Minggu, Januari 23, 2022
BerandaBerita CiamisGeber Ciboris Upaya Disnakan Ciamis Berantas Rabies dan Zoonosis

Geber Ciboris Upaya Disnakan Ciamis Berantas Rabies dan Zoonosis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis melakukan kampanye Geber Ciboris atau Gerakan bersama Ciamis Zero Rabies dan Zoonosis, Selasa (30/11/2021) di SMPN 1 Ciamis.

Dalam kegiatan tersebut, menampilkan pet show Catwalk kucing. Sejumlah kucing yang menggemaskan di dampingi pemiliknya yang berbusana serasi berjalan di atas karpet merah.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis Syarief Hidayat mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya untuk memberikan edukasi kepada siswa dan juga masyarakat tentang merawat hewan peliharaan agar terbebas dari penyakit termasuk rabies.

Mengingat lanjut dia, di kabupaten Ciamis ini banyak pecinta hewan salah satunya kucing dan ada juga komunitasnya.

“Jadi ada data dari klinik hewan kami, ternyata yang paling banyak datang memeriksakan hewan peliharaannya itu adalah para pelajar,” katanya.

Baca Juga: Jamin Pangan Sehat, Disnakan Ciamis Gagas Strategi Gedor Waruga

Menurutnya, pihaknya sengaja menggelar kegiatan tersebut di SMPN 1 Ciamis sebagai upaya agar para siswa tanggap dalam melakukan perawatan kepada hewan peliharaan jika nanti terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Pasalnya para siswa ini belum mengetahui tentang penyakit zoonosis, rabies dan penyakit hewan yang menular lainya,” ujar Kadis Peternakan Ciamis.

Syarif menjelaskan, hampir setiap hewan mempunyai penyakit yang menular atau zoonosis kepada manusia, seperti halnya Rabies, antraks dan flu burung.

“Seperti hewan yang biasa kita pelihara juga mempunyai penyakit yang bisa menularkan kepada kita, seperti kucing, anjing, burung, ayam dan hewan lainya,” jelasnya.

Syarif menambahkan, dalam kegiatan Geber Ciboris ini juga ada pemeriksaan hewan peliharaan serta vaksin hewan gratis.

“Suntik vaksin pada hewan peliharaan itu perlu dilakukan rutin minimalnya satu kali dalam satu tahun,” ucapnya.

Sementara itu, berdasarkan data sejauh ini belum ada laporan warga yang tertular zoonosis. Maka dari itu, ini harus dipertahankan.

“Mudah-mudahan saja, dengan gerakan Geber Ciboris ini bisa selamanya Ciamis zero akan rabies dan zoonosis,” pungkasnya. (Ferry/R8/HR Online/Editor Jujang)

- Advertisment -