Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita PangandaranCurug Luhur Langkaplancar, Wisata Alam Menakjubkan di Pangandaran

Curug Luhur Langkaplancar, Wisata Alam Menakjubkan di Pangandaran

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Curug Luhur yang berada di Desa Cimanggu, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat memiliki keindahan alam yang menakjubkan.

Kecamatan Langkaplancar memang merupakan daerah yang berada di pegunungan dan perbukitan di wilayah Kabupaten Pangandaran.Tak heran jika wilayah Langkaplancar banyak dilewati aliran sungai, termasuk juga terdapat beberapa curug atau air terjun yang indah dan menakjubkan.

Salah satunya adalah Curug Luhur, keindahan alamnya tidak diragukan lagi. Air terjun yang didukung dengan udara yang sejuk, serta pepohonan yang rindang dan suasana alam yang masih sangat alami. Kombinasi tersebut membuat siapa saja betah berlama-lama di sini.

Baca Juga: Bunga Bangkai Mekar Ditemukan di Halaman Rumah Warga Pangandaran

Kepala Desa Cimanggu Dede Ependi mengatakan, Curug Luhur berada di Dusun Cimanggu, Desa Cimanggu. Jaraknya sekitar 5 kilometer dari kantor desa dan bisa ditempuh sekitar 15 sampai 20 menit.

“Sebelum jalannya diperbaiki pengunjung sedikit kesulitan untuk mengakses curug tersebut. Namun karena sekarang akses jalannya sudah memadai maka dengan mudah pengunjung bisa mengakses lokasi curug itu,” katanya, Jumat (12/11/2021).

Dede mengakui Curug Luhur merupakan potensi untuk menambah Pendapatan Desa (PADes). Karena keindahannya curug ini sudah didatangi banyak orang. Bahkan foto-fotonya banyak tersebar di media sosial.

“Meski saat ini sudah banyak orang yang mengunjungi curug tersebut, namun sebenarnya masih banyak yang perlu kita tata, tentunya agar terlihat lebih asri,” katanya.

Lanjut Dede, jika fasilitasnya sudah memadai, bukan tidak mungkin wisata alam Curug Luhur ini menjadi wisata favorit di Langkaplancar bahkan di Pangandaran.

“Dengan begitu maka tentu akan menambah pendapatan buat desa, serta masyarakat sekitar ekonominya akan terangkat. Semoga saja kita bisa segera membenahi dan membangun fasilitas pendukung di lokasi Curug Luhur,” katanya. (Enceng/R7/HR-Online/Editor-Ndu)