Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita BisnisCara Menjadi Trader Saham Bagi Pemula, Pelajari Trik Jitu Ini!

Cara Menjadi Trader Saham Bagi Pemula, Pelajari Trik Jitu Ini!

Cara menjadi trader saham sukses memang bukan perkara yang mudah, namun semua orang bisa mencobanya asalkan ada niat tersendiri. Selain itu, ada banyak pula tipe investor di pasar modal, ada yang mencari di BEI dalam jangka pendek, dan ada juga jangka panjang.

Biasanya pencari cuan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan periode waktu pendek adalah seorang trader, ada yang harian atau mingguan. Lantas apa saja jurus jitu para trader yang bisa sukses? Berikut jawabannya!

Baca Juga: Cara Stock Split Saham, Mampu Membuat Perusahaan Bernilai Tinggi

Panduan Cara Menjadi Trader Saham Termudah, Cocok untuk Para Pemula

Seorang Senior Analyst Creative Trading System yaitu Joseph Gabetua telah memaparkan hal penting untuk bisa menjadi seorang trader sukses. Salah satunya adalah memiliki kemampuan tersendiri dalam mengelola uang dan tak terlepas dari pengetahuan dunia saham.

Ia kembali mengatakan bahwa soal urusan trader yaitu dengan mengelola semua hal-hal yang bisa terkontrol. Selain itu, mengenai pergerakan pasar yang bisa saja naik atau bahkan turun, terlebih sentimen luar negeri kini sudah menjadi domain pasar.

Cara menjadi trader saham menurut Gabetua adalah harus memiliki skill pengelolaan keuangan karena ini sangat berguna untuk para trader pemula. Dengan hal seperti ini, maka uang atau modal yang diinvestasikan tak akan langsung habis begitu saja.

Semakin populernya investasi, maka belajar untuk trading saham juga mendatangkan keuntungan besar. Nah, bagi Anda pejuang cuan yang ingin menjadi trader, maka sangat penting untuk mengetahui beberapa trik seperti berikut ini.

Baca Juga: Saham Atas Unjuk, Pengertian dan Perbedaan dengan Saham Atas Nama

Mengenali dan Memahami Prinsip Trading

Cara menjadi trader saham pertama, Anda harus lebih dulu mengenal jenis trading yang akan Anda pilih nantinya. Sebab keuntungan yang bisa Anda peroleh berasal dari perubahan harga dan kegiatan trading ini layaknya transaksi dagang.

Selain itu, trading saham sendiri juga berbeda dari investasi saham, karena investasi hanya lebih fokus pada jangka waktu panjang saja. Sementara itu, untuk trading sendiri akan lebih mengarah pada keuntungan di dalam waktu jangka pendek.

Bahkan trading juga akan cenderung berprinsip pada kegiatan jual beli dan banyak trader yang menggunakan fluktuasi harga. Mereka juga akan selalu memperhatikan pergerakan harga saham lalu memperkirakan selisih harga jual beli untuk mendapat keuntungan.

Namun biasanya pergerakan harga sama pada sebuah perusahaan juga akan berubah-ubah dalam waktu cukup singkat. Hal ini biasanya akan dimanfaatkan oleh para trader pro dan mencari keuntungan dengan analisis teknikal dari riset.

Mengetahui Strategi Trading

Cara menjadi trader saham selanjutnya adalah dengan mengetahui strategi trading yang benar supaya tidak salah kedepannya. Jadi, sebagai seorang trader, Anda harus lebih fokus pada kondisi Technical Analysis (TA) dan pasar saham.

Biasanya naik turunnya pasar saham juga akan tergantung dari kondisi politik-ekonomi suatu negara maupun global. Sebab guncangan ekonomi maupun politik di suatu negara juga akan mengganggu stabilitas pasar saham.

Maka dari itu, ada baiknya Anda untuk menunda masuk ke dalam pasar sampai kondisinya benar-benar sudah stabil. Sedangkan beberapa trader sukses untuk memantau suatu pergerakan ekonomi adalah salah satu jenis strategi terbaik.

Tujuannya supaya bisa memperoleh target profit serta akan terhindar dari adanya kerugian. Sehingga penyusunan rencana yang cukup jelas, maka akan memudahkan Anda untuk mendapatkan keuntungan signifikan.

Baca Juga: Window Dressing Saham, Definisi, Cara Kerja, Hingga Tips Membelinya

Mencari Broker yang Tepat

Cara menjadi trader saham berikutnya adalah dengan mencari broker atau perusahaan yang sesuai atau bisa menghasilkan keuntungan. Memang trading saham sendiri juga akan memiliki berbagai macam jenis broker. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan.

Walaupun mereka akan memiliki kelebihan dan kekurangan, namun broker mampu membantu Anda untuk memudahkan proses trading. Maka dari itu, Anda harus mampu memilih broker mana yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Agar bisa menjadi seorang broker yang berhasil, maka Anda juga harus mempraktikkan teori yang sudah Anda pelajari sebelumnya. Salah satunya adalah dengan memulai menggunakan akun demo.

Dari sejumlah cara menjadi trader saham untuk meraih kesuksesan tersebut, memang memerlukan kesabaran ekstra. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena semua akan berbuahkan keuntungan yang sangat besar apabila sukses. (R10/HR-Online)