Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Meringankan Asam Lambung Naik Berdasarkan Penyebabnya

Cara Meringankan Asam Lambung Naik Berdasarkan Penyebabnya

Cara meringankan asam lambung naik bisa Anda lakukan dengan mudah. Apalagi Penyebab penyakit asam lambung tidak saja karena makanan yang kita konsumsi. Ada berbagai faktor lainnya yang juga bisa memicu naiknya asam lambung.

Secara statistik banyak manusia dari seluruh dunia yang terkena asam lambung, baik itu asam lambung kronis maupun biasa. Bahkan jumlah kasus penyakit ini semakin meningkat saja seiring gaya hidup modern yang tidak sehat.

Penyakit asam lambung adalah gangguan kesehatan yang lazim terjadi pada masyarakat. Penyakit asam lambung populer juga dengan istilah Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).

GERD, mengutip dari laman Smarter Health, merupakan suatu keadaan yang biasanya dikenali dari tanda munculnya rasa nyeri pada bagian ulu hati. Rasa nyeri ini seperti tertusuk-tusuk oleh jarum atau seperti terbakar pada bagian dada.

Ini terjadi akibat naiknya asam lambung yang menuju ke kerongkongan. Karena itu cara meringankan asam lambung naik penting kita lakukan untuk meringankan gejala yang ada.

Seperti yang kita ketahui bahwa kerongkongan merupakan bagian organ tubuh manusia yang menghubungkan antara mulut dan lambung.

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab munculnya penyakit asam lambung. Sebagaimana mengutip dari berbagai sumber terpercaya, faktor penyebab naiknya asam lambung biasanya berkaitan dengan sejumlah faktor.

Baca Juga : Air Kelapa untuk Asam Lambung, Ketahui Apa Saja Kandungannya

Antara lain seperti karena faktor keturunan, stres berat, konsumsi obat-obat secara berlebih, maupun karena obesitas. Bahkan ibu hamil atau orang yang sedang menjalankan diet juga bisa mengalami gangguan ini.

Begitu juga terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung asam, pedas atau makanan yang banyak mengandung lemak juga bisa memicu kondisi ini.

Cara Meringankan Asam Lambung Naik

Asam pada lambung memang menjadi kebutuhan tubuh. Tetapi jika produksi asam lambung tidak seimbang, seperti terlalu rendah atau terlalu tinggi, dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Penyakit asam lambung atau maag bisa terjadi karena kondisi ini. Maka sebelum hal tersebut terjadi pada Anda, wajib mengetahui berbagai langkah untuk mencegahnya.

Perlu Anda ketahui bahwa asam lambung naik terlalu sering dapat menyebabkan gangguan penyakit pada organ tubuh. Karena itu, penanganan yang cepat bisa mencegah berbagai risiko yang berbahaya.

Ada banyak faktor penyebab sakit asam lambung yang sebaiknya Anda kenali dan waspadai. Untuk mengetahui pencegahannya, berikut ini beberapa cara meringankan asam lambung naik yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat.

Baca Juga : Buah untuk Asam Lambung yang Efektif, dari Pisang hingga Apel

Mengubah Kebiasaan Buruk

Gaya hidup buruk memiliki peran penting pada asam lambung Anda. Sebaliknya gaya hidup yang sehat memiliki dampak sangat baik bagi kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh.

Sebagian orang tidak menyadari bahwa gaya hidup yang buruk memiliki efek yang buruk pula bagi asam lambung maupun organ tubuhnya yang lain. Kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut antara lain :

  • Candu, rokok dan terlalu sering mabuk-mabukan dengan mengonsumsi minuman beralkohol
  • Mengonsumsi narkotika dan obat terlarang
  • Tidak pernah melakukan olahraga
  • Jarang minum air putih yang cukup.
  • Istirahat tidak cukup atau sering begadang.
  • Diet cepat sehingga melewatkan makanan utama setiap hari

Menjaga Pola Makan

Makanan merupakan salah satu faktor teratas yang menjadi penyebab asam lambung naik, dan juga dapat berdampak buruk pada organ tubuh lainnya seperti usus.

Baca Juga : Awas Bahaya Stres dan Asam Lambung! Atasi dengan Cara Ini

Oleh karena itu, seseorang harus menjaga pola waktu makan yang baik dan makan sesuai porsi yang dibutuhkan tubuh Anda.

Selain itu, ada berbagai jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari untuk mencegah asam lambung naik.

Adapun jenis makanan yang harus Anda hindari sebagai cara meringankan asam lambung naik adalah sebagai berikut :

  • Makanan terlalu asam
  • Jenis makanan yang banyak berminyak
  • Makanan terlalu pedas
  • Dari makanan yang banyak mengandung lemak

Selain jenis makanan tersebut, sebaiknya Anda juga jangan makan secara berlebihan dalam sekali waktu. Serta lebih menghindari atau mengurangi mengonsumsi minuman dingin terlalu sering.

Jika Anda sedang diet, maka konsumsi makanan yang bernutrisi untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Anda juga perlu menghindari cara diet tidak sehat yang malah akan merugikan kesehatan.

Demikian informasi singkat tentang cara meringankan asam lambung naik berdasarkan faktor pemicu dan penyebabnya.

Pencegahan tentunya jauh lebih baik karena gangguan ini bisa menyebabkan terjadinya komplikasi yang berbahaya. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -