Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menghidupkan Mobil Start Engine Manual Sesuai Jenis Transmisinya

Cara Menghidupkan Mobil Start Engine Manual Sesuai Jenis Transmisinya

Cara menghidupkan mobil start engine manual tidaklah sulit. Saat ini kendaraan sudah hadir dengan berbagai fitur modern dan menarik. Bahkan membantu memudahkan para pemiliknya.

Salah satu fitur yang bisa Anda dapatkan yaitu start stop engine. Fitur yang ada di mobil ini biasanya terdapat pada kendaran kelas premium.

Namun kini justru sudah banyak diaplikasikan pada berbagai tipe mobil dengan harga murah. Start stop engine justru menjadi salah satu fitur standar yang wajib ada pada setiap mobil terkini.

Fungsi dari fitur yang satu ini yaitu untuk dapat menggantikan peran kunci kontak. Sehingga membantu mempermudah pengemudi untuk masuk dalam mobil.

Bahkan juga bisa membantu pengemudi dalam menghidupkan kendaraan. Jika dulu menggunakan kunci kontak, kini sudah tidak lagi.

Adanya fitur modern seperti start stop engine membantu pengemudi tidak kerepotan seperti aktivitas sebelumnya. Cara menghidupkan mobil start engine manual pun bisa menjadi pilihan ketika remote habis baterai.

Pemilik kendaraan disediakan kunci yang bisa bekerja secara elektronik dan otomatis. Sehingga bisa mudah mencocokkan kunci dengan mobil. Mobil bisa dioperasikan tanpa harus memasukkan anak kunci ke slotnya.

Baca Juga : Tips Beli Mobil Keluarga, Dapatkan Kapasitas Sesuai Kebutuhan

Deretan Cara Menghidupkan Mobil Start Engine Manual

Mobil menjadi salah satu kendaraan yang banyak dipilih untuk dimiliki. Selain membantu memudahkan pengemudi, fitur ini juga cukup menarik. Saat ini star stop engine bukan menjadi salah satu fitur yang mewah.

Hal ini karena hampir semua jenis kendaraan memiliki fitur standar yang satu ini. Selain mudah dan praktis, fitur ini juga cocok untuk digunakan ketika remote habis.

Bagi Anda yang baru mengenal dan memiliki fitur ini, bisa gunakan cara mudahnya. Berikut ini ada beberapa cara mudah menghidupkan fitur modern terbaru mobil masa kini.

Tekan Tombolnya

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan pada fitur yang satu ini. Cara menghidupkan mobil start engine manual cukup mudah. Langkah awal yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menekan tombolnya satu kali.

Menekannya satu kali memiliki fungsi yang sama seperti posisi ACC mobil dengan kontak manual. Saat posisi ini, radio tape dan aksesoris kelistrikan akan menyala.

Baca Juga : Beberapa Fungsi Roof Box Mobil yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

Sedangkan untuk penekanan tombol yang kedua akan berguna membuat seluruh kondisi kelistrikan pada mobil. Baik untuk bagian mesin atau aksesoris lain dalam posisi ON dan siap untuk dinyalakan.

Nyalakan Mesin Mobil

Pada cara menghidupkan mobil start engine manual yang selanjutnya ini Anda perlu menekan 3 kali. Namun untuk melakukannya, pastikan dulu sudah melakukan langkah berikut ini.

Ada dua tipe mobil yang berbeda. Pada mobil transmisi automatic sebelum menekan tombol untuk yang ketiga kali, pastikan posisi tuas persneling dalam kondisi parkir atau netral.

Injak rem dan tekan tombol start engine. Kemudian jika sudah Anda lakukan, mesin starting nyala. Berbeda pada tipe mobil transmisi manual.

Sebelum menekan tombol start stop engine, tekan dan tahan pedal kopling kemudian start engine. Dengan demikian, mesin starting dan hidup.

Ketika langkah penekanan tombol tersebut, Anda tidak menekan pedal kopling atau menekan rem mobil matic.

Baca Juga : Starter Mobil Mati, Ada Penyebab yang Perlu Segera Ditangani

Posisi kunci pun pada posisi awal atau OFF. Maka dari itu penting bagi Anda untuk memastikan tombol pada posisi ON. Selanjutnya bisa sesuaikan dengan tipe kendaraan itu sendiri, manual atau matic.

Hal yang Harus Dihindari saat Menggunakan Start Stop Engine

Cara menghidupkan mobil start engine manual bisa sesuaikan dengan tipe kendaraan. Setelah Anda tahu cara yang tepat, sesuaikan dengan tipe kendaraan.

Sebab, tipe mobil yang berbeda juga memiliki cara pengaplikasian penggunaan fitur start stop engine yang berbeda pula. Hanya saja ada hal yang perlu Anda perhatikan.

Sebaiknya hindari menyalakan mobil dengan fitur tersebut secara kasar. Misalnya dengan menekan pedal rem dan menstarter mesin secara cepat. Cara ini justru akan merugikan Anda. Misalnya airbag tidak bisa Anda gunakan pada sistem kelistrikan.

Sebagai pemilik kendaraan roda empat, cari tahu cara menghidupkan mobil start engine manual. Dengan demikian, fitur tersebut bisa Anda fungsikan secara tepat bahkan akan sangat membantu. (R10/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -