Rabu, Januari 26, 2022
BerandaTeknologiAplikasiFitur Instagram Berbayar Subscriptions, Bantu Para Kreator Peroleh Cuan!

Fitur Instagram Berbayar Subscriptions, Bantu Para Kreator Peroleh Cuan!

Fitur Berlangganan Instagram berbayar akan segera hadir yang nantinya dapat membantu para kreator untuk menghasilkan cuan. Jika saat ini para konten kreator harus secara manual untuk memperoleh uang melalui dukungan.

Namun untuk beberapa waktu mendatang, perusahaan Meta (sebelumnya Facebook) akan memberikan kemudahan dengan hadirnya fitur baru di Instagram.

Seperti yang kita tahu, saat ini Instagram menyediakan dua akun bisnis serta kreator. Pada akun kreator dimanfaatkan oleh para influencer, selebgram atau publik figur.

Apabila Anda termasuk salah satu diantaranya, maka tentu sudah tidak sabar dengan hadirnya fitur

Mengenal Fitur Berbayar Instagram Subscriptions

Instagram adalah salah satu media sosial yang cukup populer di kalangan masyarakat. Aplikasi ini hadir dengan berbasis gambar yang memberikan layanan berbagi foto atau video secara online.

Media sosial satu ini cukup banyak diminati kalangan pengguna. Saat ini pihak Instagram berusaha untuk mengembangkan berbagai fitur yang akan memberikan kemudahan bagi para penggunanya.

Baca Juga : Game PUBG New State Mobile Resmi Rilis dan Membawa Fitur Terbaru

Salah satunya adalah aplikasi yang akan mendukung para pembuat konten. Dalam hal ini Instagram meluncurkan sebuah fitur menarik bagi para konten kreator agar mereka memperoleh uang dari para pengikut mereka.

Caranya cukup mudah, hanya dengan menyediakan layanan berlangganan atau subscription supaya para konten kreator dapat memberikan konten eksklusif bagi para pengikut mereka.

Fitur tersebut nantinya akan bekerja secara berlangganan atau subscribe seperti halnya Youtube. Fitur ini bernama Instagram Subscription, akan tetapi untuk dapat berlangganan akun kreator tersebut harus berbayar.

Dalam penggunaannya, nanti para pengguna harus membayar untuk dapat melihat stories, media lain atau mengakses konten dari para konten kreator di Instagram tersebut.

Saat ini Instagram memang tengah gencar dalam menyediakan fitur bagi konten kreator. Ini bertujuan agar mereka dapat memperoleh uang melalui platform mereka.

Fitur Berbayar Instagram Subscriptions Muncul di iOS

Sensor Tower dan Apptopia yang merupakan perusahaan riset aplikasi mobile baru saja dilaporkan, bahwa fitur berlangganan tersebut muncul pada aplikasi Instagram berbasis iOS.

Baca Juga : Aplikasi Google Meet Hadirkan Fitur Terbaru

Pada App store sendiri, deskripsi aplikasi Instagram telah mengalami pembaharuan dengan menambahkan in-app purchase atau pembelian dalam aplikasi Instagram Subscriptions atau fitur berlangganan Instagram.

Adapun biaya berlangganan untuk fitur tersebut berkisar USD 0,99 – USD 4.99 atau sekitar Rp 14.000 – Rp. 71.000 per bulan. 

Pembelian fitur berbayar Instagram Subscriptions pertama ditambahkan dalam daftar App Store Instagram Amerika pada 1 November 2021 dengan harga Rp 14.000. Sedangkan untuk harga Rp 71.000 ditambahkan pada tanggal 3 November 2021.

Berdasarkan laporan dari Tech Crunch, sejauh ini fitur berbayar Instagram Subscriptions tersedia untuk pengguna iOS di wilayah Inggris dan Amerika Serikat.

Sedangkan pada aplikasi Instagram di India dan AS mulai terlihat adanya fitur berlangganan di bawah bagian Pembelian.

Hal itu bisa menjadi awal peluncuran fitur berbayar yang akan lebih luas lagi atau di semua negara. Namun hingga saat ini Instagram belum secara resmi mengumumkan peluncuran pembelian di Instagram.

Masih belum dapat kita ketahui secara pasti kapan fitur Instagram berbayar subscription akan muncul di aplikasi Instagram secara keseluruhan.

Baca Juga : Fitur Enkripsi Terbaru WhatsApp untuk Proses Backup, Ini Cara Aktifkan!

Cara Kerja Fitur Berbayar Instagram Subscriptions

Instagram Subscriptions bekerja sama halnya dengan fan club. Nantinya akan terdapat tombol subscribe pada profil akun kreator. Para fans berlangganan dapat memperoleh akses konten eksklusif seperti stories serta live video.

Selanjutnya Badge spesial akan muncul di samping username pelanggan yang menjadikan prioritas pada saat mengirim DM serta komentar.

Dengan menggunakan fitur Instagram berbayar Subscriptions, maka dapat membuat influencer atau konten kreator di Instagram menjual akses materi atau konten secara lebih eksklusif.

Fitur yang serupa juga pernah Twitter kenalkan pada awal tahun lalu. Fitur tersebut adalah Super Follows. Dengan fitur ini memungkinkan para pembuat konten menghasilkan pendapatan bulanan dengan cara berbagi konten khusus pelanggan dari para pengikut mereka.

Platform lain seperti Snapchat, Pinterest, TikTok, serta YouTube juga sudah mengerjakan fitur langganan serupa.

Untuk kedepannya, para konten kreator bisa menentukan sendiri biaya berlangganan dalam menggunakan fitur Instagram berbayar Subscriptions.

Selain itu, mereka juga dapat memantau member aktif, perkiraan pendapatan, hingga kadaluarsa akun membership. Dengan menggunakan fitur baru ini juga bisa meningkatkan interaksi kreator dengan penggemar. (R10/HR-Online/Editor: Eva)

- Advertisment -