Jumat, Desember 2, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengobati Sakit Jantung dengan Bahan Herbal Alami

Cara Mengobati Sakit Jantung dengan Bahan Herbal Alami

Cara mengobati sakit jantung sangat penting kita ketahui untuk mencegah akibat yang paling buruk. Penanganan yang cepat dan tepat merupakan kunci penting untuk mencegah kondisi henti jantung yang bisa mengakibatkan kematian.

Sakit jantung, mengutip dari Wikipedia, merupakan istilah untuk menunjuk berbagai jenis gangguan yang terjadi pada jantung. Penyakit jantung saat ini menduduki peringkat pertama sebagai penyebab kematian di seluruh dunia.

Jantung merupakan organ paling vital bagi kehidupan manusia. Karena itu menjaga fungsi organ ini sangat penting untuk mencegah timbulnya berbagai jenis penyakit yang terjadi pada organ jantung.

Ada cukup banyak jenis penyakit jantung, seperti jantung koroner, kardiovaskular, ischaemic, hingga jantung berdebar. Terganggunya suplai darah ke jantung merupakan penyebab umum penyakit berbahaya ini.

Penyakit jantung ini sendiri, mengutip dari laman Smarter Health, terjadi karena adanya penggumpalan darah dan berkurangnya pasokan darah ke jantung. Hal ini menyebabkan otot jantung akan mengalami kerusakan secara permanen.

Berkurangnya pasokan darah ke jantung yang terjadi secara mendadak merupakan salah satu hal mengerikan yang mesti anda waspadai. Karena itu penting mencegah maupun cara mengobati sakit jantung dengan cepat.

Serangan jantung merupakan salah satu hal yang sangat ditakuti oleh hampir semua orang. Selain karena terjadi secara mendadak, kondisi ini juga berisiko menyebabkan kematian.

Baca Juga : Kenali Gejala Sakit Jantung yang Patut Diwaspadai

Cara Mengobati Sakit Jantung

Mengobati penyakit jantung bisa kita lakukan dengan berbagai cara. Mulai dari cara medis seperti operasi, atau dengan pengobatan secara intensif. Bahkan terapi menggunakan bahan-bahan alami juga bisa membantu dalam mengatasi penyakit ini.

Terapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi aneka makanan yang bernutrisi, serta rajin berolahraga. Ini penting untuk membantu anda dalam menjaga kesehatan jantung anda.

Gaya hidup yang kurang sehat merupakan salah satu penyebab timbulnya gangguan pada fungsi jantung sehingga menyerang anda. Nah, berikut beberapa cara mengobati sakit jantung yang bisa anda coba lakukan.

Menggunakan Daun Sirsak

Daun sirsak menjadi salah satu bahan alami yang baik untuk membantu penyembuhan dan pengobatan penyakit jantung.

Tanaman ini akan membantu menghambat pertumbuhan bakteri yang akan berkembang menjadi parasit. Daun herbal ini sangat baik kita gunakan untuk menyembuhkan penyakit jantung.

Baca Juga : Penyebab Sakit Dada Tapi Bukan Gejala Serangan Jantung, Apa Saja?

Anda bisa mencoba untuk melakukannya dengan merebus daun sirsak dengan air hingga matang. Setelah itu minumlah rebusan airnya secara teratur untuk membantu mengatasi sakit jantung dengan baik.

Menggunakan Wortel

Ternyata tumbuhan yang kaya akan berbagai jenis vitamin ini merupakan salah satu bahan alami yang baik sebagai cara mengobati sakit jantung.

Untuk caranya, Anda bisa menyiapkan 3 buah wortel segar dan cuci hingga bersih. Selanjutnya parut wortel dan ambil airnya dengan cara memerasnya.

Campurkan dengan 2 sendok makan madu murni agar rasanya menjadi lebih nikmat. Anda bisa meminum ramuan wortel ini secara rutin sehari 3 kali sampai badan terasa enak.

Menggunakan Daun Sirih Merah

Selain jenis daun sirsak, daun sirih merah juga tak kalah khasiatnya yang bisa Anda gunakan sebagai cara mengobati sakit jantung.

Baca Juga : Gangguan Sistem Peredaran Darah, dari Tensi, Jantung, hingga Stroke

Dalam mengolah daun sirih merah ini anda bisa melakukannya dengan cara yang sederhana. Anda cukup dengan merebus daun sirih merah ini dengan 4 gelas air hingga mendidih.

Setelah menjadi hangat, saring air rebusannya. Minumlah pada pagi dan sore hari secara teratur agar hasilnya bisa kita dapatkan dengan optimal.

Dengan Daun Sukun

Tanaman herbal selanjutnya yang juga efektif untuk mencegah penyakit jantung adalah dengan menggunakan daun sukun. Daun sukun ini sendiri merupakan salah satu bahan alami yang baik untuk jantung.

Ekstrak herbal ini akan membantu mengisolasi senyawa artocarpanone sekaligus berfungsi sebagai obat penghilang rasa sakit.

Untuk melakukannya, terlebih dahulu cuci daun sukun dan jemur langsung di bawah terik matahair hingga kering. Setelah itu robek-robek satu potong hingga menjadi potongan kecil. Kemudian rebus hingga airnya mendidih.

Setelah agak hangat lalu saring dan minum ramuan daun sukun ini. Lakukan secara rutin pada pagi dan sore hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Itulah beberapa cara mengobati sakit jantung yang bisa anda lakukan. Mengonsumsi herbal ini berguna untuk melancarkan suplai darah yang menuju jantung. Namun jika kondisi tidak membaik segera konsultasikan dengan dokter. (R11/HR-Online)

Editor : Eva