Selasa, Juli 5, 2022
BerandaBerita BisnisCiri-Ciri Saham Blue Chip yang Perlu Anda Ketahui, Ini Penjelasannya!

Ciri-Ciri Saham Blue Chip yang Perlu Anda Ketahui, Ini Penjelasannya!

Ciri-ciri saham blue chip sangat penting untuk Anda ketahui. Sebab, saham tersebut telah menjadi incaran para investor. Bagaimana tidak, saham ini mampu memberikan keuntungan yang sangat besar, sehingga bisa menjadi pilihan Anda.

Bahkan di negara Indonesia sendiri, saham blue chip telah masuk ke dalam indeks LQ45. Tidak hanya itu, melainkan perusahaan dengan saham tersebut biasanya lebih sering untuk membagikan dividen kepada pemilik saham.

Baca Juga: Saham Blue Chip yang Masuk dalam Daftar Window Dressing 2021

Ketahui Ciri-Ciri Saham Blue Chip

Saat ini melakukan investasi saham sudah semakin populer, jadi tak heran bila ada banyak investor yang terjun ke dunia tersebut. Memang melakukan investasi saham sendiri juga berisiko sangat tinggi sehingga diperlukan pengetahuan khusus.

Akan tetapi, hal tersebut dapat kita minimalisir apabila pandai menentukan saham yang ada di Bursa Efek Indonesia. Saham-saham yang memiliki prospek bagus dari suatu perusahaan itu disebut sebagai saham blue chip.

Lalu bagaimana ciri-ciri saham blue chip? Istilah dari blue chip sendiri adalah warna biru yang sering ada di kasino maupun tempat judi. Itu artinya chip warna biru dalam perjudian itu merupakan chip yang memiliki nilai paling tinggi dan mahal.

Sementara pengertian saham blue chip yaitu istilah yang mengacu pada sebuah saham dari suatu perusahaan besar dan memiliki pendapatan stabil. Untuk memudahkan Anda ketika menentukan saham tersebut, maka kenali cirinya seperti berikut ini:

Baca Juga: Cara Menghitung Saham Preferen yang Mudah, Berikut Ini Penjelasannya

Sering Memberi Dividen

Ciri-ciri saham blue chip yang pertama adalah sering memberikan dividen kepada para investor bahkan hampir setiap tahun. Dividen merupakan pembagian laba untuk para investor atau pemegang saham berdasarkan jumlah saham.

Sehingga dengan rajin memberi dividen bisa kita jadikan sebagai salah satu kriteria atau ciri perusahaan masuk ke saham blue chip. Terlebih jika perusahaan itu selalu membagi dividen meskipun kinerja perusahaan sedang dalam kondisi tidak prima.

Tahan Banting pada Krisis

Dari label blue chip sendiri memang tak akan serta merta tertempel pada emiten saham. Akan tetapi, ada sejumlah rangkaian pembuktian yang perlu perusahaan tersebut lalui.

Seperti yang kita ketahui, saat IHSG terhantam dan anjlok sampai menyentuh poin 3000-an, maka semua emiten saham ikut terkena imbas. Namun berbeda dengan saham blue chip yang justru masih berada pada ranking teratas.

Nilai Kapitalisasi yang Besar

Ciri-ciri saham blue chip selanjutnya adalah memiliki sebuah nilai kapitalisasi yang sangat besar dan jauh lebih stabil dari waktu ke waktu. Nilai kapitalisasi sendiri merupakan nilai yang perlu seseorang bayarkan bila ia tertarik memberi hak milik dari suatu perusahaan.

Pasalnya, nilai kapitalisasi perusahaan bisa kita ketahui dengan cara menghitung semua jumlah lembar saham yang ada pada pasar modal. Sementara itu, untuk saat ini memang belum terdapat standar yang menjadi acuan guna menentukan perusahaan memiliki nilai kapitalisasi besar atau tidak.

Sebab hal ini tergantung bagaimana seseorang bisa menilai terhadap perusahaan tersebut. Mengapa nilai kapitalisasi besar bisa menjadi ciri dari saham blue chip? Sebab perusahaan yang memiliki nilai kapitalisasi besar tak mungkin digoreng oleh bandar saham.

Saham yang dimanipulasi oleh bandar saham tersebut merupakan saham-saham yang memiliki nilai kapitalisasi lebih kecil. Itulah mengapa saham blue chip ini lebih aman bagi para investor.

Baca Juga: Cara Menjadi Trader Saham Bagi Pemula, Pelajari Trik Jitu Ini!

Kondisi Finansial Lebih Stabil

Ciri-ciri saham blue chip berikutnya adalah memiliki kondisi finansial yang cukup stabil dengan laporan keuangannya. Jadi, laporan keuangan suatu perusahaan ini akan menjadi indikator terbaik.

Sementara laporan keuangan ini bisa para pengguna unduh melalui website resmi Bursa Efek Indonesia secara mudah dan bebas. Cukup dengan memasukkan kode emiten yang akan pengguna cek, kemudian tinggal pilih unduh.

Kinerja Lebih Baik dan Harga Saham Mahal

Karakteristik dari saham blue chip ini, perusahaan tersebut biasanya akan memiliki kinerja lebih baik dan track record tumbuh terus. Selain itu, perusahaan tersebut juga tidak akan mudah bangkrut walaupun negara tengah mengalami krisis ekonomi.

Karena keuntungannya memang sangat menggiurkan, maka tak heran bila harga saham blue chip jauh lebih mahal daripada saham lain. Bahkan fluktuasi saham ini juga tidak begitu tajam, sebab ciri-ciri blue chip mempunyai fundamental cukup kuat dan kinerja lebih baik. (R10/HR-Online)