Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengatasi Kulit Breakout Saat Pakai Skincare Baru

Cara Mengatasi Kulit Breakout Saat Pakai Skincare Baru

Setelah mencoba produk skincare baru, orang bisa saja terkena muncul jerawat. Kemunculan jerawat ini merupakan reaksi penolakan kulit terhadap zat asing dari skincare tersebut. Berikut ini adalah cara mengatasi kulit breakout yang bisa kamu terapkan.

Gejala breakout adalah munculnya jerawat ketika mencoba skincare baru, bisa satu atau lebih. Secara umum gejala ini akan hilang sendiri dalam 2-4 minggu. Namun jika kamu ingin menghilangkannya lebih cepat, tidak ada salahnya mengikuti kiat-kiat berikut.

Begini Cara Ampuh Mengatasi Kulit Breakout

Ketika mulai mencoba skincare baru, kita pasti menaruh harapan tinggi pada produk tersebut. Apalagi jika mengklaim bisa mengatasi berbagai masalah dan harganya lumayan. Akan tetapi, tidak perlu kecewa juga apabila hasilnya tidak sesuai harapan.

Cek Kembali Produk Skincare

Ketika mengalami breakout, periksa kembali produk-produk skincare yang kamu gunakan. Apakah komposisi dalam produk tersebut tidak sesuai untuk jenis kulitmu? Atau mungkin, ada zat tertentu yang tidak bisa diterima?

Baca Juga: Skincare untuk Menyamarkan Pori-pori, Kulit Wajah Tampak Mulus

Jika kamu memiliki kulit kering dan menggunakan skincare untuk berminyak, tentunya ini bisa berakibat fatal. Apalagi kulit berminyak tipe acne prone akan langsung bruntusan jika menerima zat tertentu. Untuk ibu hamil dan menyusui, pemilihan skincare harus ekstra hati-hati.

Cara mengatasi kulit breakout yang pertama adalah dengan mempelajari komposisi dari produk. Semakin kamu mempelajari kulitmu, semakin mudah pula untuk mencapai target. Kamu juga akan lebih mudah menemukan solusinya ketika mengalami masalah ini lagi di kemudian hari.

Meminimalisir Rangkaian Skincare

Apabila kamu ingin mencoba skincare baru, jangan langsung gunakan satu paket. Apalagi jika tergolong remaja yang masih sensitif. Membeli skincare satu paket sekaligus hanya boleh dilakukan jika memang kamu sudah cocok dengan produk-produk itu.

Cara mengatasi kulit breakout yang paling aman adalah dengan mencoba skincare satu per satu. Semisal, gunakan face wash dulu sebagai upaya membersihkan kulit wajah.

Jika tidak menimbulkan reaksi penolakan dari kulit, lanjut ke tahap berikutnya yaitu toner dan moisturizer. Begitulah seterusnya sampai kamu menemukan skincare terbaik untuk kulit.

Dengan mencoba skincare secara perlahan, kamu jadi lebih mudah mendeteksi penyebab breakout.

Baca Juga: Mengatasi Jerawat dalam Semalam untuk Remaja Puber

Langkah ini juga membantu kamu dalam menghemat pengeluaran, karena tidak ada gunanya juga kita membeli produk yang tidak kita butuhkan. Untuk skincare yang tidak cocok jangan dibuang, pakai saja ke badan.

Menenangkan Skin Barrier

Cara mengatasi kulit breakout yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah dengan menenangkan skin barrier. Gunakan produk-produk yang bersifat calming dan anti iritasi, sehingga jerawat-jerawat meradang bisa segera kempes.

Mengoleskan acne spot treatment lumayan efektif dalam mengempeskan jerawat kurang dari 12 jam.

Selain itu, pilih toner yang mengandung centella asiatica atau ekstrak pegagan. Centella merupakan jenis tanaman herbal yang bersifat anti inflamasi sehingga dapat menenangkan skin barrier.

Aroma dari centella begitu khas dan menenangkan, aman juga dipakai ibu hamil dan menyusui.

Sedangkan untuk salicylic acid, ibu hamil dan menyusui sebaiknya tidak memakai. Zat yang juga memiliki nama BHA ini ampuh meredakan jerawat pada tipe kulit berminyak karena bekerja ke dalam pori-pori.

Salicylic acid juga bisa membantu mengatasi pori-pori yang tersumbat, sehingga wajah pun bebas komedo.

Pilih Pelembab Bebas Pewangi

Beberapa produk skincare mengandung pewangi tambahan untuk menciptakan aroma. Cara mengatasi kulit breakout yang perlu kamu ingat adalah dengan memilih pelembab yang bebas pewangi. Bahan fragrances ini bisa memicu reaksi alergi pada kulit sensitif.

Skincare organic biasanya tidak memakai pewangi tambahan, karena aroma yang tercium memang berasal dari bahan-bahan di dalamnya.

Apalagi semakin banyak skincare organic lokal yang menawarkan harga terjangkau sehingga produk lebih mudah didapat.

Baca Juga: Cara Mengatasi Pori-pori Tersumbat, Wajah Bebas Jerawat dan Komedo

Selain bebas pewangi, pastikan bahwa produk skincare kamu memiliki label non-comedogenic. Label tersebut adalah bukti tes dari lab bahwa isi produk di dalamnya tidak menyumbat pori-pori. Agar tidak mengalami breakout, keberadaan label ini sangat membantu dalam pemilihan skincare.

Itulah cara mengatasi kulit breakout yang bisa kamu terapkan untuk memperbaiki skin barrier. Kemunculan jerawat memang mengganggu, dan akan sangat buruk jika sampai merusak harapan pada skincare baru. Namun, kamu tentu harus move on dari kesalahan bukan? (R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -