Jumat, November 26, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Mengatasi Pori-pori Tersumbat, Wajah Bebas Jerawat dan Komedo

Cara Mengatasi Pori-pori Tersumbat, Wajah Bebas Jerawat dan Komedo

Penumpukan sel kulit mati dan minyak sangat berpengaruh pada kondisi wajah secara keseluruhan. Maka dari itu, ketahui cara mengatasi pori-pori tersumbat agar wajah bebas jerawat dan komedo. Skincare yang tepat dan pola hidup sehat adalah kuncinya.

Kebiasaan buruk yang merusak pori-pori di antaranya tidur tanpa menghapus riasan. Padahal, ketika malam hari kulit kita sedang melakukan penyerapan massal jadi alangkah baiknya mengoleskan night cream atau sleeping mask sebelum tidur.

Baca Juga: Skincare untuk Menyamarkan Pori-pori, Kulit Wajah Tampak Mulus

Pori-pori tersumbat adalah clogged pores terjadi akibat menumpuknya sel kulit mati dan minyak, sehingga bisa sebabkan berbagai masalah. Mulai dari whitehead, blackhead, jerawat ringan hingga meradang. Apa aja sih ciri-ciri clogged pores?

Begini Cara Mengatasi Pori-Pori Tersumbat

Clogged pores umumnya terjadi pada kulit berminyak, namun siapa saja bisa mengalaminya. Jika kulitmu kusam, pori-pori tampak besar, dan terdapat benjolan yang mirip komedo maka itu pertanda pori-pori tersumbat. Berikut ini beberapa solusinya.

Jangan Skip Double Cleansing

Langkah pertama cara mengatasi pori-pori tersumbat adalah rutin melakukan pembersihan dua tahap alias double cleansing. Untuk jenis pembersih yang kamu gunakan bisa berupa micellar water, cleansing balm, atau cleansing oil sesuai dengan kebutuhan.

Double cleansing tak hanya meluruhkan riasan dengan mudah tapi juga membersihkan kotoran secara tuntas. Melakukan double cleansing sebaiknya malam hari sebelum tidur, atau ketika kamu sudah selesai beraktivitas.

Artis Song Hye Kyo yang tampak awet muda di usia 40 tahun membagikan rahasia kecantikannya. Ia mengaku rutin menggunakan cleansing cream atau cleansing oil sebelum ke tahap face wash. Hasilnya, kulit wajah mulus tanpa masalah clogged pores!

Gunakan Niacinamide, Retinol, atau Vitamin C

Memilih skincare yang mengandung niacinamide, retinol, atau vitamin c adalah cara mengatasi pori-pori tersumbat paling ampuh. Keiga zat ini sebaiknya tidak dipakai bersamaan, jadi kamu cukup memilih salah satu.

Niacinamide merupakan zat turunan vitamin B yang berfungsi mengontrol sebum, meredakan jerawat, hingga kemerahan di wajah.

Sedangkan vitamin C dapat mengontrol minyak sekaligus mencerahkan kulit, sangat baik untuk memperbaiki masalah clogged pores.

Baca Juga: Face Oil untuk Mengempeskan Jerawat, Aman untuk Ibu Hamil

Jika kamu membutuhkan zat anti aging, mulailah mencoba retinol! Penggunaan retinol ini agak rumit karena kamu perlu mencoba dosis kecil dahulu kemudian tambah secara bertahap. Namun apabila sudah mendapat hasil, pori-pori dan kerutan jadi tampak samar lho!

Selalu Pakai Sunscreen

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan ukuran pori-pori membesar, sehingga resiko terjadi clogged pores semakin besar. Agar kulit wajah terlindungi, gunakan sunscreen di siang hari meski sedang di dalam rumah.

Sebagian orang masih malas memakai sunscreen karena teksturnya yang lengket, namun sekarang tidak perlu khawatir. Ada banyak brand mengeluarkan sunscreen formula ringan dan mudah meresap, seperti Emina Sun Protection, L’Oreal UV Defender, dan Nivea Sun Protect & White.

Cara mengatasi pori-pori tersumbat dengan pakai sunscreen ada banyak keuntungannya. Kita bisa mencegah resiko sunburn dan kanker kulit. Selain itu, beberapa sunscreen memberi efek tone up sehingga wajah jadi lebih cerah instan tanpa base make up.

Eksfoliasi Dua Kali Seminggu

Penumpukan sel kulit mati adalah penyebab utama clogged pores. Oleh karena itu, kita perlu melakukan eksfoliasi dengan toner yang mengandung AHA, BHA, dan PHA. Ketiga eksfoliator ini bekerja mengangkat sel kulit mati agar tidak menumpuk.

Apabila ingin melakukan eksfoliasi. stop dulu skincare yang mengandung niacinamide, retinol, atau vitamin C. Meskipun sama-sama acid, ketiga zat aktif ini bekerja di pH berbeda dengan eksfoliator.

Menggunakan zat aktif dengan eksfoliator beresiko menimbulkan iritasi atau malah tidak ada hasil sama sekali. Cara mengatasi pori-pori tersumbat dengan eksfoliasi sebaiknya barengi dengan hydrating toner dan soothing gel.

Baca Juga: Manfaat Micellar Water, Pembersih Wajah Sejuta Umat

Beberapa kandungan yang populer dalam menghidrasi dan menenangkan kulit setelah eksfoliasi di antaranya aloe vera, rose, atau centella.

Demikian cara mengatasi pori-pori tersumbat dengan menggunakan skincare. Jika ingin pakai riasan, pastikan kosmetik yang pakai bersifat non-comedogenic atau tidak menyumbat pori-pori. Jangan lupa melakukan double cleansing, karena kulit yang benar-benar bersih dari kotoran micro akan menyerap skincare dengan optimal. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -

Berita Terbaru