Rabu, November 24, 2021
BerandaBerita TerbaruCiri Planet Saturnus, Satu-Satunya Planet Bercincin di Tata Surya

Ciri Planet Saturnus, Satu-Satunya Planet Bercincin di Tata Surya

Ciri planet Saturnus yang paling mudah kita kenali adalah adanya cincin yang mengelilinginya. Saturnus sendiri adalah planet urutan keenam dari pusat tata surya Bima Sakti yaitu matahari. Planet Saturnus merupakan jenis planet terbesar kedua setelah planet Jupiter di Tata Surya kita.

Kenali Apa Saja Ciri Planet Saturnus

Selain menjadi salah satu planet terbesar di tata surya, jarak Saturnus dari Bumi juga tergolong sangat jauh. Meskipun demikian, berkat adanya cincin yang mendominasi tersebut, Saturnus dapat terlihat dari Bumi dengan bantuan teleskop.

Sebetulnya tidak cuma planet Saturnus yang mempunyai cincin, namun Jupiter, Uranus, serta Neptunus juga memilikinya (partikel es dan bebatuan). Hanya saja, cincin tersebut tidak semenarik Saturnus.

Baca Juga: Pengertian Usaha dalam Fisika, Ini Penjelasan, Rumus, dan Kaitannya

Berikut ini beberapa ciri khas dari planet Saturnus yang perlu Anda ketahui.

Karakteristik Secara Fisik

Saturnus sebenarnya adalah raksasa gas yang terdiri dari hidrogen dan helium. Mempunyai volume lebih besar daripada Bumi yakni massa 95 kali lebih berat dari Bumi.

Atmosfer planet ini cenderung berwarna kuning emas mengindikasikan cepatnya laju angin di atmosfer itu sendiri yaitu kisaran 1.800 km per jam.

Ekuator planet cincin ini nampak bengkak serta kutub yang mendatar. Kondisi seperti ini diakibatkan karena tingginya kecepatan putaran planet. Ciri planet Saturnus ini pun cenderung berbentuk lonjong.

Hal ini karena kecepatan rotasi yang sangat cepat dan kuat menjadikan area khatulistiwa menggembung. Sebaliknya untuk area kutub justru semakin gepeng.

Hal menarik soal ciri planet Saturnus adalah adanya awan berbentuk hexagonal di kutub utaranya. Para ilmuwan berpendapat awan ini terbentuk karena pola aliran suatu gelombang yang tetap di atmosfer.

Cincin Planet Saturnus

Orang pertama yang mengetahui keberadaan cincin Saturnus adalah Galileo Galilei berbekal teleskopnya pada tahun 1610. Setelah itu, 45 tahun kemudian, pada tahun 1655, Christian Huygens yakni astronom Belanda mempunyai tele lebih canggih mengemukakan bahwa cincin planet ini datar dan tipis.

Baca Juga: Urutan Planet Tata Surya dari yang Terdekat dengan Matahari

Cincin Saturnus sendiri merupakan kumpulan partikel gumpalan es dan bebatuan. Meski terlihat seperti debu jika kita amati dari Bumi, namun serpihan terbesar dari batuan es tersebut berukuran sebesar rumah.

Memiliki Cincin di Dalam Cincin

Tidak hanya sebuah cincin, namun ciri planet Saturnus ini juga dikelilingi oleh beberapa cincin dengan lebar beragam. Ribuan cincin kecil ini terletak di sekeliling Saturnus. Lalu bersinggungan satu sama lain akibat tarikan gravitasi antar dua bulan, yaitu Pandora dan Prometheus.

Kandungan Atmosfer Saturnus

Bagian terluar atmosfer dari planet ini memiliki kandungan hidrogen 96,7%, 3% helium, metana sebanyak 0,2%, dan kadar amonia sebanyak 0,02%. Lalu memiliki kandungan asetilena, fosfin, dan etana dengan jumlah sedikit.

Satelit alami dari planet Saturnus ini juga tergolong banyak, kurang lebih sebanyak 59 satelit yang mengelilinginya. Dari 59 satelit tersebut, beberapa memiliki ukuran besar. Sebut saja Titan, Dione, Rhea, Iapetus, Enceladus, Mimas, dan Tethys.

Ukuran Saturnus

Ukuran planet Saturnus sekitar sepuluh kali lipat lebih besar dari ukuran Bumi. Sedangkan jarak Saturnus dari matahari adalah 1.428.000.000 km.

Waktu Rotasi Saturnus

Seperti halnya planet-planet yang lain, Saturnus juga memiliki waktu rotasi. Waktu bagi Saturnus untuk melakukan sekali rotasi kurang lebih 10,7 jam.

Sedangkan untuk waktu revolusi atau mengelilingi matahari, Saturnus memerlukan waktu 29,5 tahun per sekali putaran.

Inti Planet Saturnus

Salah satu ciri planet Saturnus yang membedakannya dengan planet lain di Tata Surya kita adalah inti pada planet ini cukup besar. Dengan ukuran yang besar itu, Saturnus mempunyai ini planet sangat panas.

Para peneliti menyebutkan, suhu inti planet berkisar pada angka sekitar 14.730 derajat Celcius. Jika kita bandingkan dengan jumlah inti yang berasal dari matahari, inti planet Saturnus terasa jauh lebih panas.

Baca Juga: Ledakan Bintang di Mataram, Fenomena Langka Spektakuler

Oleh karena planet Saturnus memiliki ukuran yang sangat besar, itu sebabnya ukuran inti di planet ini juga sama besarnya. Ukuran inti planet ini sama seperti ukuran Bumi.

Berat planet ini sekitar 9 sampai 22 kali dari massa inti Bumi. Pada bagian atas inti planet Saturnus, terdapat beberapa bagian yang jauh lebih tipis.

Bagian ini merupakan sebuah hidrogen metalik. Di atas hidrogen metalik inilah, daerah liquid hidrogen serta helium berada. Ciri planet Saturnus ini menarik bukan? (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -

Berita Terbaru