Sabtu, November 27, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Mengaktifkan Sistem UI di Android Mudah dan Praktis

Cara Mengaktifkan Sistem UI di Android Mudah dan Praktis

Cara mengaktifkan sistem UI dapat dilakukan dengan beberapa langkah mudah. UI atau User Interface merupakan sistem tatap muka. Sistem UI mempunyai kaitan erat dengan tampilan layar pada perangkat Android.

Mulai dari status bar, tema, font, menu, icon, atau yang lainnya. Pada saat sistem tersebut mengalami masalah, maka akan langsung muncul pesan error.

Biasanya ponsel akan langsung blank seketika. Selanjutnya layar akan berubah warna menjadi gelap (hitam). Masalah ini dapat disebabkan oleh beberapa hal.

Baca Juga: Sistem UI Terhenti, Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Panduan Cara Mengaktifkan Sistem UI di Android

Sistem UI atau penyetel antarmuka user sistem pada umumnya merupakan menu yang tertandem untuk perangkat Android 6.0 Marshmallow atau di atasnya. Namun fitur ini sengaja disembunyikan dari OS Android itu sendiri.

Ini bertujuan agar tak semua pengguna dapat menggunakannya, karena memiliki sifat eksperimental. Sama halnya dengan Developer Options, menu sistem UI juga dapat dikatakan rawan risiko ketika digunakan, terutama jika penggunanya masih awam.

Apa Itu Sistem UI?

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengaktifkan sistem UI, Anda lebih dulu pahami tentang sistem UI. Sistem UI merupakan sistem user interface atau tatap muka yang memuat berbagai pengaturan segala hal terkait dengan tampilan.

Dengan menggunakan sistem UI, maka pengguna dapat mempercantik tampilan Android. Mulai dari mengubah tema, menu, status bar, dan lain sebagainya. Dalam penggunaannya, para pengguna tetap harus berhati-hati.

Mengingat sistem UI merupakan bagian dari sistem Android, apabila terjadi kesalahan dapat mengakibatkan sistem UI force closed atau error. Apabila sistem UI error, maka para pengguna tidak dapat mengakses tema Android seperti menu atau beranda.

Simak Cara Mengaktifkan Sistem UI

Bagi pengguna Android yang penasaran apa saja fitur pada menu sistem UI, maka tidak ada salahnya untuk mengaktifkan sistem ini. Adapun langkah-langkahnya adalah:

  1. Langkah pertama, aktifkan layar kunci Android Anda.
  2. Selanjutnya buka bar pemberitahuan, notification bar, atau quick settings (bar setelan cepat). Hal ini dapat Anda lakukan dengan menarik layar Android dari ujung atas ke bawah.
  3. Kemudian buka menu setelan atau pengaturan Android, lalu tekan dan tahan selama beberapa detik dan lepaskan. Nantinya ada top up berisi pemberitahuan bahwa menu sistem UI telah muncul dalam setelan Android.
  4. Saat membuka menu pengaturan/setelan, scroll layar hingga paling bawah, Anda pun dapat menemukan setelan sistem UI atau penyetel antarmuka pengguna sistem.

Baca Juga: Sistem Operasi MIUI 13 Dikabarkan Segera Rilis, Simak Bocorannya!

Penyebab Sistem UI Bermasalah pada HP

Setelah menerapkan cara mengaktifkan sistem UI di Android, tiba-tiba sistem UI pada perangkat Anda mengalami masalah. Perlu Anda ketahui, ada beberapa faktor yang menyebabkan sistem UI mengalami error.

Salah satunya adalah adanya sistem Android mengalami bug. Hal ini dapat terjadi karena pemakaian dalam setiap harinya. Dengan demikian, dapat berdampak pada sistem UI ponsel.

Faktor penyebab lain adalah RAM penuh. Perlu Anda ketahui bahwa sistem UI berjalan dengan menggunakan serta mengambil sebagian ruang dari kapasitas RAM. Jika RAM penuh, hal ini dapat mengakibatkan sistem UI tak bekerja.

Adanya sistem yang tidak stabil, juga dapat menyebabkan sistem UI error. Kurang stabilnya sistem Android dapat menjadikan sistem UI bermasalah.

Dengan memperhatikan beberapa faktor penyebab saat mengaktifkan sistem UI di atas, maka kita dapat menghindari masalah yang mungkin terjadi dengan cara mudah. Namun jika sudah terlanjur terjadi masalah dalam sistem UI, maka Anda dapat mengatasinya dengan beberapa cara.

Baca Juga: Program Self Service Repair iPhone, Simak Kelebihan Penggunaannya

Cara Mengatasi Sistem UI Bermasalah

Adanya masalah sistem UI yang error tiba-tiba dapat Anda atasi dengan beberapa cara. Mulai dari menghapus cache sistem UI. Cara ini dapat Anda lakukan saat masih memungkinkan untuk masuk pada menu pengaturan tanpa terjadi masalah pesan error.

Dengan menggunakan cara ini, dapat membuat sistem UI lebih baik. Cara lain yang dapat Anda tempuh adalah memperbarui sistem Android. Pada saat menggunakan versi Android lama, mungkin ini menjadi salah satu penyebab sistem UI bermasalah.

Melakukan pembaharuan sistem Android memiliki manfaat besar bagi ponsel. Di sisi lain, dengan menerapkan cara mengaktifkan sistem UI pada Android, Anda juga harus memperhatikan dalam penggunaannya. Jangan sampai terjadinya masalah pada sistem ini malah mengganggu penggunaan perangkat Android Anda. (R10/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru