Kamis, Januari 20, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengganti Salat Jumat yang Tertinggal, Berikut Ini Penjelasannya

Cara Mengganti Salat Jumat yang Tertinggal, Berikut Ini Penjelasannya

Cara mengganti salat Jumat yang tertinggal, pastinya menjadi informasi sangat penting. Pasalnya, fenomena ini juga sering kita lihat atau malah kita sendiri yang menjadi pelakunya? Tentunya jawaban “iya” atau “tidak” hanya diri kita sendiri yang mengetahuinya.

Bukan hal yang tidak mungkin juga apabila masih ada beberapa orang yang bingung bagaimana cara mengganti ketika masbuk salat Jumat. Padahal, seharusnya hal tersebut tidak terjadi kepada kita.

Karena dalam Islam terdapat anjuran untuk kita datang lebih awal. Sehingga, bisa terhindar dari masbuk atau ketinggalan rakaat.

Ada banyak kemungkinan juga yang menyebabkan kita masbuk. Alasan pertama, bisa saja batal ketika salat Jumat akan dimulai. Kemudian, kebelet BAB maupun BAK.

Kemungkinan yang terakhir adalah terlambat datang. Namun apapun alasannya, intinya kita perlu mengetahui bagaimana cara menggantinya supaya salatnya tetap diterima dan sah.

baca juga: Memotong Kuku di Hari Jumat Termasuk dalam Salah Satu Sunah

Bagaimana Cara Mengganti Salat Jumat yang Tertinggal?

Melakukan suatu perbuatan, akan tetapi tidak Allah terima, tentunya akan sia-sia. Apalagi bagi kaum laki-laki yang merupakan kewajiban. Hal ini juga terdapat dalam Al-Quran surat Al-Jumuah ayat 9.

Bagi kaum laki-laki, tentunya masbuk ketika melaksanakan salat Jumat sangat merugikan. Selain hukumnya wajib, salat Jumat sendiri juga mempunyai keutamaan. Apalagi, pelaksanaannya itu satu minggu hanya satu kali.

Jadi bisa kita katakan, salat Jumat itu merupakan salat hari raya. Karena memang, hari Jumat sendiri juga merupakan hari besar dalam Islam. Bukan hanya salatnya saja yang memiliki keutamaan, akan tetapi Jumat juga mengandung banyak keutamaan yang berguna untuk kehidupan dunia dan akhirat.

Bagi Anda yang masih bingung dengan bagaimana cara mengganti salat Jumat yang tertinggal, penting sekali untuk menyimak penjelasan berikut ini. Sehingga, apabila suatu hari nanti Anda menjadi pelakunya, maka solat tersebut tetap diterima setelah mengetahui bagaimana cara menggantinya.

baca juga: Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat Melindungi Pada Hari Kiamat Kelak

Hadits Riwayat Ibnu Majah

Dalam hadits riwayat Ibnu Majah, menjelaskan bahwasanya siapapun yang mendapati salat berjamaah dengan imam satu rakaat salat Jumat, maka dia memperoleh salat tersebut.

Jadi, apabila kita sebagai makmum itu masbuk satu rakaat saja, hal yang harus kita lakukan adalah menggantinya. Kapan waktu tersebut? Kita harus mengganti setelah imam membaca salam.

Hal yang demikian ini juga sama ketika kita masbuk salat lima waktu. Ketentuan yang mewajibkan kita untuk mengganti sebanyak 1 rakaat apabila ketika kita sedang mendapati imam ruku.

Adapun hal yang harus kita lakukan adalah mengikuti gerakan dari imam tersebut. Maksudnya adalah apabila kita masih mendapati ruku’ dan mengikutinya, maka kita masih mendapatkan salat Jumat dengan cara menyempurnakannya.

baca juga: Syarat Sah Shalat Jumat yang Benar Sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah

Mengganti dengan Salat Zuhur

Cara mengganti salat Jumat yang tertinggal tersebut tidak berlaku apabila kita sebagai makmum masbuk 2 rakaat. Kemudian hanya mengikuti gerakan ketika imam dalam posisi tasyahud.

Mengganti salat Jumat apabila tertinggal yang harus kita lakukan adalah menyempurnakannya dengan cara melakukan salat Zuhur.

Bagaimana Cara Pelaksanaanya?

Jika Anda ketika salat Jumat datang terlambat, tidak mendengarkan khutbah dari khotib, kemudian masbuk. Hanya mendapati ketika imam sudah tasyahud akhir, akan tetapi belum salam. Karena dalam Islam memiliki ajaran, siapapun yang masbuk ikutilah gerakan dari imam.

Nah, sama. Anda harus mengikuti gerakan imam tersebut. Namun ingat, Anda juga harus mendahuluinya dengan takbir. Kemudian jika nanti imam salam, maka Anda harus mengganti salat Jumat tersebut dengan salat Zuhur 4 rakaat.

Jumlah rakaatnya sama, niatnya sama, membaca iftitah, Al-Fatihah, surat pendek, rukuk, dan seterusnya seperti saat kita melakukan salat fardhu tersebut. Kemudian mengakhirinya dengan salam pula.

Supaya hal tersebut tidak terjadi kepada Anda, alangkah baiknya jika Anda berangkat lebih awal. Siapa berangkat lebih awal, maka akan mendapatkan ganjaran yang sama dengan unta. Siapapun pasti menginginkanya bukan?

Semoga dengan adanya penjelasan bagaimana cara mengganti salat Jumat yang tertinggal tersebut, bisa membantu Anda untuk menyempurnakannya. Kini Anda tak perlu bingung ataupun panik saat terlambat salat Jumat. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -