Kamis, Januari 20, 2022
BerandaBerita TerbaruFadilah Membaca Surat Al-Kahfi, Beri Pertolongan di Hari Kiamat Kelak

Fadilah Membaca Surat Al-Kahfi, Beri Pertolongan di Hari Kiamat Kelak

Fadilah membaca surat Al-Kahfi ternyata akan menjadi penolong kita kelak di akhirat. Hal ini juga termasuk dalam amalan sunah pada hari Jumat. Bagi kita, tentunya hal itu sudah tidak asing lagi. Sudahkah Anda mengamalkannya selama ini?

Surat Al-Kahfi sendiri merupakan surat ke-18 setelah Al-Isra, terdiri dari 110 ayat. Lalu juga termasuk golongan surat Makkiyah. Ketika kita membaca surat tersebut, ternyata mempunyai kaitan yang erat dengan sabda Rasulullah SAW.

Dalam hadis riwayat Muslim menjelaskan, Rasulullah SAW bersabda bahwa siapapun yang menghafalkan 10 ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka kelak ia akan terlindungi dari datangnya fitnah Dajjal.

Akan tetapi, fadilah yang akan kita dapatkan bukan hanya itu saja. Karena memang membaca surat Al-Kahfi sendiri mempunyai banyak keutamaan yang akan menolong kita kelak.

Jadi, tidak ada salahnya apabila setiap hari Jumat kita meluangkan waktu sebentar untuk membaca surat ke-18 dalam Al-Qur’an tersebut.

baca juga: Keutamaan Saling Memaafkan Menjadikan Hidup Lebih Tenang

Beberapa Fadilah Membaca Surat Al-Kahfi

Semoga dengan adanya penjelasan mengenai fadilah yang akan kita dapatkan ketika membaca surat tersebut, membuat hati mereka tergerak dan sadar karena kelak kita memang membutuhkan pertolongan tersebut. Sedangkan untuk Anda yang belum mengetahui apa saja keutamaannya, simak penjelasannya berikut ini.

Allah Ampuni Dosanya

Untuk fadilah membaca surat Al-Kahfi yang pertama adalah Allah akan mengampuni dosa siapapun yang membaca. Setiap dari kita sudah pasti mempunyai banyak dosa serta khilaf.

Baik itu yang disadari maupun tidak kita sadari. Akan tetapi, bukankah sebaik-baik manusia adalah mereka yang mau bertobat dan kembali kepada jalan Allah SWT.

Sedangkan salah satu anjuran Rasulullah Muhammad untuk melakukan hal tersebut adalah dengan cara mengamalkan surat dalam Al-Qur’an yang ke-18 pada hari Jumat.

Hal ini juga berdasarkan hadis riwayat An Nasa’i yang menjelaskan bahwa siapa yang membaca Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan terdapat pancaran cahaya yang berasal dari bawah kakinya sampai ke langit dan meneranginya kelak pada hari kiamat. Allah juga akan mengampuni dosanya antara dua Jumat.

baca juga: Keutamaan Sedekah Subuh yang Dahsyat, Mendapat Doa dari Malaikat

Terhindar dari Fitnah Dajjal

Fadilah membaca surat Al-Kahfi juga akan menghindarkan kita dari adanya fitnah Dajjal. Datangnya Dajjal sendiri sudah menjadi pengetahuan dalam agama Islam merupakan tanda-tanda kiamat.

Sebagaimana dalam hadis riwayat Ahmad, kelak Dajjal akan muncul yang membuat manusia lupa terhadap iman. Sebagai umat muslim, kita juga tidak akan tahu apakah kita bisa menghadapi Dajjal dan tetap beriman kepada Allah SWT.

Oleh sebab itu, mulai dari saat ini mari bersama untuk mengamalkan dan meluangkan sejenak waktu membaca surat Al-Kahfi. Harapannya, kelak Allah akan memberikan pertolongannya dengan menghindarkan dari adanya fitnah Dajjal tersebut.

Terlindung dari Gangguan Setan

Selanjutnya, terlindung dari gangguan setan juga termasuk fadilah membaca surat Al-Kahfi. Manusia memang merupakan sebaik-baik bentuk, akan tetapi setan lebih jenius daripada manusia. Ia bisa menggunakan banyak cara untuk menggoda manusia.

Meskipun manusia dibekali dengan akal, ia bisa membedakan mana yang baik dan buruk, tetap saja manusia juga mudah tergoda setan. Sebagaimana Siti Hawa yang harus turun ke bumi karena sudah memakan buah khuldi.

Cara yang bisa kita lakukan supaya terhindar dari gangguan setan adalah dengan mendekatkan diri kepada Allah juga memohon perlindungan kepada-Nya.

Perlu Anda ketahui, berdasarkan hadis Ibnu Wardahwaih dari Abdullah bin Mughaffal menjelaskan bahwasanya setiap rumah yang dibacakan surat Al-Kahfi dan Al-Baqarah, maka rumah-rumah tersebut tidak akan setan masuki sepanjang malam.

baca juga: Keutamaan Bersedekah Harta, Hidup Jadi Tenang dan Rezeki Melimpah

Mendapat Ridho dari Allah SWT

Bukan hanya itu saja fadilah membaca surat Al-Kahfi, melainkan mendekatkan kita kepada ridho Allah SWT juga mendapatkan cahaya keberkahan dari ujung rambut sampai ujung kaki.

Hal ini berdasarkan hadis riwayat Ahmad bahwa siapa yang membaca surat Al-Kahfi, untuknya cahaya dari kepala sampai kaki. Akan tetapi, siapa yang mampu membaca secara keseluruhan, cahaya baginya antara langit dan bumi.

Perlu Anda catat, fadilah membaca surat Al-Kahfi tersebut bukan hanya akan kita dapatkan ketika membacanya pada hari Jumat. Pada hari-hari biasa, kita juga akan mendapatkan keutamaannya. Jadi ,mari bersama untuk mengamalkan amalan tersebut setiap hari. (Muhafid/R6/HR-Online/Editor Muhafid)

- Advertisment -