Sabtu, Desember 4, 2021
BerandaBerita TerbaruContoh Tulang Pendek dalam Anatomi Manusia dan Pembelajaran

Contoh Tulang Pendek dalam Anatomi Manusia dan Pembelajaran

Contoh tulang pendek menjadi pembahasan yang penting dalam anatomi manusia. Jika dalam kehidupan manusia, kerangka atau tulang mempunyai fungsi untuk menopang vertebrata tubuh.

Sehingga jika dalam tubuh kita itu tidak terdapat tulang, kita tidak akan bisa bergerak atau menggerakkan tubuh. Pembentukan tulang sudah ada sejak berada dalam kandungan. Hal tersebut juga terus berlangsung sampai pada dekade kedua yang terdapat dalam susunan teratur.

Pengertian dari tulang itu sendiri adalah jaringan kuat, tangguh, dan memberi bentuk pada tubuh. Selain untuk menggerakkan tubuh kita, fungsi tulang juga beragam.

Baca Juga: Contoh Tulang Pipih Pada Manusia Lengkap dengan Penjelasannya

Inilah Contoh Tulang Pendek dalam Tubuh Manusia

Sebelum kita lanjut ke pembahasan mengenai contoh dari tulang pendek itu sendiri, alangkah lebih baiknya jika kita ketahui terlebih dahulu apa maknanya.

Apakah memang tulangnya pendek atau bagaimana? Karena, bukan tidak mungkin apabila sebagian dari kita masih belum mengetahui keberadaan tulang pendek tersebut dalam tubuh.

Perlu Anda ketahui, tulang pendek merupakan salah satu jenis tulang yang letaknya berada di dalam tubuh manusia. Ciri khas dari tulang ini adalah mempunyai bentuk yang mirip dengan kubus, pendek, tidak beraturan, dan bulat.

Tulang ini sendiri juga termasuk dalam pembagian jenis tulang berdasarkan pada bentuknya. Dalam konteks ini selain terdapat tulang pendek, ada juga tulang pipih dan tulang pipa.

Baca Juga: Contoh Tulang Sesamoid dan Penyakit Sesamoiditis yang Menyerang

Fungsi Tulang

Setelah mengetahui tentang pengertian dari tulang pendek tersebut, untuk membedakan mana yang termasuk contoh tulang pendek, tulang pipa, serta tulang pipih, maka kita juga harus tahu apa saja fungsinya.

Fungsi tulang pendek ialah untuk menahan suatu guncangan yang sifatnya keras juga meredam. Selain itu, juga untuk mengatur gerakan secara bebas serta membentuk suatu bagian dari kerangka apendikular.

Tak cukup itu saja, tulang ini juga mempunyai fungsi untuk menciptakan titik, menyimpan berbagai mineral, fosfor, kalsium, serta mendukung gerakan yang terjadi dalam tubuh manusia.

Baca Juga: Karakteristik Tulang Pipa, Definisi, Hingga Struktur dan Jenis-Jenisnya

Bukan hanya fungsinya saja, melainkan kita juga harus mengetahui bagaimana karakteristik dari tulang pendek sehingga bisa mendapatkan contoh yang benar.

Seperti penjelasan bagian sebelumnya yang mengatakan bahwa bentuk dari tulang ini bulat, ukurannya pendek, dan seperti kubus. Dalam tulang ini juga mengandung spons. Biasanya juga terdiri dari jaringan tulang.

Sedangkan untuk contoh tulang pendek ini akan kita temukan pada pangkal kaki, pangkal lengan, ruas-ruas tulang belakang, telapak kanan, serta tempurung lutut.

Selain itu, sifat dari contoh tulang pendek adalah ringan, tetapi kuat. Jadi, mendukung bagian tubuh lainnya, misalnya pergelangan tangan. (R10/HR-Online)

- Advertisment -