aduk dengan air menggunakan sikat gigi untuk menggosok bagian yang kotor. Celupkan sikat gigi berbulu halus dan gosokkan pada bagian sepatu yang kotor.

Jika kotoran sudah bersih, bilas dengan air. Selanjutnya Anda bisa lap dengan kain kering agar air tidak terserap ke dalam. Jika noda sulit hilang, Anda bisa gunakan pemutih oksigen yang tidak membahayakan.

Baca Juga: Sepatu Robek Keren, Tampil Kece dengan Perpaduan Busana yang Tepat

Pasta Gigi

Gunakan pasta gigi sebagai pengganti detergen sebagai cara mencuci sepatu vans. Anda bisa menggunakan pasta gigi agar kotoran pada bagian alas berbahan rubber hilang.

Caranya cukup mudah. Anda basahi bagian alas sepatu vans, kemudian oleskan pasta gigi secukupnya. Gosok hingga berbusa dan noda menjadi tidak terlihat.

Anda bisa bilas dengan air bersih menggunakan lap kering. Cara mencuci sepatu vans yang satu ini ampuh menghilangkan noda membandel sekalipun. (R10/HR-Online)