Selasa, Desember 7, 2021
BerandaBerita TerbaruContoh Soal Tes Psikotes yang Wajib Anda Ketahui!

Contoh Soal Tes Psikotes yang Wajib Anda Ketahui!

Contoh soal tes psikotes sebaiknya Anda ketahui. Sebab, tes psikotes ini banyak kita jumpai dalam beberapa proses lamaran pekerjaan. Tes yang satu ini terlihat mudah untuk dijawab, akan tetapi ternyata tidak sedikit yang mengalami kegagalan dalam menjalani ujian tersebut.

Tujuan memahaminya agar bisa menjawab dengan mudah. Bahkan diharapkan mendapatkan nilai terbaik sesuai dengan target.

Baca Juga: Aplikasi Pencari Kerja Terbaik, Melamar Pekerjaan Secara Online

Contoh dari 7 Bentuk Soal Tes Psikotes, Berikut Penjelasannya

Tes psikotes biasanya menjadi salah satu tahapan dalam seleksi kerja. Banyak perusahaan yang menggunakan salah satu jenis tes ini, baik itu perusahaan besar maupun skala masih dalam tahapan merintis.

Psikotes merupakan serangkaian tes tertulis, baik secara verbal maupun visual. Melalui tes psikotes, perusahaan bisa menetapkan standar dan target yang mereka butuhkan dalam merekrut karyawan berdasarkan kebutuhan.

Berikut ini kami beri ulasan mengenai contoh dari 7 bentuk soal tes psikotes:

1. Bentuk Wartegg

Bentuk tes psikotes Wartegg berasal dari Ehrig Wartegg, Jerman. Tes ini membahas mengenai karakter dari setiap orang yang dites.

Biasanya bentuk tes tampak seperti teka-teki. Terdiri dari bermacam-macam pola dalam delapan kotak.

Jika akan menjawabnya, sebaiknya memulai dari sebuah titik terlebih dahulu. Dengan demikian, akan membentuk lengkungan atau satu garis.

Kelebihan dari tes ini dapat membaca karakter seseorang, meliputi proses adaptasi, kecerdasan, dan yang lainnya

2. Bentuk Verbal

Bentuk tes psikotes Verbal ini terdiri dari sinonim (persamaan) atau antonim (lawan kata) di dalamnya. Anda wajib mengamati sebuah masalah dan akibatnya.

Sebagai contoh soal tes psikotes bentuk verbal yaitu, “Mobil-Bensin = Atlet-…” untuk pilihan jawabannya “Makanan, Sepatu, Olahraga, Lari”.

Jawaban yang tepat adalah “Makanan”. Karena merupakan sumber energi untuk atlet, sama halnya dengan “Bensin” sebagai bahan untuk menghidupkan mobil.

Untuk jenis tes ini, Anda harus pandai dalam memainkan logika. Fungsi dari soal psikotes ini untuk mengetahui skill Anda dalam menghadapi persoalan. Pastikan Anda mempunyai daya konsentrasi penuh saat mengerjakan tes ini.

Baca Juga: BAMBA Mandiri Unigal Ciamis TA 2021-2022 Digelar Secara Virtual

3. Logika Penalaran atau Deret Gambar

Tes psikotes selanjutnya adalah contoh soal berupa gambar dengan model perputaran garis di dalamnya. Untuk dapat menjawabnya membutuhkan konsentrasi tinggi.

Sebab, penjawab harus memperhatikan gerak setiap polanya. Dengan begitu, baru bisa menjawab bagian selanjutnya.

4. Logika Aritmatika

Contoh soal tes psikotes berikutnya dalam bentuk logika aritmatika. Anda akan berhadapan dengan rumus tertentu, biasanya tes seperti ini untuk melamar pekerjaan di bidang Analisis, Engineering, dan Finance,

Soal biasanya menggunakan pola dan cara menjawabnya dengan memakai logika. Misalnya saja dalam contoh soal berikut, “20, 25, 30, …” maka jawabannya adalah 35, karena rumus yang digunakan adalah dengan menambahkan 5.

5. Bentuk Koran atau Kraeplin

Tes psikotes Koran atau Kraepelin tergolong paling mudah untuk dikerjakan. Pasalnya, Anda hanya perlu menjumlahkan susunan angka secara vertikal.

Meskipun terbilang mudah, akan tetapi angka yang terdapat dalam soal tes ini sangat banyak.

Jadi,  Anda harus menjumlahkan semua angka tersebut yang mempunyai jumlah kurang lebih 30.

Bayangkan saja apabila angka tersebut harus Anda tulis secara vertikal pada sebuah kertas besar, tentu saja memerlukan konsentrasi tinggi dalam menjumlahkannya.

6. Bentuk EPPS Edward Personal Preference Schedule

Tes psikotes ini mewajibkan pesertanya menjawab berbagai pertanyaan aktivitas sehari-hari yang memiliki banyak pengulangan.

Tes EPPS ini akan menilai kepribadian Anda yang disimpulkan dari segi konsisten dalam menjawab pertanyaan tersebut. Jadi, pastikan bahwa Anda selalu memiliki jawaban yang sama dari beberapa pertanyaan simpel tersebut.

Baca Juga: Ingin Sukses Membangun Karier dalam Pekerjaan? Jauhi 5 Pantangan Ini!

7. Menggambar Sebuah Pohon Ataupun Orang

Contoh soal tes psikotes yang terakhir adalah perintah untuk menggambar manusia ataupun pohon dengan bebas pada sebuah kertas.

Nilainya tidak dilihat dari segi keindahan. Namun dari segi aspek seperti pohon hendaknya mempunyai akar, bunga, buah, hingga ranting.

Sementara itu, manusia harus mempunyai bentuk wajah normal dan lengkap anggota tubuhnya.

Contoh soal tes psikotes di atas adalah menurut versi https://loop.co.id/. Soal-soal tersebut sering muncul ketika Anda memasuki tahapan lamaran pekerjaan sebuah perusahaan.

Jika Anda memperhatikan secara seksama penjelasan berbagai contoh soal di atas beserta cara menjawabnya, maka dalam menghadapi tes psikotes saat melamar pekerjaan akan lebih siap. (R10/HR-Online)

- Advertisment -