Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TerbaruCiri Khas Rumah Tipe Kebaya Asal Betawi yang Penuh Filosofi Menarik

Ciri Khas Rumah Tipe Kebaya Asal Betawi yang Penuh Filosofi Menarik

Ciri khas rumah tipe kebaya dari Betawi memang tampak terlihat jelas. Sama seperti jenis rumah adat lainnya yang memiliki keunikan dari desain hingga bahan bangunan.

Seperti yang sudah banyak diketahui jika Indonesia terdiri dari berbagai suku adat yang beragam. Bahkan setiap suku memiliki beragam ciri khas yang berbeda. Mulai dari bahasa, pakaian, tradisi, makanan, rumah dan masih banyak yang lainnya.

Mungkin Anda masih merasa kurang paham dengan berbagai keunikan dari setiap suku bangsa yang ada. Salah satunya yaitu dari Betawi. Suku asli Jakarta ini memiliki rumah tradisional yang menarik.

Namun sayangnya seiring perubahan zaman kini rumah tradisional yang saat ini sudah jarang ditemui. Sebab semua sudah terganti dengan rumah modern.

Baca Juga: Dekorasi Kamar Tidur Tanpa Ranjang Hadir dengan Banyak Kelebihan

Sebenarnya ada tiga jenis rumah tradisional asal Betawi ini. Mulai dari rumah kebaya atau barang, gudang, hingga joglo. Semua memiliki definisi yang berbeda dengan keunikan masing-masing.

Begitu juga dengan ciri khas rumah tipe Kebaya. Bukan hanya memiliki bentuk yang unik. Akan tetapi, banyak ciri khas yang dimilikinya.

Sehingga bagi Anda warga negara Indonesia, ada baiknya untuk tahu keunikan apa sebenarnya rumah tradisional yang satu ini.

Mengenal Ciri Khas Rumah Tipe Kebaya Asli Jakarta

Hingga saat ini mungkin masih banyak warga Indonesia yang kurang paham dengan berbagai adat dan suku budaya di Tanah Air. Bahkan termasuk salah satu rumah adat dari Betawi yang satu ini.

Rumah kebaya menjadi salah satu yang menjadi ciri khas adat Betawi. Rumah tradisional satu ini unik dari bentuk hingga berbagai ciri khas yang ditampilkan.

Sama seperti rumah tradisional di berbagai daerah yang memiliki filosofi tersendiri. Begitu juga dengan rumah kebaya dari Betawi ini. Mungkin zaman dulu rumah kebaya didominasi oleh penduduk Betawi.

Baca Juga: Desain Lampu Ruang Tamu Minimalis, Kenali Jenisnya Sebelum Membeli

Namun kini sudah mulai tergeser dengan desain rumah modern. Dari segi bentuknya sendiri, rumah tradisional ini memiliki keunikan yang berbeda.

Jika Anda lihat dari samping rumah akan tampak seperti pelana yang terlipat. Bahkan lipatan-lipatan tersebut seperti lipatan kebaya. Selain unik, ada filosofi di balik rumah tradisional Betawi yang satu ini.

Atap Menyerupai Pelana

Ciri khas rumah tipe kebaya yang pertama seperti sudah kami bahas sebelumnya. Bagian atapnya seperti lipatan pelana. Sehingga terlihat seperti lipatan kebaya.

Itulah yang menjadi asal-usul mengapa rumah tradisional ini bernama kebaya. Bahkan kebaya juga menjadi kain tradisional Betawi. Hingga saat ini pun kain kebaya masih populer di kalangan masyarakat Betawi. Terutama saat upacara-upacara adat sedang terlaksana.

Teras Luas

Ciri khas rumah tipe kebaya yang lainnya yaitu memiliki teras luas. Teras yang ada pada rumah adat ini biasanya berfungsi untuk menjamu tamu.

Bahkan menjadi tempat untuk bersantai semua anggota keluarga. Filosofi dari teras ini melambangkan jika mereka sangat terbuka dengan tamu yang berkunjung.

Meski demikian, ada pula batasan tertentu dari berbagai hal negatif dari berdasarkan pertimbangan nilai agama. Sifat yang dimiliki oleh masyarakat Betawi yaitu pluralis dan mau menerima perbedaan.

Pangkeng

Ciri khas rumah tipe kebaya yang lainnya yaitu adanya ruangan tertentu. Untuk masyarakat Betawi terdahulu, berkumpulnya anggota keluarga tidak berada dalam rumah.

Baca Juga: Desain Kamar Mandi Tanpa Bak Air, Simpel dan Memberikan Kesan Luas

Akan tetapi, ada ruangan keluarga tersendiri yang berada di luar rumah. Ruangan inilah yang namanya pangkeng. Anda tidak akan mendapatkan pangkeng di rumah-rumah jenis lainnya.

Srondoyan

Dapur rumah tradisional Betawi yang satu ini biasa memiliki nama srondoyan. Sama seperti tata letak ruang dapur pada umumnya berada di bagian paling belakang rumah.

Pada umumnya srondoyan menjadi ruang makan, kamar mandi, hingga gudang yang berada pada satu ruangan. Jika Anda hanya sekedar tamu yang berkunjung, ada larangan untuk masuk area srondoyan.

Jika ada keperluan, tentunya Anda harus minta izin terdahulu pada pemilik rumah. Sebab biasanya hanya anggota keluarga saja yang bisa berada dalam ruangan tersebut.

Memiliki adat dan suku yang beragam menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Indonesia. Salah satu yang bisa Anda pelajari yaitu filosofi rumah adat Betawi. Pastikan Anda mengetahui ciri khas rumah tipe kebaya yang unik. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -