Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita TerbaruDesain Apartemen Loft: Tempat Tinggal Modern, Unik, dan Fungsional

Desain Apartemen Loft: Tempat Tinggal Modern, Unik, dan Fungsional

Desain apartemen loft bisa menjadi salah satu hunian untuk Anda miliki. Memilih tempat tinggal yang tepat, tentu tidak mudah. Semua bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan masing-masing.

Bagi Anda yang memiliki anggota keluarga kecil atau bahkan belum menikah, bisa memilih desain yang satu ini. Desain apartemen ini lebih luas karena memiliki ruang atau lantai tambahan.

Hanya saja, jaraknya tidak cukup jauh dengan bagian atap rumah. Dengan memanfaatkan ruangan secara vertikal, akan memberikan kesan cukup efisien.

Saat ini tidak sedikit masyarakat yang menginginkan tempat tinggal di apartemen. Hunian vertikal yang satu ini biasa terdapat di daerah kota-kota besar.

Jika dulu hanya tersedia desain apartemen tipe studio, kini tidak lagi. Saat ini sudah banyak inovasi pengembangan yang dilakukan para investor. Salah satunya yaitu desain apartemen loft.

Baca Juga: Desain Ruang Keluarga Lantai 2 Inspirasi Ruangan Nyaman dan Asik

Sebenarnya apartemen yang satu ini bisa terbilang berloteng. Hanya saja, desain yang dibuat tidaklah bertingkat.

Jika Anda memiliki minat untuk membelinya, mungkin bisa mengenal lebih jauh tentang desainnya. Anda bisa mendapatkan pengetahuan dari jenis apartemen ini.

Pengertian Desain Apartemen Loft

Sebelum memilih desain apartemen yang satu ini, sebaiknya Anda tahu apa sih sebenarnya konsep yang dimiliki? Apartemen loft adalah konsep bangunan yang berdesain modern.

Tipenya hadir dalam tampilan langit-langit tinggi dengan balok, pipa, dan dinding bata. Apartemen ini memiliki rancangan khusus lebih terbuka dengan ukuran yang luas.

Sehingga, jenis apartemen tepat bagi Anda yang menginginkan desain ruangan unik dan menarik. Bahkan cocok untuk tempat tinggal di perkotaan.

Desain loft memang tampak lebih tinggi pada bagian langit-langitnya yang membuatnya besar. Tangga terbuka tampak dibuat pada bagian loteng dengan langit-langit cukup tinggi.

Sehingga ruang vertikal tersebut akan tampak lebih berguna. Itulah desain apartemen loft yang populer saat ini.

Penataan Ruangan Apartemen Loft

Terbatasnya ukuran sebuah tempat tinggal, penataan yang Anda lakukan haruslah sebaik mungkin. Anda harus bisa mendesain apartemen loft seefisien mungkin. Adapun berbagai kebutuhan ruangan yang ada dalam sebuah apartemen antara lain:

Kamar Tidur

Ruang pertama yang penting keberadaannya adalah kamar tidur. Desain apartement loft untuk kamar tidur harus memperhatikan daily activity itu sendiri.

Baca Juga: Model Kanopi Lantai Atas, Desain Menarik Cocok untuk Rumah Minimalis

Sebab, ruangan ini menjadi salah satu tempat privasi. Anda bisa sesuaikan ruangan dengan kebutuhan. Misalnya tambahkan TV atau balkon.

Ruang Keluarga

Menata ruang pada desain apartemen loft memang tidak bisa sembarangan. Pastikan Anda bisa menata ruangan seefektif mungkin. Selain kamar tidur, Anda bisa ciptakan ruang keluarga mini.

Anda bisa meletakkan ruangan ini pada bagian sudut yang mengarah ke balkon. Anda bisa mendesain ruangan tersebut semenarik mungkin. Berikan tambahan dinding terbuka agar cahaya bisa masuk dengan baik.

Sehingga meski ruangan tidak terlalu besar, tetap sehat karena udara dan sinar matahari bisa masuk dengan mudah.

Dapur dan Kamar Mandi

Kebutuhan ruangan lain yang harus ada yaitu dapur dan kamar mandi. Anda bisa menggunakan desain apartemen loft karena ukurannya lebih luas daripada apartemen studio.

Anda bisa menempatkan dapur dan kamar mandi pada bagian yang tepat. Pastikan ruangan tersebut bisa Anda fungsikan dengan baik. Sesuaikan penempatan ruangan dengan fungsinya.

Misal area santai hingga fungsional seperti dapur dan kamar mandi. Anda bisa memberikan penyekat untuk meletakkan ruangan secara berdampingan sesuai fungsinya masing-masing.

Baca Juga: Desain Kamar Mandi Natural dari Material Alami Lebih Estetik dan Indah

Meski dilengkapi dengan penyekat, namun segi estetika dan kenyamanan tak akan hilang. Justru hal ini akan membuat siapa saja terinspirasi.

Ruang Makan

Seperti hunian pada umumnya, apartemen yang satu ini juga bisa hadir dengan ruang makan. Tata letak yang tepat bisa Anda posisikan berdampingan dengan dapur. Sehingga tidak perlu terlalu jauh saat mempersiapkan makanan untuk keluarga.

Saat ini kebanyakan orang memilih menggunakan apartemen sebagai tempat tinggal pada area perkotaan. Apalagi kini banyak permintaan akan tempat tinggal vertikal.

Salah satu yang bisa Anda gunakan yaitu desain apartemen loft. Dengan desain unik, menarik, dan cukup luas jika Anda bandingkan dengan tipe studio. Anda tertarik untuk memilikinya? Pastikan Anda memperhatikan beberapa poin pembahasan di atas. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -