Senin, Desember 6, 2021
BerandaBerita TerbaruCiri-Ciri Orang Munafik dalam Islam Berdasarkan Al-Quran dan Hadis

Ciri-Ciri Orang Munafik dalam Islam Berdasarkan Al-Quran dan Hadis

Ciri-ciri orang munafik perlu untuk kita ketahui. Ada banyak tujuan saat kita mengetahui ciri-ciri tersebut. Salah satunya, supaya kita tidak termasuk sebagai orang yang munafik serta kita bisa terhindar pergaulan dari orang munafik.

Seperti yang sudah kita ketahui, sebenarnya munafik itu merupakan sifat yang tidak dianjurkan dalam agama Islam. Jadi, sudah tidak ada alasan lagi untuk kita melakukannya. Lalu sudah seharusnya kita menjauhi sifat buruk tersebut entah bagaimanapun caranya.

Perlu Anda ketahui juga, selain merupakan sifat yang buruk, Allah SWT juga sangat membenci munafik. Tetapi, apakah sampai sekarang ini masih ada orang yang bisa kita katakan munafik? Pernahkah Anda menemuinya atau malah diri kita sendiri ini yang munafik?

baca juga: Adab Membaca Al-Quran yang Baik dan Benar Sesuai Ajaran Islam

Inilah Ciri-Ciri Orang Munafik dalam Agama Islam

Nah, sebenarnya terdapat cara mudah yang bisa untuk kita amalkan, yakni dengan mengetahui ciri-ciri orang munafik itu seperti apa. Nantinya dengan mengetahuinya, kita akan lebih mudah dalam mengidentifikasi diri sendiri.

Apakah termasuk orang munafik atau ternyata selama ini kita berteman dengan mereka-mereka yang munafik?

Penasaran dengan ciri-ciri tersebut? Maka dari itu, simak penjelasannya berikut ini dengan baik dan benar. Namun sebelumnya, munafik itu adalah penyakit hati yang nantinya hanya akan merugikan diri kita sendiri.

Ketahuilah, sesungguhnya ciri-ciri orang munafik terdapat dalam hadis riwayat Bukhari. Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW telah bersabda bahwa orang munafik itu mempunyai tiga karakteristik.

Pertama adalah apabila berbicara, maka apa yang sudah ia katakan itu merupakan perkataan yang dusta. Apabila ia janji, hanya akan mengingkari. Lalu apabila menjadi orang kepercayaan, hanya akan berkhianat.

baca juga: Wahyu yang Diturunkan Kepada Nabi, Al-Quran Berisi Pedoman Hidup

Berkata Dusta

Dengan menjadikan hadis tersebut sebagai sumber hukum dalam menentukan ciri-ciri orang munafik, maka untuk ciri yang pertama adalah dia berkata tetapi dusta. Mungkin hal tersebut sedikit sulit untuk kita pahami. Bagaimana bisa, berkata akan tetapi dusta?

Maksudnya, seseorang yang di dalamnya terdapat penyakit hati tersebut, apa yang ia katakan sebenarnya merupakan sebuah kebohongan, meskipun ada banyak orang yang mempercayainya.

Tetapi, bukankah berdusta itu juga merupakan sifat yang tercela. Siapa yang rugi? Bukankah Anda akan mendapatkan dua kerugian secara sekaligus?

Mengingkari Janji

Berdasarkan dengan hadis tersebut, ciri-ciri orang munafik yang selanjutnya adalah dia juga suka ingkar terhadap janji-janji yang sudah ia ucapkan sendiri. Seseorang yang mempunyai kebiasaan buruk tersebut, juga tidak akan pernah dipegang perkataannya.

Padahal dalam Islam mengajarkan bahwa menepati janji hukumnya wajib. Jadi, siapapun yang sudah membuat janji, maka menepati sudah menjadi kewajibannya. Sebagaimana dalam surat An-Nahl ayat 91.

baca juga: Aplikasi Tadarus Al Quran Terbaik Untuk Meningkatkan Kualitas Diri

Khianat

Berikutnya adalah berkhianat. Alasan mengapa berkhianat menjadi ciri-ciri orang munafik adalah biasanya mereka tidak mempunyai komitmen terhadap apa yang sudah ia ucapkan sendiri.

Tidak bisa melakukan apa yang sudah ia ucapkan, bukankah itu merupakan omongan kita sendiri? Mungkin itu bisa kita anggap sebagai hal yang sepele. Omongan diri sendiri saja tidak bisa ditepati, bagaimana dengan omongan orang lain?

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa siapa yang janji tapi ingkar, berucap tetapi bohong, dan saat diberi amanah tidak malah berkhianat, sungguh sudah menunjukkan bahwa orang tersebut adalah orang munafik. Kesimpulan tersebut juga kita ambil berdasarkan dalam hadis riwayat Bukhari tadi.

Ingin Dilihat

Selain tiga poin di atas, riya sebenarnya juga menjadi ciri-ciri orang munafik. Sebagaimana dalam surat An-Nisa ayat 142 yang menjelaskan bahwasanya orang munafik itu hanya ingin menipu Allah SWT.

Padahal, justru Allah SWT yang sudah menipu mereka. Ketika mereka berdiri untuk salat, tetapi mereka melakukannya dengan malas. Sungguh mereka itu hanya bermaksud ingin mendapatkan pujian dari manusia. Mereka juga tak mengingat Allah SWT sedikitpun.

Nah, penjelasan tentang ciri-ciri orang munafik harapannya bisa membantu kita untuk menjauhkan diri dan membasmi keburukan tersebut. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -