Selasa, November 30, 2021
BerandaBerita TerbaruCiri Planet Jupiter dan Fakta Menarik di Dalamnya

Ciri Planet Jupiter dan Fakta Menarik di Dalamnya

Ciri planet Jupiter yang paling umum kita kenal adalah memiliki ukuran terbesar daripada jenis planet lainnya di tata surya. Sama seperti planet lain, tentu ada beberapa ciri khas tertentu pada jupiter.

Jupiter merupakan planet ke-5 pada susunan tata surya matahari. Jupiter diambil dari nama sebuah mitologi kepercayaan yang berasal dari Romawi. Planet ini telah jadi objek penelitian sejak tahun ke-2 SM.

Penelitian ini dilakukan oleh seorang ahli astronomi Ptolemaeus yang berasal dari Yunani. Penelitian tersebut akhirnya melahirkan sebuah buku yang berjudul Almagest.

Ciri dan Fakta Jupiter yang Membedakannya Dengan Planet Lain

Setiap planet dalam tata surya tentu memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan antara satu planet dengan planet lainnya. Berikut ini ciri dan fakta Jupiter yang tidak ada di planet lainnya.

Baca Juga: Ciri Planet Mars, Lengkap dengan Fakta Menariknya

Merupakan Planet Terbesar di Tata Surya

Pada tata surya matahari, Jupiter merupakan planet dengan ukuran paling besar daripada planet lainnya. Volume pada planet ini berukuran sekitar 1.43×1015 km3 serta berdiameter 142.860 km.

Hal tersebut membuat planet Jupiter memiliki ukuran melebihi Bumi. Bahkan, para ilmuwan memastikan bahwa volume Jupiter memiliki ukuran diameter hingga 11 kali lipat lebih besar daripada Bumi.

Jika saja planet ini merupakan sebuah wadah, maka sebanyak 1310 planet berukuran sama seperti Bumi dapat ditampung. Meski memiliki ukuran yang cukup besar, berat planet Jupiter hanya berkisar sekitar 2.5 kali Bumi.

Terbuat Dari Gas Dalam Jumlah Besar

Ciri planet Jupiter selanjutnya terletak dari susunan pembentuknya. Jupiter memiliki sebuah inti planet yang terbentuk dari susunan unsur berat. Hanya saja, permukaan planet Jupiter terbentuk dari gas dalam jumlah besar.

Gas-gas tersebut antara lain hidrogen (H2), helium (He), amoniak (NH3), serta metana (CH4), dengan komposisi terbesar helium. Beralih ke bagian atmosfer planet, ada hidrogen, helium, serta beberapa unsur lainnya.

Baca Juga: Lubang Hitam di NGC 1850 Tertangkap Very Large Telescope

Gas ini akan terus bergerak mengelilingi planet Jupiter. Dengan adanya gas ini, para ilmuwan pun menyimpulkan bahwa tidak ada kehidupan makhluk hidup di planet Jupiter.

Terdapat Bercak Merah Besar

Ciri planet Jupiter yang satu ini merupakan ciri paling terkenal. Bercak berwarna merah di permukaan planet ini dapat kita amati dengan bantuan teleskop.

Konon, adanya bercak merah tersebut berasal dari perbedaan yang ada di aliran lapisan planet. Bercak darah ini memiliki ukuran diameter sebesar 50.000 km yang berbentuk lonjong.

Bercak berwarna merah ini akan selalu berubah ke warna merah cerah sampai dengan warna merah muda yang sangat tipis. Para ilmuwan mengungkapkan, bercak ini sebagai angin topan besar yang berputar-putar pada atmosfer planet Jupiter.

Memiliki Banyak Satelit

Jumlah satelit yang banyak jumlahnya ini merupakan ciri planet Jupiter lainnya. Sebagai perkiraan yang ada, jumlah satelit pada planet Jupiter mencapai 67 satelit alami. Namun, pada tahun 1975, jumlah satelit yang tercatat hanya sekitar 51 satelit saja.

Dari puluhan jenis satelit tersebut, terdapat 4 jenis satelit terbesar yaitu lo, Europa, Ganymede, serta Callisto. Satelit-satelit terbesar tersebut memiliki klasifikasi kelompok, yaitu reguler dan irreguler.

Struktur Dalam Planet Jupiter

Struktur dalam pada planet Jupiter ini terdiri dari berbagai inti yang padat, lapisan hidrogen metalik, sedikit helium, serta lapisan luar yang sebagian besar berupa hidrogen molekuler.

Baca Juga: Lubang Hitam Supermasif, Observasi Terbaru Para Astronom

Namun begitu, belum dapat kita simpulkan apakah inti dari planet jupiter ini benar-benar berbatu atau tidak. Wilayah planet Jupiter dikelilingi oleh hidrogen metalik padat yang memiliki persentase sekitar 78% jari-jari planet.

Orbit dan Rotasi

Ciri planet jupiter yang lainnya adalah memiliki proses orbit serta rotasi berbeda. Pusat massa planet Jupiter berada di luar matahari, yaitu berjarak 1.068 radius matahari dari pusatnya.

Jarak rata-rata planet jupiter ini dengan matahari, yaitu 778 juta km. Planet ini menyelesaikan orbitnya setiap 11,86 tahun. Waktu orbitnya cukup mengejutkan bukan?

Periode orbit pada ciri planet Jupiter adalah dua per lima periode orbit Saturnus. Lalu menghasilkan resonansi orbit 5:2 antara jenis planet terbesar di tata surya. Berbagai ciri di atas, tentu sekaligus menjadi fakta menarik planet ini. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -