Kamis, November 25, 2021
BerandaBerita TerbaruColokan Charger Bengkok, Apa Penyebab dan Cara Mengatasinya?

Colokan Charger Bengkok, Apa Penyebab dan Cara Mengatasinya?

Colokan charger bengkok sangat mungkin terjadi dan menjadi salah satu permasalahan yang cukup banyak dialami oleh para pengguna ponsel.

Sebenarnya, penyebab charger HP yang mudah mengalami kerusakan pada umumnya terjadi karena kebiasaan salah dari para pengguna.

Masalah ini dapat terjadi apabila Anda sudah terlalu sering mencolokkan serta mencabut charger dari port microUSB tersebut. Jika masalah ini dibiarkan begitu saja, maka dapat menghambat pengisian daya pada baterai ponsel yang Anda gunakan.

Baca Juga: Kepala Charger HP Berbunyi, ini Solusi yang Tepat Sesuai Penyebabnya

Masalah Colokan Charger Bengkok

Charger HP adalah salah satu piranti yang sangat rentan terhadap kerusakan. Para pengguna HP tentu pernah mengalami masalah pada saat mencharger ponsel yang mereka gunakan.

Dengan adanya masalah yang ada, cara paling banyak ditempuh oleh para pengguna untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membeli charger baru.

Faktanya, jika para pengguna mengetahui tips dan triknya, mereka dapat memperbaiki kerusakan yang terjadi pada charger ponsel dengan mudah tanpa harus membeli perangkat charger baru.

Masalah yang terjadi pada sebuah charger cukup beragam. Mulai dari pengisian yang terlalu lambat atau cepat hingga kepala charger bengkok. Penyebab terjadinya masalah tersebut pun banyak.

Colokan charger atau konektor charger memiliki peranan penting pada perangkat satu ini. Konektor serta port charger adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Baca Juga: Memilih Kabel Charger yang Bagus untuk HP, Simak Tips Terbaiknya!

Penyebab dan Solusi Colokan Charger Bengkok

Pada umumnya semua jenis dan merek HP mempunyai port charger pada perangkat mereka. Port charger mempunyai fungsi utama sebagai media pengisian ulang daya baterai serta sebagai media untuk transfer dari HP ke laptop atau sebaliknya.

Namun port charger tidak dapat berfungsi tanpa adanya konektor charger. Konektor charger merupakan media penghubung antar HP dengan perangkat lainnya.

Salah satunya adalah adaptor charger. Adaptor charger memiliki fungsi untuk memberikan aliran listrik sehingga ponsel dapat charge.

Setelah memperoleh aliran listrik asal adaptor charger yang sudah tercolok stop kontak, maka selanjutnya konektor atau colokan charger dapat menjalankan fungsi sebagai pengalir listriknya dari adaptor menuju baterai HP. Kehadiran konektor atau colokan charger sangat berguna sekali untuk tahapan transfer daya ini.

Namun, konektor atau colokan charger ini juga bisa mengalami masalah, salah satunya adalah mengalami bengkok. Hal ini tentunya dapat menghambat proses transfer daya ke baterai ponsel.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa masalah ini dapat terjadi karena penggunaan charger yang sembarangan. Para pengguna sering mencolok dan mencabut charge dalam satu waktu yang sama.

Penyebab lain dari masalah ini adalah kemungkinan ponsel pernah jatuh dalam keadaan masih tersambung dengan kabel charger.

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengembalikan bentuk konektor atau colokan charger yang bengkok ke posisi semula. Jika ini tetap tidak mengatasi masalah, Anda dapat membawa charger Anda ke kios servis untuk memperbaiki bagian yang rusak.

Baca Juga: Jangan Menggunakan Charger Palsu! Risiko HP Rusak Hingga Meledak

Masalah yang Sering Terjadi pada Colokan Charger

Selain masalah colokan charger bengkok, terdapat masalah lain yang sering menimpa komponen ini. Ciri-ciri konektor bermasalah adalah tidak dapat mengisi daya sama sekali pada perangkat HP.

Bahkan pada saat kabel charger telah terpasang tidak terdapat tanda pengisian daya pada layar HP. Ciri lain yang dapat kita tandai adalah charger mudah lepas dari HP pada saat tersenggol.

Salah satu masalah yang dapat terjadi pada konektor/colokan yaitu mudah lepas atau longgar. Cara mengatasi konektor HP yang longgar atau rusak adalah dengan memposisikan port charger bengkok atau miring.

Hal ini perlu Anda lakukan apabila HP pernah terjatuh saat pengisian daya berlangsung.

Ini dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan penjepit kertas, kemudian luruskan penjepit tersebut. Cari lubang bulat pada bagian samping konektor charger Anda, lalu masukkan clip kertas tersebut.

Miringkan ke kiri atau ke kanan, atas, dan bawah untuk memposisikan konektor HP. Selanjutnya pastikan port charger berada tepat di tengah serta tidak miring. Selanjutnya Anda dapat mencabut klip kertas dan coba isi ulang daya baterai ponsel Anda.

Masalah konektor atau colokan charger yang bengkok jika Anda biarkan justru akan menghambat proses pengisian baterai pada ponsel. Jika Anda masih merasa ragu untuk mengatasi masalah ini sendiri, maka sebaiknya Anda serahkan pada jasa servis kepercayaan Anda. (R10/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru