Jumat, Januari 28, 2022
BerandaBerita NasionalDisuntik Vaksin Covid-19, Kulit Pelajar SMP Ini Melepuh dan Mengelupas

Disuntik Vaksin Covid-19, Kulit Pelajar SMP Ini Melepuh dan Mengelupas

Berita Nasional, (harapanrakyat.com),- Pelajar SMP asal Tana Toraja kulitnya melepuh dan mengelupas setelah menerima suntikan vaksin Covid-19 pertama.

Salsabila (14) siswi SMP negeri ini kemudian dirujuk ke RS Elim Rantepao untuk mendapatkan penanganan medis, Sabtu (13/11/2021).

Ia adalah warga To’kaluku Kelurahan Bombongan, Kecamatan Makale Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Kondisi pelajar SMP ini sudah lemas dan memprihatinkan usai mendapat vaksin Covid-19, kulit di sekujur tubuhnya melepuh dan rusak.

Wakil Ketua DPRD Tana Toraja, Evivana Rombedatu, lalu membawa Salsabila ke RS Elim agar mendapat penanganan dokter spesialis kulit.

Baca Juga: Badan POM Keluarkan Izin Vaksin Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun

Karena tak bisa banyak bergerak, Salsabila diangkat ke dalam ambulans menuju rumah sakit.

Setibanya di RS Elim, tenaga medis langsung membawa Salsabila ke ruang perawatan.

Evivana mengatakan, ia melakukan langkah itu sebagai bentuk perhatian kepada warga yang memerlukan bantuan.

Selain itu, upaya merujuk Salsabila ke RS agar segera mendapatkan penanganan medis.

Menurut Kadinkes Tana Toraja, Ria Minolta Tanggo, Salsabila sebelumnya sudah mendapatkan perawatan di RS Sinar Kasih sekitar 3 minggu.

Namun saat akan dirujuk, orang tuanya meminta Salsabila agar dirawat di rumah. Pasalnya, ayah dari Salsabila saat ini tengah sakit stroke.

Pihaknya pun telah berkoordinasi dengan dokter ahli kulit di Makassar. Sebab di Tana Toraja tidak ada dokter spesialis kulit.

Namun, orang tua Salsabila lagi-lagi menolak dengan alasan jarak. Dan tidak ada yang bisa menemani Salsabila di sana.

Penjelasan Kadinkes Terkait Kulit Pelajar yang Melepuh Usai Vaksin Covid-19

Terkait dengan kasus melepuhnya kulit pelajar usai menjalani vaksinasi, Kadinkes Tana Toraja Ria Minolta Tanggo belum bisa berkomentar banyak. Saat ini masalah tersebut masih ia kaji bersama tim dokter.

Apakah melepuhnya kulit Salsabila karena vaksin, masih pendalaman dengan tim dari provinsi. “Sehingga kami belum bisa berkomentar,” pungkasnya.

Salsabila mengalami gatal-gatal 3 hari setelah mendapat suntikan vaksin Covid-19 pada 16 Oktober 2021 di SMPN 1 Tana Toraja. Sejak saat itu, kondisinya terus memburuk.

Ernawati, orang tua Salsabila, menjelaskan sebelum menerima vaksin, kondisi anaknya sehat.

“Tiga hari kemudian kulit anak saya mulai bermasalah. Timbul bintik-bintik merah. Hingga akhirnya kulit di sekujur tubuhnya melepuh dan terkelupas,” jelasnya.

Meski sempat mendapat perawatan di RS Sinar Kasih Tana Toraja sekitar 3 minggu, namun kondisi Salsabila sangat memprihatinkan.

Salsabila membutuhkan perhatian serta penanganan medis secara serius.

Saat itu, kata Ernawati, kulit anaknya yang melepuh sudah mulai kering. Tapi karena suaminya juga stroke, jadi ia minta keluar dari RS untuk berobat jalan.

Sayangnya, keluarga yang hidup di kontrakan ini tidak bisa berbuat banyak. Karena ayah Salsabila juga sakit stroke dan lumpuh.

Sehingga Ernawati kesulitan merawat anaknya yang dirujuk ke Makassar sebagaimana arahan Dinkes setempat.

Penghasilan Ernawati yang pas-pasan sebagai penjual gorengan, membuat keluarga ini butuh perhatian dan uluran tangan dari semua pihak.

Agar Salsabila, pelajar SMP yang kulitnya melepuh dan mengelupas usai mendapat suntikan vaksin Covid-9 ini bisa pulih kembali seperti semula. (R8/HR Online/Editor Jujang)

- Advertisment -