Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengaktifkan Private Safe di HP, Simpan Data Penting Lebih Aman!

Cara Mengaktifkan Private Safe di HP, Simpan Data Penting Lebih Aman!

Cara mengaktifkan Private Safe di HP penting untuk Anda ketahui. Hal ini bertujuan untuk menjaga privacy serta keamanan data pada perangkat HP yang Anda gunakan.

Dengan hadirnya fitur Private Safe, maka Anda dapat sembunyikan file, dokumen, foto, dan yang lainnya pada HP Anda. Orang lain pun tidak dapat dengan mudah membuka berbagai file tersebut tanpa seizin Anda.

Dengan mengaktifkan fitur ini, maka Anda pun akan merasa lebih tenang karena file atau data penting Anda tidak akan terjangkau oleh orang lain.

Baca Juga: Nonton TV di HP Tanpa Internet Bukan Hal Mustahil, Simak Cara Serunya!

Pahami Cara Mengaktifkan Private Safe di HP

Saat ini para pengguna sering menggunakan smartphone untuk menyimpan berbagai file atau data yang bersifat pribadi serta penting dijaga kerahasiaannya.

Dengan demikian, sangat penting untuk mempunyai aplikasi atau fitur yang dapat menyimpan secara baik berbagai data atau file tersebut. Semua data tersebut pun tidak akan dengan mudah terakses oleh orang lain.

Pada smartphone yang telah mendukung Color OS 5.1 ke atas, pada umumnya telah memperoleh fitur Private Safe. Fitur ini bermanfaat untuk mengamankan berbagai jenis data penting.

Dengan kata lain, Private Safe adalah salah satu fitur keamanan menarik yang hadir untuk perangkat HP. Dengan menggunakan fitur ini, maka pengguna dapat menyembunyikan berbagai file, musik, foto, video, dokumen, dan data penting lainnya di dalam smartphone.

Tentu hal ini sangat bermanfaat bagi Anda yang tidak ingin datanya dapat dilihat oleh sembarang orang. Terutama dari teman yang suka tanpa izin membuka photos atau file manager karena penasaran dengan file yang telah Anda simpan.

Pada saat fitur tersebut sudah aktif, maka tidak sembarang orang dapat mengaksesnya. Pasalnya, data-data tersebut telah mendapatkan perlindungan dengan PIN 6 digit.

Apabila Anda lupa PIN, maka terdapat opsi pemulihan dengan verifikasi pertanyaan yang Anda peroleh pada saat awal mengaktifkan fitur Private Safe serta melalui email.

Baca Juga: Cara Membuat Thumbnail YouTube di HP, Berikan Hasil Lebih Menarik

Langkah Mengaktifkan Private Safe di HP

Untuk dapat mengaktifkan fitur Private Safe pada perangkat HP, maka Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Langkah pertama buka menu “Settings”, selanjutnya ketuk “Privacy”.
  2. Pada layar menu “Privacy”, dapat Anda cari dan buka “Private Safe”. Selanjutnya Anda akan diminta untuk membuat PIN
  3. Cara mengaktifkan Private Safe di HP selanjutnya adalah dengan memilih pertanyaan untuk verifikasi apabila suatu saat Anda lupa PIN.
  4. Langkah berikutnya, Anda dapat memasukkan email untuk opsi verifikasi lanjutan. Dalam hal ini, Anda dapat mengaktifkan jalan pintas atau shortcut untuk Private Safe pada Home screen.
  5. Jika telah selesai pengaturannya, maka Anda dapat langsung buka Private Safe pada Home Screen perangkat Anda.
  6. Pilih salah satu folder serta tekan tombol Add dengan ikon + pada bagian kanan bawah layar.
  7. Lalu masukkan video, foto, dokumen, atau file lain yang akan Anda kunci.
  8. Perlu Anda perhatikan bahwa setiap saat Anda membuka private Safe, maka Anda perlu mengisi PIN

Baca Juga: Asuransi HP Hilang Mengurangi Risiko, Ini Manfaat dan Cara Klaimnya

Cara Menampilkan File dari Private Safe di HP

Setelah mengetahui bagaimana cara mengaktifkan private safe di HP, berikut ini cara mengembalikan atau menampilkan file yang telah Anda sembunyikan melalui fitur tersebut:

  1. Langkah pertama buka menu Settings atau Pengaturan
  2. Kemudian pilih menu Privacy
  3. Selanjutnya buka menu Private Safe
  4. Anda akan diminta memasukkan password atau pattern
  5. Berikutnya Anda akan menuju ke halaman Private Safe.
  6. Langkah selanjutnya, Anda hanya perlu membuka salah satu folder untuk melihat file yang telah Ada sembunyikan. Dalam hal ini, Anda dapat mengendalikannya menjadi Set as Public.
  7. Setelah Anda tata, maka siapa saja dapat menyaksikan kembali file-file atau data yang telah Anda sembunyikan sebelumnya pada fitur Private Safe.

Fitur ini hanya dapat terbuka saat pengguna memasukkan kata sandi serta file yang tersimpan dalam fitur Private safe tidak ada di tempat lain.

Dengan mengikuti cara mengaktifkan Private Safe di HP secara benar, maka berbagai file atau data penting Anda pun akan lebih terjaga keamanan dan privasinya. Berkat menggunakan fitur ini, maka Anda pun tidak perlu repot lagi untuk mengunduh aplikasi keamanan pihak ketiga dari Google Play Store. (R10/HR-Online)