Sabtu, Januari 29, 2022
BerandaBerita TerbaruDoa Saat Hujan Angin, Lafadz dan Arti yang Mudah untuk Dihafalkan

Doa Saat Hujan Angin, Lafadz dan Arti yang Mudah untuk Dihafalkan

Doa saat hujan angin tentunya menjadi salah satu hal yang harus kita ketahui. Sebagai umat muslim, senjata paling kuat yang kita miliki adalah doa.

Mungkin dia tidak terlihat seperti halnya dengan tembak dan sejenisnya, akan tetapi kedahsyatanya bisa menembus langit dan sampai kepada Allah SWT.

Hujan sendiri merupakan salah satu rahmat dari Allah SWT. Apalagi, sekarang ini musim penghujan telah tiba. Terjadi sejak memasuki pertengahan bulan September. Berdoa ketika hujan juga menjadi kewajiban bagi kita.

Sudahkah Anda berdoa saat hujan turun atau hanya memperhatikan saja? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kejujuran dan pengakuan itu berasal dari diri sendiri. Jadi yang tahu hanya diri kita sendiri.

Terkadang, hujan juga menjadi salah satu momen yang sangat ditunggu-tunggu. Khusus lagi bagi para petani. Hujan itu menjadi kunci keberhasilan dalam bertani. Dengan demikian, tidak heran apabila hujan memberi manfaat yang banyak bagi penduduk bumi.

Amalan Doa Saat Hujan Angin dalam Islam

Sebenarnya, apa sih yang harus kita lakukan saat hujan turun? Apakah kita hanya harus berdiam diri saja, tidur, atau yang lainnya? Perlu Anda ketahui, ketika hujan turun, itu menjadi waktu yang tepat untuk kita berdoa.

Bagaimana maksudnya? Dalam Islam mengajarkan bahwa saat hujan turun merupakan waktu Allah tidak akan menolak doa siapapun.

Hal yang demikian itu juga berdasarkan dari hadis Nabi SAW. Hadis riwayat Baihaqi dan Hakim menjelaskan, terdapat dua doa yang tidak akan Allah tolak. Pertama adalah doa ketika adzan, sedangkan yang kedua adalah doa ketika turunnya hujan.

Dari hadis tersebut, bisa kita tarik kesimpulan bahwasanya saat hujan turun merupakan peluang atau kesempatan emas untuk kita memperbanyak doa. Termasuk doa saat hujan angin.

Mungkin, Anda sudah hafal mengenai doa turun hujan. Bahkan Anda juga sudah mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Doa tersebut adalah “Allahumma shoyyiban nafi’an”.

Mengandung arti serta permohonan kepada Allah supaya menjadikan hujan yang turun itu merupakan hujan yang memberi manfaat (HR. Bukhari).

Dampak Hujan Angin

Bukan tidak mungkin jika hujan yang turun akan merusak. Misalnya saja terjadinya banjir karena hujan yang terus-menerus, longsor, dan sejenisnya.

Bukan tidak mungkin juga jika hujan yang turun itu disertai dengan angin. Sudah pernahkah Anda menjumpai peristiwa tersebut? Lantas, apa yang Anda lakukan?

Terkadang hujan yang disertai dengan angin akan memporak-porandakan kehidupan manusia. Sebagai contohnya saja, banyak pohon yang tumbang, rumah-rumah roboh, dan lainnya.

Tetapi, Allah mempunyai tujuan yang lain apabila semua itu menimpa kehidupan umat manusia. Pasalnya, apapun yang sudah menjadi takdir kita itu akan kembali kepada kita serta juga mempunyai tujuan pembelajaran tersendiri.

Lafadz Doa

Peristiwa hujan disertai angin bisa saja merenggut nyawa. Nah, itulah salah satu tujuan Allah mengapa dalam ajaran Islam terdapat doa saat hujan angin. Pastinya untuk melindungi kita.

Sudah tahukah Anda bagaimana lafal dari doa tersebut? Apabila Anda belum mengetahuinya, perlu menyimak penjelasan berikut ini.

“Allahumma inni as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bihi. Wa audzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa maa ursilat bihi”.

Arti dari lafadz doa saat hujan angin tersebut adalah “Wahai Allah aku memohon kepada engkau atas kebaikan angin ini, kebaikan yang terdapat di dalamnya, serta kebaikan yang engkau kirim bersama. Aku juga berlindung kepadamu dari adanya kejahatan angin ini, kejahatan yang terdapat di dalamnya, dan kejahatan yang kau kirim bersamanya” (HR. Muslim).

Sangat mudah bukan doa saat hujan angin tersebut? Apabila Anda merasa kesulitan untuk menghafalkan, alangkah lebih baiknya jika Anda memperbaiki niat terlebih dahulu.

Niatkan semua karena Allah, niscaya semua akan menjadi lebih mudah. Hal ini berlaku untuk segala jenis hal. Seperti yang sudah kita ketahui bahwasanya segala amal yang kita lakukan itu tergantung pada niatnya.

Harapannya dengan adanya doa saat hujan angin, menjadikan kita lebih dekat kepada Allah SWT. Mensyukuri atas semua nikmat yang sudah diberikan. Penjelasan mengenai doa saat hujan angin memberikan manfaat dan menjadi amal jariyah untuk kita semua.

- Advertisment -