Selasa, Januari 25, 2022
BerandaBerita TerbaruContoh Daun Menyirip pada Tumbuhan dan Kehidupan Manusia

Contoh Daun Menyirip pada Tumbuhan dan Kehidupan Manusia

Contoh daun menyirip merupakan salah satu hal yang sangat penting pada tumbuhan. Pelajaran mengenai macam-macam daun ini, pertama kali kita akan menjumpainya saat duduk di bangku SD. Lebih tepatnya adalah pada pelajaran ilmu pengetahuan alam.

Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita juga tidak bisa terlepas akan apa saja peranan tumbuhan untuk kehidupan. Sebab, tumbuhan bisa kita katakan sebagai sumber oksigen.

Sedangkan daun sendiri merupakan salah satu bagian tumbuhan yang mempunyai peranan penting. Hal yang demikian ini karena daun ialah organisme autotrof obligat.

Artinya adalah suatu tumbuhan harus memasok keperluan energinya sendiri guna melalui konversi energinya cahaya matahari untuk menjadi energi kimia.

Daun yang menjadi salah satu bagian tumbuhan ini mempunyai bentuk bermacam-macam. Tahukah Anda apa saja bentuk-bentuk dari daun tersebut?

Baca Juga: Fungsi Jaringan Spons Tumbuhan Bagian Daun, Berikut Ini Penjelasannya

Ketahui Apa Saja Contoh Daun Menyirip pada Tumbuhan

Untuk volume daun ada yang tebal dan tipis. Daun sempurna biasanya juga mempunyai tiga bagian. Ada tangkai, pelepah, serta helai daun.

Seperti penjelasan pada bagian sebelumnya yang mengatakan bahwa bentuk daun terdiri dari beberapa macam. Pertama ada daun menjari, dari namanya saja kita bisa menyimpulkan bahwa sudah pasti daun ini berbentuk seperti jari kita.

Kedua adalah daun sejajar, merupakan daun yang bentuk tulangnya bergaris-garis sejajar. Ada juga daun melengkung dan daun menyirip.

Nah, pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas tentang contoh daun menyirip pada tumbuhan apa saja. Seperti apa dan bagaimana ciri-cirinya.

Perlu Anda ketahui bahwasannya contoh daun menyirip merupakan daun yang mempunyai tulang tersusun seperti halnya sirip ikan. Bentuk daun ini juga hanya mempunyai satu ibu tulang yang memanjang dari pangkal sampai ujung.

Sehingga, dari ibu tulang tersebutlah akan keluar anak-anak tulang daun yang tersusun rapi seperti sirip ikan. Biasanya, kita akan menemukan contoh daun menyirip ini pada tumbuhan dikotil.

Baca Juga: Perbedaan Klorofil dan Kloroplas pada Tanaman yang Perlu Diketahui

Daun Mangga

Untuk contoh daun menyirip yang pertama adalah daun mangga. Tumbuhan ini termasuk sebagai tumbuhan dikotil, bijinya membelah saat sedang mengalami perkecambahan. Tanaman ini mempunyai daun yang menyirip.

Melinjo

Selanjutnya ada daun melinjo. Mungkin melinjo adalah salah satu tumbuhan biji tertutup atau angiospermae. Kendati demikian, tumbuhan ini juga termasuk sebagai dikotil.

Baca Juga: Jenis Tulang Daun pada Tumbuhan dan Fungsi dari Daun

Faktanya, tumbuhan ini mempunyai tulang daun menyirip. Apabila Anda tidak percaya, silakan Anda lakukan pengamatan sendiri guna membuktikan pernyataan ini.

Pastinya tidak hanya itu saja, bahkan dalam masak-memasak terkadang kita juga menggunakan daun menyirip. Hal ini bisa kita buktikan dengan penggunaan daun salam ketika memasak.

Ada juga daun mahoni, daun jambu biji, rambutan, kenanga, kakao, beringin, dan yang lainnya. Cukup mudah jika kita ingin mengetahui apa saja contoh daun menyirip dalam kehidupan sehari-hari. (R10/HR-Online)

- Advertisment -