Kamis, Januari 20, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengobati Amandel dengan Herbal yang Paling Efektif

Cara Mengobati Amandel dengan Herbal yang Paling Efektif

Cara mengobati amandel bisa dengan menggunakan obat herbal. Selain murah dan mudah kita dapatkan, bahan alami ini juga tidak kalah efektif dengan obat dari apotek. Anda bahkan bisa membuatnya sendiri dengan bahan yang ada.

Amandel merupakan salah satu penyakit yang menyerang bagian tenggorokan. Beberapa gejala yang timbul seperti sulit menelan serta muncul rasa yang tidak nyaman pada bagian tenggorokan.

Sebenarnya amandel ini sendiri merupakan sebuah organ dalam tubuh yang terletak pada bagian tenggorokan sebelah belakang mulut. Fungsi organ tubuh ini utamanya untuk melawan infeksi yang masuk ke dalam tubuh.

Mengutip dari Wikipedia, organ ini bagian penting yang ikut membentuk sistem kekebalan. Hal ini karena amandel mampu memproduksi antibodi untuk melawan kuman atau benda asing yang masuk dan menyerang bagian mulut.

Asal kita tahu, amandel juga mengandung sel darah putih dalam bentuk sel B dan sel T yang berperan penting dalam melawan infeksi tubuh. Gangguan pada amandel bisa menurunkan imunitas tubuh.

Selain itu amandel yang terinfeksi juga akan mengganggu segala aktivitas kita. Sehingga jika semakin lama kita biarkan terus tanpa pengobatan, maka akan berakibat timbulnya masalah kesehatan lainnya.

Baca Juga : Jenis Obat Amandel di Apotik Paling Ampuh dan Banyak Dicari

Cara Mengobati Amandel dengan Herbal

Mengobati amandel tanpa jalan operasi ternyata bisa anda lakukan dengan menggunakan obat herbal yang alami. Seperti misalnya jeruk nipis, jus sayuran, teh chamomile, dan masih banyak lagi.

Tentunya untuk mengobati amandel dengan obat herbal, anda mesti teratur melakukannya. Anda juga harus sabar dan telaten dalam melakukannya untuk mendapatkan hasilnya agar lebih optimal.

Berikut ini adalah beberapa cara mengobati amandel dengan obat herbal yang paling efektif dan bisa anda coba gunakan.

Langkah alami ini bisa anda coba untuk mengatasi amandel jika anda enggan untuk menjalani tindakan operasi.

Kunyit Asam

Anda tentu sudah familiar dengan campuran kunyit dan asam jawa ini. Herbal ini populer sebagai salah satu obat herbal yang memiliki segudang manfaat.

Baca Juga : 4 Jenis Minyak Esensial dan Manfaatnya untuk Stamina Tubuh

Dalam kunyit asam ini terdapat zat anti bakteri yang bisa membunuh bakteri penyebab amandel. Bakteri inilah yang mengakibatkan terjadinya peradangan pada jaringan amandel anda.

Anda bisa langsung mengkonsumsi jamu kunyit asam ini secara rutin sebanyak 3 kali sehari agar amandel bisa teratasi.

Jus Sayuran

Selain kunyit asam, anda juga bisa mencoba cara mengobati amandel dengan mengonsumsi jus sayuran. Sayuran ini bermanfaat guna meredakan bengkak pada bagian amandel anda.

Jus sayuran mengandung antioksidan serta berbagai macam kandungan nutrisi lainnya. Seperti misalnya mineral, serat, dan berbagai macam jenis vitamin lainnya.

Berbagai jenis sayuran bisa anda coba kombinasikan seperti mentimun, wortel, buah bit, dan masih banyak lagi lainnya.

Teh Chamomile

Cara mengobati amandel selanjutnya adalah dengan teh chamomile. Minuman herbal ini mampu meredakan pembengkakan akibat amandel.

Baca Juga : Makanan Penyebab Radang Tenggorokan yang Perlu Anda Hindari!

Hal ini karena dalam minuman ini terdapat kandungan zat alami anti radang yang sangat baik untuk kesehatan.

Selain itu, minuman herbal yang satu ini juga mampu meredakan rasa nyeri karena pembengkakan yang terjadi akibat amandel. Minumlah minuman herbal ini secara teratur agar amandel anda cepat mengempis dan sembuh.

Kulit Manggis

Kulit manggis memang banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Seperti misalnya sebagai zat anti kanker serta mampu membantu mengatasi amandel.

Dalam kulit manggis terdapat zat anti radang yang efektif sebagai cara mengobati amandel. Obat alami ini cukup efektif meredakan radang pada amandel.

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Anda perlu merebus kulit manggis yang telah kita keringkan. Setelah mendidih dan dingin, anda bisa minum ramuan ini secara teratur.

Buah Mengkudu

Buah yang satu ini memang memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Seperti ampuh membantu menurunkan kadar gula darah.

Herbal ini juga merupakan obat pereda rasa nyeri dan juga mampu mengempiskan amandel yang membengkak.

Parut dan peras air dari 2 buah mengkudu ini, dan saring airnya. Setelah itu tambahkan madu dan minumlah air perasan mengkudu ini secara rutin agar amandel anda bisa mengempis.

Itulah beberapa rekomendasi cara mengobati amandel dengan obat herbal alami yang terbukti ampuh. 

Pilih herbal sesuai selera atau bisa Anda kombinasikan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Jika kondisi tak membaik segera periksakan ke dokter. (R11/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -