Sabtu, November 27, 2021
BerandaBerita TerbaruCiri Busi Motor Mati, Bisa Terjadi karena Berbagai Faktor Penyebabnya

Ciri Busi Motor Mati, Bisa Terjadi karena Berbagai Faktor Penyebabnya

Ciri busi motor mati bisa membantu Anda mengetahui kapan komponen tersebut harus diganti. Anda pernah mengalami motor tidak nyala padahal bisa distarter?

Busi motor menjadi salah satu komponen penting yang harus terjaga. Dengan masa pemakaian, tentu membuat komponen harus Anda lakukan pengecekan.

Sehingga tidak akan membuat motor bisa mengalami masalah. Ibarat manusia, bagian yang menjadi organ terpenting pada tubuh yaitu jantung. Jika komponen tersebut bermasalah atau mati, maka mengakibatkan manusia juga akan ikut mati.

Begitu juga dengan busi, jika kondisinya mati atau rusak maka bisa mengakibatkan mesin kendaraan tidak menyala. Sehingga pemakaian tersebut harus terjaga agar bisa berfungsi secara optimal.

Jika kendaraan mati dan tidak bisa Anda gunakan, maka mengakibatkan masalah baru Anda alami. Keberadaan busi memang penting sekali. Sebab komponen tersebut berkaitan erat dengan proses pembakaran BBM dalam mesin.

Komponen tersebut juga menjadi tolak ukur bagus atau tidaknya proses pembakaran. Karena alasan inilah, sebagai pemilik kendaraan Anda harus tahu ciri busi motor mati.

Biasanya komponen tersebut harus Anda ganti jika kendaraan sudah melampaui jarak 7.500 km sekali. Jika motor Anda gunakan secara normal, maka bisa hingga pemakaian 9 bulan.

Baca Juga : Komponen Chasis Sepeda Motor Mulai dari Bagian Hingga Fungsinya

Sebagai pemilik kendaraan roda dua ini, pastikan Anda melakukan perawatan semua komponen dengan tepat. Sehingga Anda bisa menggantinya sebelum timbul masalah yang berkepanjangan.

Ketahui Ciri Busi Motor Mati yang Perlu Diganti

Seperti yang sudah bisa Anda tahu jika sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi yang cukup populer dan banyak peminatnya. Selain cara menggunakannya mudah, perawatannya pun tidak membutuhkan biaya besar.

Apalagi jika Anda melakukan perawatan secara rutin. Tentu hal ini membuat komponen tetap terjaga dan perawatan tidak terlalu berlebihan. Salah satu komponen yang cukup berperan dalam kendaraan roda dua ini yaitu busi.

Busi berfungsi menghasilkan pengapian pada ruang bahan bakar. Percikan api tersebut akan melekat saat bercampur bensin dan udara.

Kemudian akan menghasilkan tenaga. Karena fungsinya yang cukup penting, sebaiknya Anda tahu terlebih dulu ciri busi minta Anda ganti dengan yang baru.

Baca Juga : Stang Motor Terasa Goyang, Cek Enam Komponen Ini!

Mesin Brebet

Salah satu ciri busi motor mati yaitu pada bagian mesin yang brebet. Jika kondisi ini Anda alami, maka akan mengakibatkan mesin motor menjadi tidak lancar.

Saat kondisi ini terjadi cobalah untuk menarik tuas gas. Jika masih terdengar sama, maka busi terbukti bermasalah. Solusi tepat yaitu segera ganti dengan yang baru. Sehingga kendaraan tetap bisa berfungsi secara maksimal.

Motor Sulit Distarter

Ada banyak ciri yang bisa Anda cermati ketika motor mengalami busi bermasalah bahkan mati. Kendaran yang sulit hidup dan tidak bisa memercikan api, Anda bisa cek bagian tersebut. Sebaiknya ganti busi agar masalah tersebut bisa teratasi.

Delayed

Gejala yang bisa muncul karena busi bermasalah yaitu tiba-tiba mesin mendadak mati. Ciri busi motor mati bisa terjadi masalah seperti ini.

Baca Juga : Penyebab Motor Tidak Dapat Digas Tinggi dari Beberapa Aspek, Apa Saja?

Namun meski tiba-tiba mati ketika jalan, saat Anda gas mesin bisa menyala lagi. Masalah inilah yang biasa disebut dengan delayed atau mesin mati sementara.

Warna Busi Gelap

Ada ciri busi motor mati yang bisa Anda tahu dengan jelas yaitu warna busi. Ketika Anda cek dan busi tampak berwarna gelap, maka saat inilah Anda perlu menggantinya dengan yang baru.

Padahal warna busi yang baru biasanya berwarna bersih. Karena proses pembakaran yang terjadi pada ruang bakar, maka mengakibatkannya kurang sempurna.

Sebab dari pembakaran tersebut menyisakan butiran halus seperti arang. Bahkan hal ini juga bisa menjadi asap mobil berwarna hitam. Bahkan kadang susah ketika hendak memanasi mesin saat kondisi kendaraan masih dingin.

Akselerasi Berkurang

Busi yang perlu Anda ganti biasanya bertanda dengan akselerasi motor kurang maksimal. Hal ini bisa menjadi salah satu ciri busi perlu segera Anda ganti. Saat Anda menarik gas, tarikan motor jadi tidak responsif seperti jika kondisinya normal.

Pentingnya busi pada sepeda motor membuat Anda perlu mengeceknya secara berkala. Seperti halnya Anda juga perlu tahu apa saja ciri busi motor mati dan kapan menggantinya. Sehingga tidak akan mengakibatkan masalah timbul. (R10/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -

Berita Terbaru