Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TerbaruDampak Perubahan Iklim Terhadap Kesehatan Tubuh, Waspadai!

Dampak Perubahan Iklim Terhadap Kesehatan Tubuh, Waspadai!

Dampak perubahan iklim terhadap kesehatan ternyata tak bisa kita anggap sepele. Mengenal efek kondisi ini terhadap tubuh perlu mendorong kita untuk meningkatkan imunitas secara optimal. Termasuk menjaga anak-anak dan keluarga.

Perubahan cuaca memang merupakan suatu kondisi alam yang selalu terjadi dari waktu ke waktu. Kondisi ini terjadi akibat berbagai macam faktor. Seperti misalnya perubahan posisi matahari, angin, suhu, dan beberapa faktor lainnya.

Pada saat perubahan cuaca inilah biasanya akan mengakibatkan beberapa penyakit pada sebagian besar orang.

Berbagai jenis penyakit yang biasa timbul karena perubahan cuaca ini antara lain adalah flu dan gangguan pernapasan.

Indonesia yang memiliki iklim tropis biasanya perubahan cuaca terjadi sebanyak dua kali dalam setahun. Masing-masing berupa perubahan cuaca dari musim penghujan ke musim kemarau pada sekitar bulan April.

Sedangkan pada bulan Oktober akan terjadi perubahan cuaca dari musim kemarau ke musim penghujan.

Apabila terjadi perubahan cuaca maka Anda sebaiknya mewaspadai kondisi tersebut. Kondisi ini tentunya akan membawa dampak negatif pada tubuh Anda.

Baca Juga : Dampak Perubahan Iklim, Bumi Semakin Redup, Begini Menurut Ilmuwan!

Dampak Perubahan Cuaca Pada Kesehatan Tubuh

Berbagai bentuk gangguan kesehatan pada tubuh tersebut biasanya terjadi karena tubuh merasa kaget dan belum mampu beradaptasi dengan perubahan yang sedang terjadi.

Apalagi jika imunitas tidak terjaga dan sedang menurun. Oleh karena itulah terjadi beberapa gangguan kesehatan yang sebaiknya kita waspadai.

Nah, berikut ini berbagai dampak perubahan iklim terhadap kesehatan tubuh yang perlu kita waspadai. Apalagi gangguan ini bisa kita cegah.

Memperburuk Alergi

Salah satu dampak perubahan cuaca pada kesehatan tubuh yakni memperburuk alergi. Kondisi ini juga penting untuk menjadi perhatian, khususnya jika kita memiliki anggota keluarga yang rentan atau menderita alergi.

Bagi sebagian orang, perubahan cuaca terutama jika memasuki musim penghujan akan bisa menyebabkan alergi semakin bertambah parah.

Baca Juga : Menengok Kampung Iklim di Kota Banjar

Hal ini biasanya terjadi pada orang yang memiliki alergi terhadap serbuk sari. Sehingga ketika hembusan angin membawa serbuk tersebut dan terhirup, maka akan membuat partikel alergen menjadi tersebar luas.

Gangguan Tidur

Dampak perubahan iklim terhadap kesehatan lainnya adalah gangguan pada tidur. Perubahan cuaca secara tidak langsung akan mempengaruhi tubuh Anda. Kondisi ini umumnya terjadi pada awal perubahan cuaca.

Hal tersebut membuat tubuh Anda perlu beradaptasi terlebih dahulu untuk bisa menyesuaikan dengan perubahan cuaca tersebut.

Sehingga dalam kondisi inilah maka biasanya seseorang akan mengalami gangguan sulit untuk tidur.

Mudah Sakit

Perubahan cuaca atau iklim ternyata juga akan membuat kesehatan tubuh kita menurun. Bahkan tubuh akan menjadi menurun imunitasnya sehingga akan mudah terserang penyakit.

Baca Juga : Krisis Iklim di Indonesia, Save The Children Soroti Dampak Mengerikan Pada Anak-anak

Hal ini karena pada saat terjadi perubahan cuaca biasanya sistem kekebalan tubuh Anda menjadi menurun.

Jika sistem kekebalan tubuh menurun tentu saja akan membuat Anda sangat mudah untuk terserang penyakit. Pada umumnya jenis penyakit yang sering menyerang dan terjadi adalah flu dan radang tenggorokan.

Depresi

Dampak perubahan iklim terhadap kesehatan selanjutnya adalah depresi. Gangguan ini termasuk sering terjadi dan hal ini umumnya terjadi pada negara-negara sub tropis yang memiliki empat musim.

Pada saat musim dingin tiba maka waktu siang hari akan lebih pendek daripada waktu malam harinya.

Hal inilah yang menyebabkan seseorang menjadi lebih mudah mengalami depresi dan terganggu emosinya. Beberapa gejala yang sering muncul antara lain seperti mudah sedih atau gampang marah.

Dehidrasi

Dampak perubahan cuaca yang tak kalah pentingnya bagi tubuh adalah dapat memicu terjadinya dehidrasi. Hal ini terjadi terutama pada musim kemarau saat suhu udara biasanya meningkat dan kondisi udara yang kering.

Kondisi inilah yang akan membuat tubuh Anda akan sangat rentan mengalami kekurangan cairan tubuh.

Jika kondisi ini kita biarkan, maka tubuh akan mengalami dehidrasi. Karena itu sangat penting Anda untuk meminum banyak air putih. Minum air yang cukup juga berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Itu dia berbagai dampak perubahan iklim terhadap kesehatan tubuh yang perlu kita waspadai. Salah satunya dengan menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh.

Selain itu, penting juga mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Ini berguna untuk mencegah tubuh terserang penyakit. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -