Minggu, Juli 3, 2022
BerandaBerita BanjarPMI Berharap Donor Darah Sukarela Jadi Gaya Hidup Warga Kota Banjar

PMI Berharap Donor Darah Sukarela Jadi Gaya Hidup Warga Kota Banjar

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Donor darah sukarela memiliki banyak sekali manfaat. Selain untuk menolong sesama yang memerlukan darah, ada kepuasan moral dan juga mempererat tali persaudaraan (sesama).

Dari segi kesehatan pun DDS sangat bermanfaat. Demikian disampaikan Staf Rekrutmen dan Pelestari PMI Kota Banjar Alfan Nur Rohman, Minggu (28/11/2021).

“Sel darah yang beredar dalam tubuh jadi lebih muda,” ujar Alfan Nur Rohman.

Ia pun berharap donor darah sukarela menjadi salah satu gaya hidup masyarakat.

“Jika banyak warga yang rutin mendonorkan darahnya maka stok darah di PMI akan aman,” katanya.

Baca Juga: DPMD Kesbangpol Kota Banjar Bakal Dipisah Desember Mendatang

Lebih lanjut ia menjelaskan dengan donor secara teratur dengan interval 60 hari maka sel darah merah yang beredar menjadi umur 60 hari secara normal.

Secara detail ia pun menjelaskan sisa produksi sel darah merah yang tidak terpakai akan mengendap dalam bentuk preparat besi yang berlebih.

Pada kadar tertentu akan menyebabkan terjadi penumpukan dalam tubuh yang dapat menyebabkan resiko penyakit serangan jantung.

Fungsi lainnya dari donor darah adalah merangsang pembentukan sel darah baru atau sel darah merah yang berumur lebih muda, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

“Manfaat lain yaitu membuat metabolisme tubuh lebih naik serta meningkatkan stamina tubuh lebih baik,” ungkapnya.

Menurut Alfian kegiatan donor darah sukarela secara berkala dapat menjadi sarana pemeriksaan kesehatan yang meliputi pemeriksaan hemoglobin (HB) dan tekanan darah.

“Skrining darah terhadap uji saring infeksi menular melalui transfusi darah yaitu Hepatitis, Sifilis, dan HIV. Juga dapat lebih awal diketahui adanya kelainan secara fisik dalam tubuh,” jelasnya.

Pihaknya mengapresiasi antusiasme masyarakat Kota Banjar dalam donor darah.

Sebagai contoh, kegiatan donor darah sukarela yang digelar di Gerbang Perumahan Balokang Permai (PBP) pada Minggu (28/11/2021). Peserta sebanyak 27 orang, serta peserta gagal donor 4 orang.

Artinya dari target 30 orang, telah mendaftar 31 orang, lolos 27 orang pada kegiatan DDS yang berlangsung dari pukul 08.10-12.00 WIB tersebut. (Aan/R8/HR Online/Editor Jujang)

- Advertisment -