Kamis, Desember 2, 2021
BerandaBerita CiamisHerdiat Inginkan Tahun Berikutnya Ciamis Jadi Tuan Rumah MTQ Jabar

Herdiat Inginkan Tahun Berikutnya Ciamis Jadi Tuan Rumah MTQ Jabar

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya, menginginkan Kabupaten Ciamis tahun berikutnya menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Jawa Barat (Jabar).

Pasalnya, menurut Herdiat, sudah sekitar 30 tahun Ciamis belum pernah jadi tuan rumah MTQ tingkat provinsi.

Sementara untuk tahun depan, pelaksanaan MTQ tingkat Jabar yang jadi tuan rumah yaitu Kabupaten Sumedang.

“Saya ingin tahun berikutnya Ciamis jadi tuan rumah,” Kata Herdiat, saat membuka kegiatan MTQ XLIV tahun 2021 tingkat Kabupaten Ciamis di Gedung IC Ciamis, Selasa (23/11/2021).

Menurutnya, Kabupaten Ciamis siap jika menjadi tuan rumah dalam kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an.

Ia menegaskan, tidak khawatir kalau Ciamis tidak punya hotel. Pasalnya, Qori dan Qoriah kafilah Ciamis juga saat bertanding di luar daerah, tidak menginap di hotel. Melainkan di rumah-rumah penduduk.

“Kita juga bisa manfaatkan hal tersebut. Ciamis banyak homestay yang siap dipakai, jika nanti jadi tuan rumah MTQ Jabar,” ucapnya.

Herdiat melihat kemampuan Ciamis untuk jadi tuan rumah MTQ berkaca dari kegiatan olahraga seperti Pekan Olahraga Daerah (Porda).

Baca Juga : Hindari Kerumunan, MTQ ke-44 di Ciamis Dilaksanakan Secara Zonasi

Sebab, pada Porda tahun 2022 nanti, Kabupaten Ciamis bisa jadi tuan rumah. “Kenapa MTQ tidak bisa. Pasti bisa, kami siap jika Ciamis jadi tuan rumah,” tegasnya.

Oleh karena itu, Herdiat meminta kepada Sekretaris Daerah Ciamis dan Kepala Kantor Kementerian Agama Ciamis, untuk berjuang agar tahun berikutnya Ciamis jadi tuan rumah MTQ tingkat Jabar.

“Bapak Sekda dan Kepala Kantor Kemenag harus berjuang, supaya Ciamis jadi tuan rumah MTQ tahun berikutnya,” katanya.

Sementara terkait dengan prestasi, Herdiat mengatakan, bahwa dalam dalam kegiatan MTQ tingkat Jabar, kafilah Kabupaten Ciamis sangat bagus dan ada peningkatan.

Seperti tahun lalu, Ciamis berada di peringkat 9 besar dari sebelumnya posisi ke 20. “Hal tersebut membuktikan ada kemajuan dalam segi MTQ. Maka dari itu tetap pertahankan prestasi tersebut, kalau bisa jadi juara umum,” pungkasnya. (Ferry/R5/HR-Online/Editor-Adi)

- Advertisment -