Minggu, November 28, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Mengatasi Serangan Asma yang Menyerang Mendadak

Cara Mengatasi Serangan Asma yang Menyerang Mendadak

Cara mengatasi serangan asma memang bukan hal yang mudah. Terlebih jika serangan itu datang secara mendadak. Penanganan yang tepat dan cepat sangat penting untuk mencegah dampak buruk yang bisa saja terjadi.

Asma merupakan salah satu jenis penyakit yang menyebabkan timbulnya gangguan yang ada dalam saluran pernafasan. Penyakit ini sendiri dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia.

Penyakit ini juga bisa kambuh secara mendadak dengan berbagai faktor pemicunya. Seperti stres, kondisi lingkungan, debu dan juga berbagai faktor lainnya.

Mengenal pemicu serangan asma juga penting untuk penanganan yang efektif. Penyakit ini akan menyebabkan si penderita merasa sering sesak nafas, khususnya saat kambuh.

Apabila kambuhnya terjadi secara mendadak, tentunya harus mendapatkan penanganan atau pertolongan pertama yang baik.

Karena dapat kambuh secara mendadak, tentunya akan sangat berdampak pada kesehatan si penderita dan membahayakan kondisi kesehatannya.

Sangat penting mengetahui cara penanganan yang tepat, terlebih untuk Anda yang memiliki saudara dengan penyakit ini.

Baca Juga : Kebiasaan Berada di Ruangan Ber-AC Bisa Kena Penyakit Asma, Hati-hati!

Cara Mengatasi Serangan Asma Mendadak

Untuk memberikan pertolongan pertama bagi penderita asma, Anda dapat memberikan beberapa cara sebagai pertolongan pertama bagi para penderita asma.

Berikut ini mengenai beberapa pilihan yang dapat Anda lakukan sebagai cara mengatasi serangan asma. Khususnya untuk membantu saat seseorang mengalami serangan asma yang datang secara mendadak.

Kenali Kondisi Penderita

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengenali dan juga menganalisa kondisi si penderita ketika terserang asma. Hal ini penting untuk memastikan gangguan yang ada memang karena asma.

Anda bisa memperhatikan seperti misalnya si penderita batuk secara terus menerus, maupun sulit bicara. Anda juga bisa melihat apakah penderita kesusahan bernafas dan juga berbunyi ketika bernafas.

Menganalisa kondisi penderitanya Anda dapat membantu menolong karena mengetahui jika si penderita adalah seorang yang menderita asma.

Dengan begitu Anda dapat memberikan pertolongan ataupun membawa penderita ke rumah sakit terdekat.

Baca Juga : Manfaat Daun Legundi untuk Atasi Asma, TBC, hingga Cacingan

Tenangkan Penderita Asma

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan sebagai cara mengatasi serangan asma adalah dengan menenangkan si penderita. Asma yang menyerang secara tiba-tiba biasanya terjadi karena si penderita yang tengah panik.

Oleh sebab itu Anda sebaiknya memberikan suasana dan memberikan dukungan atau support pada penderita agar lebih merasa tenang. Termasuk dengan melindungi penderita dari pengaruh lingkungan yang mungkin buruk.

Situasi dan kondisi yang tenang akan bermanfaat dalam menenangkan dan melancarkan pernafasan penderita asma.

Posisikan Dalam Keadaan Nyaman

Cara mengatasi serangan asma yang menyerang tiba-tiba dapat Anda lakukan dengan memposisikan penderita dalam keadaan senyaman mungkin.

Untuk caranya adalah dengan memberikan posisi bagi si penderita asma secara nyaman dan serileks mungkin.

Baca Juga : Benjolan di Dalam Hidung Menandakan Adanya Penyakit Tertentu

Posisi terlentang merupakan yang paling baik, khususnya untuk melancarkan saluran pernafasan.

Usahakan untuk membantu penderita merasakan kenyamanan dalam berposisi, seperti misalnya duduk tegak. Posisi ini akan membantu si penderita lebih nyaman dan tenang untuk bernafas.

Gunakan Inhaler

Cara lainnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberikan inhaler. Inhaler merupakan suatu alat bantuan praktis yang berguna untuk membantu mengatasi serangan asma yang mendadak terjadi.

Gunakan inhaler untuk membantu melancarkan pernafasan. Apalagi banyak toko yang menjual produk penghisap ini dengan harga yang cukup terjangkau.

Alat ini merupakan pertolongan pertama yang sangat direkomendasikan untuk membantu dan sebagai cara mengatasi serangan asma yang menyerang mendadak.

Hubungi Segera Dokter atau Pihak Medis

Cara selanjutnya yang tidak kalah penting dan dapat Anda lakukan adalah dengan menghubungi dokter, pihak medis atau rumah sakit terdekat. Terlebih jika Anda tidak memahami cara penanganannya.

Cara ini juga termasuk yang sangat direkomendasikan untuk memberikan pertolongan pertama bagi penderita asma yang terserang penyakit ini secara mendadak.

Anda dapat memberikan pertolongan pertama dengan membawanya ke rumah sakit. Bantuan ini akan sangat membantu dalam mengatasi asma yang menyerang dan mencegah kemungkinan terburuk.

Nah, demikian tadi beberapa cara mengatasi serangan asma yang terjadi secara mendadak. Anda dapat mencoba beberapa alternatif tersebut untuk mengatasi atau membantu orang yang menderita penyakit asma dan mencegah dampak buruk yang mungkin terjadi. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -

Berita Terbaru