Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruDampak Negatif Sinar Matahari, Bisa Sebabkan Penyakit Ini!

Dampak Negatif Sinar Matahari, Bisa Sebabkan Penyakit Ini!

Dampak negatif sinar matahari ternyata perlu kita waspadai. Bahkan ada beberapa jenis penyakit yang bisa terjadi akibat terkena paparan sinar matahari secara langsung. Karena itu, hindari atau lindungi tubuh kita dari paparan radiasinya.

Banyak dalam hidup ini yang paradoks. Pada satu sisi memberikan manfaat, namun pada sisi lain ternyata malah memberikan masalah dan bahaya.

Hal yang sama juga terjadi dengan adanya sinar matahari. Pada satu sisi cahaya dari matahari memang sangat berguna untuk kehidupan manusi.

Selain untuk mendukung pertumbuhan tanaman dan makhluk hidup, cahaya matahari, khususnya saat pagi, juga berguna untuk kesehatan tubuh.

Namun dari matahari juga terdapat bahaya untuk kesehatan. Ada beberapa kriteria khusus yang menyebabkan adanya bahaya dari sinar matahari bagi manusia.

Berdasarkan sejumlah penelitian, sinar matahari yang berbahaya adalah sinar matahari pada siang hari. Terlebih jika kita terkena paparannya secara langsung tanpa adanya pelindung tubuh.

Sementara sinar matahari pagi hari justru sangat baik untuk kesehatan. Hal ini karena mengandung vitamin D yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang.

Baca Juga : Dampak Jika Matahari Mati untuk Bumi dan Kehidupannya di Masa Depan

Berbagai Dampak Negatif Sinar Matahari

Nah, berbicara mengenai dampak negatif sinar matahari bagi manusia, berikut ini ada beberapa bahaya akibat paparan sinar matahari yang sebaiknya kita ketahui.

Jika kita telah mengetahui akan hal itu, maka kita bisa lebih berhati-hati dalam beraktivitas sehari-hari. Khususnya yang berada di luar ruangan atau terkena sinar matahari tersebut.

Bahaya Terhadap Kulit

Bahaya yang pertama adalah bahaya terhadap kesehatan kulit. Banyak yang menyatakan bahwa paparan sinar matahari langsung pada siang hari.

Hal itu tidak baik untuk kesehatan kulit. Bahkan dalam level yang lanjut, ini bisa menyebabkan kerusakan kulit yang cukup parah.

Ada hal mendasar yang mungkin hanya sekedar kulit kering. Namun bahaya lebih lanjut bisa menyebabkan masalah yang lebih berbahaya.

Seperti kanker kulit dan lainnya. Maka dari itu, sebaiknya kita bisa menjaga kulit kita dari paparan matahari langsung.

Baca Juga : Matahari Terbit Lebih Awal Beberapa Hari Kedepan di Daerah Tertentu

Bahaya Pada Rambut

Dampak negatif sinar matahari selanjutnya yang bisa terjadi pada manusia adalah bahaya pada rambut.

Bagi rambut yang sering terkena paparan sinar matahari secara langsung biasanya akan kering dan terkadang juga mudah patah.

Tak salah jika memang ada banyak yang mengalaminya. Karena itu, sebaiknya kita memperhatikan perawatan pada rambut tersebut.

Perawatan rambut agar tidak berbahaya akibat sinar matahari memang ada beragam, dan kita bisa pilih sesuai dengan keinginan dan yang paling penting adalah cocok dengan kondisi rambut kita.

Bahaya Pada Mata

Dampak negatif sinar matahari lain yang juga mengancam manusia adalah bahaya pada mata. Karena, mata yang terpapar langsung dengan sinar matahari siang hari akan sangat rentan untuk mengalami masalah.

Baca Juga : Manfaat Matahari Bagi Kehidupan Makhluk Hidup Sehari-hari di Bumi

Bahkan jika memandang matahari dalam waktu lama tanpa bantuan kacamata, itu bisa memungkinkan siapa saja mengalami kebutaan.

Masalah ringannya adalah berbagai problem pada hal pandangan baik jauh dan dekat. Sehingga melihat terasa menjadi buram dan tidak jelas, meski dalam jarak yang tidak jauh karena kerusakan kornea mata.

Bahaya Pada Tubuh Secara Keseluruhan

Selanjutnya, ada juga bahaya dan dampak negatif sinar matahari terhadap tubuh secara keseluruhan.

Terlalu sering dan lama terkena paparan sinar matahari bisa menyebabkan tubuh menjadi panas dan kemudian mengeluarkan banyak keringat.

Jika terlalu banyak mengeluarkan keringat, maka yang terjadi adalah dehidrasi. Hal itu tentunya bisa berdampak buruk pada masalah lain, seperti kurang fokus dan tidak konsentrasi dalam melakukan berbagai aktivitas kegiatan sehari-hari.

Bahkan dehidrasi yang terjadi dalam jangka lama bisa menyebabkan kita menjadi pelupa meski usia belum tua.

Sinar matahari jika bijak menggunakannya, maka akan ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Akan tetapi jika kita tidak bijak atau tidak tahu cara memanfaatkannya bisa memberikan beragam masalah buruk yang lebih serius.

Jika kita tidak ingin hal itu terjadi, maka sebaiknya kita paham akan beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi atau mencegah berbagai risiko bahaya cahaya matahari itu.

Beberapa yang bisa kita lakukan antara lain berjemur hanya pada pagi hari. Saat siang hari tiba dengan sinar matahari yang mulai panas, sebaiknya kita tidak keluar rumah atau kantor.

Jika terpaksa harus melakukannya, pastikan menggunakan pakaian panjang dan pelindung kepala dan kulit tubuh agar terhindar dari dampak negatif sinar matahari bagi manusia. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -