Kamis, Desember 1, 2022
BerandaBerita TerbaruDekorasi Taman Minimalis, Tetap Cantik di Lahan Terbatas

Dekorasi Taman Minimalis, Tetap Cantik di Lahan Terbatas

Dekorasi Taman Minimalis menjadi pilihan terbaik. Taman minimalis dengan dekorasi yang tepat akan membuatnya tidak tampak sempit. Sebaliknya, jika salah langkah dalam dekorasi taman maka akan membuatnya tampak semakin sempit.

Memiliki taman di rumah memang menjadi impian semua orang. Meski kecil, tetapi taman akan membuat rumah atau bangunan tampak lebih hidup.

Apalagi jika Anda tinggal di perkotaan yang sudah minim lahan hijau, maka sudah pasti taman akan sangat membantu membuat suasana menjadi segar, sejuk, dan juga menyenangkan.

Baca Juga: Desain Taman Rumah Cluster Bisa Memilih Minimalis Sederhana

Inspirasi Dekorasi Taman Minimalis

Ruangan yang ada di halaman rumah sekecil apapun, sebenarnya Anda masih tetap bisa mengubahnya menjadi taman sesuai dengan keinginan.

Itu karena lahan sempit bukanlah sebuah halangan. Anda tentunya masih bisa membuat taman yang indah di lahan terbatas dengan desain minimalis.

Apa yang Dimaksud dengan Taman Minimalis?

Anda mungkin masih bingung dengan taman minimalis. Sebenarnya, taman minimalis memiliki arti taman yang terbatas.

Dengan dekorasi yang tepat, maka taman dengan lahan terbatas itu bisa tetap terlihat indah. Selain itu, biaya untuk membuat taman minimalis juga tidak terlalu besar.

Anda cukup membuat anggaran untuk membeli beberapa tanaman yang memang sesuai dengan selera. Jangan lupa juga untuk memikirkan konsep dekorasi taman minimalis tersebut.

Baca Juga: Desain Taman Rumah Joglo, Ciptakan Hunian Terkesan Natural

Bagaimana Cara Membuat Taman Menjadi Indah?

Untuk membuat taman sempit menjadi indah, maka Anda bisa memikirkan terlebih dahulu konsep yang sesuai dengan selera. Anda bisa membayangkan bagian mana dari halaman yang akan menjadi taman.

Berikut ini beberapa inspirasi untuk mendekor taman yang berukuran terbatas:

1. Menjadikan Teras Sebagai Taman

Membuat taman bisa Anda lakukan secara mendadak atau spontan. Jika memang halaman rumah sempit, maka bisa memanfaatkan teras rumah Anda sebagai bagian dari taman.

Bukan mengubah fungsi teras rumah menjadi taman, tetapi Anda bisa dengan mudah mengaplikasikan berbagai jenis tanaman sebagai dekorasi minimalis di area tersebut, sehingga taman terlihat lebih luas.

2. Taman Vertikal atau Living Wall

Jenis taman vertikal menjadi solusi dekorasi taman minimalis untuk Anda. Manfaatkanlah dinding kosong untuk menaruh berbagai tanaman dalam pot.

Selain itu, Anda bisa memanfaatkan berbagai macam tanaman hias yang merambat. Sehingga, dinding kosong dapat bermanfaat. Anda bisa menggunakan kayu atau besi untuk menempelkan tanaman.

3. Menonjolkan Area Hijau

Sebaiknya Anda utamakan untuk menaruh tanaman di hijau di area taman, jangan hanya di bagian sudut saja. Bahkan kalau bisa Anda harus seimbangkan hiasan tanaman hijau di seluruh area rumah.

Anda bisa menghiasnya dengan rumput hijau, kemudian baru tanaman lain di sekitarnya. Hindari fokus pada area tertentu karena akan menciptakan ketidak serasian.

4. Penggunaan Pot Gantung

Selanjutnya, dekorasi taman minimalis juga dapat Anda lakukan dengan mengaplikasikan pot bersusun. Anda juga bisa memanfaatkan area depan rumah untuk menggantung pot kecil.

Pot gantung tersebut dapat Anda isi tanaman kesayangan. Bukan hanya pot gantung saja yang menarik, tetapi Anda juga bisa berkreasi dengan membuat pot gantung dari bola, palet kayu, atau yang lainnya.

Baca Juga: Desain Taman Rumah Hook, untuk Hasil Taman Impian

Taman Minimalis Bernuansa Natural dengan Kolam

Ingin membuat taman dengan kolam di lahan sempit? Hal itu bukanlah hal yang mustahil. Anda bisa melakukannya apabila melakukan penataan yang benar.

Kolam pada taman akan menambahkan kesan sejuk. Di dalam kolam tersebut dapat Anda tambahkan ikan dan juga berbagai tanaman air.

Membuat kolam ikan sebenarnya tidak harus menggunakan banyak lahan. Anda bisa menyesuaikan ukuran kolam dengan taman agar tidak terkesan sempit.

Salah satu opsi lain yang dapat Anda pilih adalah membuat kolam ikan dengan air mancur mini. Keberadaan air mancur mini tersebut akan memberikan kesan natural meski berada di dalam taman yang kecil.

Untuk menghindari kesan terlalu ramai, maka Anda bisa menempatkan kolam atau air mancur kecil di bagian sudut taman. Sehingga, sisa ruang masih bisa untuk berjalan dan tempat tanaman.

Berikanlah dekorasi yang sederhana dan jangan berikan terlalu banyak tanaman pot di sekitar kolam. Hal itu hanya akan membuat kolam tertutup dan taman terlihat semakin kecil.

Sesuaikan dekorasi taman minimalis dengan selera Anda sendiri. Anda bisa memilih beberapa inspirasi desain di atas yang sekiranya cocok untuk taman di rumah. (R10/HR-Online)