Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menggunakan Google Discover untuk Merangkum Minat Pengguna

Cara Menggunakan Google Discover untuk Merangkum Minat Pengguna

Cara menggunakan Google Discover seringkali kurang dipahami oleh para pengguna perangkat Android maupun iOS. Sebagai pengguna Android atau iOS, tentu kerap menjumpai halaman ini.

Layanan ini dapat dengan mudah Anda temui pada halaman utama aplikasi Google Chrome ataupun aplikasi Google lainnya. Ini merupakan fitur yang berisikan kumpulan kartu berita atau informasi yang akan muncul pada saat Anda melakukan swipe ke arah kanan dari home screen perangkat yang Anda gunakan.

Baca Juga: Kirim File Lewat Google Drive Android Praktis, Ikuti Langkah-Langkahnya!

Mengetahui Cara Menggunakan Google Discover

Saat ini aktivitas browsing menjadi suatu hal yang lumrah di kalangan masyarakat. Masyarakat pun dapat dengan mudah untuk mencari berbagai jenis informasi di layanan Google.

Salah satu sarana untuk melakukan aktivitas browsing atau internetan adalah aplikasi Google Chrome. Ketika Anda menjalankan Google Chrome, maka pada berandanya akan Anda temui berbagai artikel yang cukup menarik untuk Anda baca.

Halaman ini merupakan salah satu fitur terbaru dari Google yang memiliki fungsi menarik. Hadirnya fitur Google ini dapat mempermudah seseorang dalam melakukan browsing.

Fitur ini juga berfungsi untuk Anda gunakan sekedar untuk membaca-baca artikel yang menarik tanpa harus melakukan browsing terlebih dahulu.

Baca Juga: Inovasi Terbaru Google Assistant di Hari Jadi ke-5, Apa Saja?

Mengenal Fitur Terbaru Google Sebagai Perangkum Minat Pengguna

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara menggunakan Google Discover, tidak ada salahnya Anda tahu tentang fitur satu ini. Fitur ini merupakan bagian dari aplikasi Google yang tersedia pada perangkat Android maupun iOS.

Khusus bagi pengguna stock Android atau Android One, maka Anda dapat mengakses halaman ini dengan cara melakukan swipe ke arah kanan dari home screen Anda.

Dengan kata lain, fitur ini merupakan alat cerdas yang dapat mempelajari cara Anda dalam menelusuri serta apa yang Anda suka. Hal ini bertujuan untuk memperoleh konten terbaik atau paling tepat untuk kebutuhan Anda.

Dengan layanan ini, maka Anda akan selalu memperoleh berita terbaru yang sangat bermanfaat. Pasalnya, fitur ini dapat menjadi cara terbaik untuk memperoleh perhatian pada jenis konten tertentu dengan format berorientasi seluler.

Menggunakan Google Discover dapat menjadi cara yang memungkinkan Anda dalam menemukan konten yang Anda perlukan. Hal ini dapat menjadi pengalaman pencarian yang berbeda.

Selanjutnya, Google akan menyarankan konten untuk pengguna sesuai dengan aktivitas pencarian Anda serta terdapat pada perangkat. Ini berdasarkan dengan aktivitas web, aplikasi, pengaturan lokasi, serta riwayat lokasi.

Selain tersedia untuk menyuguhkan berita terbaru, fitur Google ini bertujuan untuk menjelajahi minat Anda secara lebih mudah dari sebelumnya.

Cara Kerja Fitur Terbaru Google

Saat menggunakan fitur ini, terdapat dua mekanisme utama sebagai cara untuk menentukan apa yang akan tampil pada halaman fitur tersebut. Adapun mekanisme tersebut antara lain:

  • Menggunakan lapisan topik pada grafik pengetahuan. Ini bertujuan untuk memahami minat pengguna serta bagaimana kemajuan mereka dari waktu ke waktu.
  • Memanfaatkan Google News AI/ML untuk dapat menghadirkan berbagai perspektif mengenai berita terbaru.

Baca Juga: Backup Data WhatsApp Ke Google Drive, Pulihkan Chat Lebih Mudah!

Langkah Menggunakan Google Discover

Bagi Anda yang ingin mengaktifkan fitur menarik pada Google ini, berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

  1. Silahkan buka aplikasi Utama Google atau melalui Google Chrome
  2. Untuk dapat mengaktifkan fitur ini pada aplikasi utama Google, maka Anda dapat klik menu lain yang berada di bagian bawah pojok kanan
  3. Selanjutnya klik tombol Setelan
  4. Kemudian klik tombol Umum
  5. Cara menggunakan Google Discover selanjutnya adalah Anda dapat pilih tombol ke 3 yakni Discover, klik dan aktifkan
  6. Berikutnya Anda dapat kembali ke halaman utama Google. Anda refresh halaman tersebut.
  7. Tunggu hingga tampilan fitur Google ini muncul
  8. Untuk dapat mengaktifkan fitur ini pada aplikasi Google Chrome, maka Anda dapat klik icon Setelan pada halaman tersebut.
  9. Selanjutnya Anda dapat klik Aktifkan. Secara otomatis fitur ini pun akan muncul pada halaman utama di Google Chrome tersebut.

Cara menggunakan Google Discover cukup mudah untuk Anda lakukan. Anda pun dapat memanfaatkannya untuk membuat konten baru yang bagus, menarik, dan relevan. Sehingga dapat bermanfaat bagi pengguna. Dalam hal ini, pastikan halaman ramah seluler serta fokuskan konten di sekitar entitas yang bermakna bagi target. (R10/HR-Online)