Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita BisnisCara Menghitung Saham Preferen yang Mudah, Berikut Ini Penjelasannya

Cara Menghitung Saham Preferen yang Mudah, Berikut Ini Penjelasannya

Cara menghitung saham preferen merupakan informasi yang sangat penting untuk para investor. Dalam memilih untuk menjadi pelaku investasi saham, terdapat dua jenis, yakni saham biasa dan saham preferen. Mungkin Anda sudah pernah mendengar tentang apa itu saham preferen.

Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa saham biasa itu merupakan surat berharga yang menyatakan atas kepemilikan seseorang terhadap suatu perusahaan. Untuk pemegang saham biasa nantinya tidak memiliki hak-hak istimewa guna menentukan kebijakan.

Baca Juga: Cara Investasi Dogecoin yang Mudah dan Lebih Menguntungkan

Sedangkan untuk saham preferen itu adalah saham yang pemegangnya memiliki hak lebih daripada saham biasa. Pemegang preferen ini nantinya mendapatkan dividen lebih dahulu. Selain itu, juga mempunyai hak suara lebih dari saham biasa.

Panduan Cara Menghitung Saham Preferen yang Perlu Anda Ketahui

Sebelum kita lanjut ke penjelasan mengenai bagaimana cara menghitung saham preferen, tidak ada salahnya jika kita mengetahui tentang karakteristik dan lainnya.

Untuk karakteristik saham preferen yang pertama adalah mempunyai hak istimewa guna mendapatkan dividen. Kemudian juga mempunyai hak pembayaran yang maksimal sebesar nilai nominal saham.

Tetapi bukan hanya itu saja, kemungkinan juga Anda akan mendapatkan tambahan dari pembagian laba. Paling penting lagi, saat perusahaan yang Anda pilih bangkrut, maka Anda akan mendapatkan pembagian kekayaan.

Sedangkan untuk cara menghitung saham preferen yang benar adalah sebagai berikut. Apabila preferen tidak mempunyai tanggal jatuh temponya, maka harus menggunakan rumus untuk menghitung biaya komponen.

Untuk mempermudah Anda dalam melakukan perhitungan harus menggunakan rumus berikut ini.

Rumus: Biaya Saham Pilihan = Dividen pada Harga : Harga yang Disukai : 1-Flotasi yang disukai.

Perlu Anda ketahui bahwa harga yang Anda inginkan itu nilai pasar yang sekarang ini serta biaya flotasi. Biaya flotasi merupakan biaya pinjaman guna melakukan penerbitan dari saham preferen sebagai persentase.

Baca Juga: Investasi Gasifikasi Batu Bara, Wujud Proyek Hilirisasi

Umumnya saham preferen juga akan lebih tinggi dari biaya hutang. Alasannya adalah hutang lebih terpandang daripada komponen biaya modal yang lebih berisiko. Jadi, apabila suatu perusahaan menggunakan preferen untuk sumber pembiayaan, maka juga harus mencakup biaya saham.

Perusahaan tersebut juga harus menyisihkan 70% dividen yang disukai dari perpajakan. Dengan demikian, benar-benar bisa untuk meningkatkan pengembalian sesudah pajak. Mudah bukan cara menghitung saham preferen tersebut?

Jenis Saham Preferen

Setelah mengetahui tentang karakteristik dan cara menghitung saham preferen tersebut, tidak ada salahnya juga jika Anda mengetahui jenis-jenisnya.

Sebelum terjun ke dunia investasi, Anda memang perlu tahu apa saja jenisnya. Dengan begitu, Anda bisa lebih mengenal lebih dalam saham ini.

Adjustable-rate Preferred Share

Ini merupakan jenis preferen yang sangat bervariasi. Pasalnya, juga bisa menyesuaikan dengan tolak ukur yang sudah menjadi ketentuan. Tidak hanya itu saja, akan tetapi juga mempunyai batasan maksimal dan minimum. Sebagai contohnya adalah SPN.

Participating Preferred Share

Jenis saham biasa yang lainnya yaitu participating preferred share. Apabila Anda ingin menjadi pemilik jenis preferen yang satu ini, Anda juga harus terlebih dahulu mendapatkan dividen.

Hal ini berlaku saat emiten mengalami likuiditas. Nantinya pemilik preferen yang akan mendapatkan keuntungan terlebih dahulu. Dengan demikian, investor juga akan lebih aman.

Convertible Preferred Share

Ada pula jenis convertible preferred share. Jenis yang ini terkenal dengan keunikannya karena bisa kita ubah menjadi saham biasa.

Hal tersebut bisa kita lakukan ketika investor juga menghendakinya. Meskipun begitu, juga harus Anda ingat, perubahan tersebut akan terjadi jika sebelumnya sudah ada kesepakatan.

Callable Preferred Share

Bukan hanya dividen saja, tetapi investor juga bisa untuk mendapatkan keuntungan. Sumbernya adalah dari dana yang sudah ditarik oleh emiten melalui panggilan. Dengan demikian, Anda juga akan memperoleh pengembalian lebih tinggi daripada saat membelinya.

Baca Juga: Ciri-Ciri Investasi Bodong di Telegram, Waspadai Sebelum Rugi

Tetapi, Anda juga tidak bisa menolak panggilan tersebut. Hal ini karena memang sudah menjadi kewajiban Anda guna mengikuti ketentuan saat memilih jenis saham satu ini.

Nah, pahami penjelasan lebih detail soal cara menghitung saham preferen yang baik dan benar dalam investasi. Anda pun bisa mendapatkan banyak keuntungan yang besar. Pastikan Anda tak melewatkan pembahasan cara menghitung saham preferen di atas. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)