Rabu, November 24, 2021
BerandaBerita TerbaruCiri Planet Mars, Lengkap dengan Fakta Menariknya

Ciri Planet Mars, Lengkap dengan Fakta Menariknya

Para ilmuwan telah mengembangkan berbagai teknologi untuk melakukan penelitian benda luar angkasa, salah satunya ciri planet Mars.

Salah satu planet yang jaraknya dekat dengan Bumi ini memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya berbeda dengan planet di tata surya lainnya. Mars mendapatkan banyak julukan oleh para ilmuwan, salah satunya yakni planet Merah dan planet Ares.

Ketahui Ciri Planet Mars yang Berbeda dengan Planet Lainnya

Mendapatkan julukan sebagai planet Merah, karena planet ini memiliki permukaan berwarna kemerahan apabila kita mengamatinya dari kejauhan. Sementara julukan planet Ares, nama tersebut diambil dari bahasa Yunani dan Romawi.

Baca Juga: Urutan Planet Tata Surya dari yang Terdekat dengan Matahari

Ares adalah dewa perang yang berarti planet ini menggambarkan sebuah perang karena memiliki warna menyerupai darah.

Banyak ilmuwan yang telah meneliti, mengamati, dan memutuskan bahwa planet ini sangat memungkinkan untuk ditempati oleh manusia suatu saat nanti.

Bagaimana tidak, bagian permukaan dan daratan di planet Mars sama seperti yang terdapat pada planet kita, Bumi. Planet ini dikenal cukup dinamis serta memiliki musim.

Ada juga lapisan es kutub, cuaca, ngarai, dan gunung berapi. Walau begitu, penelitian demi penelitian masih selalu dilakukan untuk menentukan dengan tepat, apakah nantinya planet ini memang aman ditempati oleh makhluk hidup, seperti halnya Bumi.

Selain karakteristik planet Mars tersebut, masih banyak ciri lainnya. Berikut ulasannya.

Rotasi dan Revolusi Mars

Rotasi Mars tidak terlalu berbeda dengan rotasi yang ada di Bumi. Itu sebabnya, sehari di Mars berlangsung selama 24,6 jam di Bumi. Hanya berbeda sedikit saja, dengan waktu sehari di Bumi bukan?

Baca Juga: Ciri Planet Saturnus, Satu-Satunya Planet Bercincin di Tata Surya

Sebuah penelitian juga mengungkapkan, lamanya waktu satu tahun di planet Mars adalah 687 hari Bumi. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa perbedaan waktu dalam setahun di Bumi dengan planet ini cukup jauh, yaitu sekitar dua kali lipatnya.

Struktur dan Permukaan Mars

Mars merupakan planet terestrial. Maksudnya, Mars merupakan planet yang terbentuk dari material batuan. Sama halnya dengan beberapa planet lainnya, yaitu Merkurius, Bumi, hingga Venus.

Ciri planet Mars selanjutnya yaitu ukuran diameter mencapai 6.779 kilometer, cukup besar jika dibandingkan dengan Bumi yang hanya berukuran sekitar 12.742 kilometer.

Meski memiliki perbedaan ukuran diameter, permukaan pada Mars ternyata tidak terlalu jauh dengan daratan di Bumi. Menariknya lagi, terdapat banyak gunung berapi yang kini sudah tidak lagi aktif di planet ini.

Baca Juga: Proses Terjadinya Aurora dengan Cahaya Menyala Warna-Warni di Langit

Hal tersebut mengakibatkan timbulnya banyak kawah pada planet Mars. Atmosfer pada planet ini juga sangat tipis. Sebagian besar terbuat dari karbon dioksida, nitrogen, serta gas argon.

Karena memiliki atmosfer cukup tipis, hal tersebut mengakibatkan panas dari matahari mudah keluar dari planet ini. Sehingga suhu rata-rata di planet Mars cukup dingin, mencapai 20 derajat Celcius di tempat yang berada dekat khatulistiwa.

Namun saat malam hari, suhu dapat turun sangat drastis hingga -73 derajat Celcius. Sementara suhu terendahnya, berada pada angka sekitar -153 derajat Celcius. 

Musim di Mars

Ciri planet Mars selanjutnya adalah memiliki empat musim, sama halnya musim di Bumi. Alasannya adalah karena planet ini miring terhadap porosnya.

Setiap musim pada planet Mars memiliki panjang yang berbeda-beda. Hal tersebut karena orbit eksentrik pada Mars mengelilingi matahari.

Musim semi memiliki durasi terpanjang yakni sampai dengan 7 bulan. Sementara musim panas dan gugur terjadi dalam waktu enam bulan lamanya. Sisanya adalah musim dingin yang hanya empat bulan saja.

Terbentuknya Mars

Mars terbentuk sekitar 4.5 juta tahun lalu oleh gravitasi menarik dari gas debu yang berputar-putar untuk menjadi planet keempat tata surya. Memiliki struktur yang sama seperti Bumi, planet ini terdapat inti pusat, mantel berbatu, serta kerak padat.

Ciri planet Mars lainnya adalah memiliki dua bulan yang diberi nama sebagai phobos dan deimos. Termasuk planet keempat dari sistem tata surya kita, dengan tetangga terdekat yaitu Bumi dan Jupiter.

Ciri planet Mars yang lain adalah memiliki air di dalamnya, sama seperti Bumi. Namun air di planet ini akan mudah membeku karena atmosfer terlalu tipis. Gunung berapi terbesar di planet Mars bernama Olympus Mons.

Tak hanya terbesar di planet ini saja, gunung berapi Olympus Mons juga terbesar di tata surya. Para peneliti bersepakat, ukuran dari gunung ini sekitar tiga kali lebih tinggi dari gunung Everest yang ada di Bumi. Ciri planet Mars ini sungguh mengejutkan. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -

Berita Terbaru