Minggu, Mei 22, 2022
BerandaTeknologiAplikasiFitur Komunitas WhatsApp Bisa Buat Grup dalam Grup, Ini Cara Kerjanya!

Fitur Komunitas WhatsApp Bisa Buat Grup dalam Grup, Ini Cara Kerjanya!

Fitur Komunitas WhatsApp sepertinya tengah dalam proses pengembangan. WhatsApp memang tidak pernah henti-hentinya dalam menawarkan berbagai fitur baru bagi para penggunanya.

Terbaru, aplikasi ini kabarnya tengah menyiapkan fitur bernama Komunitas. Ini ditemukan pertama kali oleh XDA-Developer yang selanjutnya disusul oleh WABetaInfo.

Menurut rumor yang beredar, fitur Komunitas ini akan memberi keleluasaan kepada admin lebih besar terhadap grupnya. Salah satunya adalah adanya kemampuan membuat grup di dalam grup, sama seperti pada fitur Discord.

Melalui fitur terbaru WhatsApp ini, admin nantinya dapat mengundang pengguna baru melalui Tautan Undangan Komunitas. Selanjutnya dapat mengirim pesan ke anggota lain.

Baca Juga: Kirim File Lebih dari 100MB Lewat WhatsApp, Cek Cara Mudahnya!

Kabar Terbaru, Fitur Komunitas WhatsApp Tengah Dikembangkan

WhatsApp sepertinya sedang bersiap untuk meluncurkan fitur baru bagi pengguna Android dan iOS. Berdasarkan laporan terbaru, anak perusahaan Facebook satu ini tengah mempersiapkan peluncuran fitur baru yang berbasis komunitas.

Laporan ini berasal dari 2 situs sekaligus yakni XDA-Developers serta WABetaInfo. Pada bulan Oktober lalu, XDA-Developers telah menemukan string yang menunjukkan bahwa tim pengembang WhatsApp tengah menyiapkan adanya fitur berbasis Komunitas.

Selanjutnya, pada WABetaInfo turut melaporkan akan kehadiran fitur komunitas pada update terbaru WhatsApp versi Beta. Menariknya lagi, fitur teranyar WhatsApp ini sepertinya memiliki cara kerja yang hampir sama dengan aplikasi Discord.

Mengetahui Cara Kerja Fitur Komunitas WhatsApp

Melansir dari laporan The Verge, pada Minggu 7 November 2021 lalu menyatakan bahwa WhatsApp belum memberikan penjelasan secara lebih rinci bagaimana nantinya sistem tersebut akan bekerja.

Namun, pada dasarnya fitur Komunitas merupakan grup WhatsApp yang memperoleh adanya peningkatan. Berdasarkan laporan dari WABetaInfo yang menjelaskan bahwa fitur terbaru WhatsApp ini bakal memberi admin grup lebih banyak keleluasaan.

Melalui fitur ini, admin grup akan mempunyai kemampuan membuat grup di dalam sebuah grup. Hampir sama dengan aplikasi tadi, nantinya grup-grup kecil yang telah terbentuk dapat menaungi berbagai channel.

Selain dapat membuat grup di dalam sebuah grup, admin juga bisa mengundang pengguna baru melalui adanya link undangan. Dari segi keamanannya, obrolan yang terjadi pada fitur Komunitas juga terjamin keamanannya dengan adanya enkripsi end-to-end.

Baca Juga: Ganti Ukuran Huruf WhatsApp di iPhone, Solusi Kirim Pesan yang Nyaman

Desain Tampilan Fitur Komunitas WhatsApp

Terlihat dari tangkapan layar yang telah berhasil WABetaInfo unggah, terdapat adanya perubahan desain yang nantinya akan membedakan antara Komunitas dengan obrolan grup biasa.

Untuk dapat membedakan dengan grup komunitas yang telah ada pada WhatsApp sebelumnya, WABetaInfo menjelaskan jika kemungkinan desain pada komunitas terbaru ini akan cukup berbeda dengan grup yang sebelumnya sudah terdapat pada fitur WhatsApp.

Secara keseluruhan, desain fitur Komunitas terbaru ini akan mempunyai ikon bentuk kotak dengan setiap sudut yang membulat. Hal ini tentu sangat berbeda dengan fitur grup WhatsApp sebelumnya yang berbentuk bulat.

Pembaruan Fitur Panggilan Grup WhatsApp

Selain sedang mengembangkan fitur Komunitas, beberapa waktu lalu WhatsApp juga telah memperbaharui fitur panggilan telah terdapat dalam aplikasi tersebut. Peningkatan fitur ini memungkinkan para pengguna untuk bergabung dengan panggilan video grup yang tengah berlangsung.

Fitur panggilan ini memberi opsi kepada pengguna untuk dapat bergabung dari tab obrolan grup. Selain itu, pembaharuan atau peningkatan lain yang WhatsApp tawarkan adalah mengenai pemberitahuan panggilan grup yang saat ini menampilkan nama grup bukan peserta.

Baca Juga: Aplikasi Pembuka Blokiran WhatsApp Terbaik, Simak Daftar Pilihannya!

Pengguna saat ini dapat bergabung dengan panggilan grup WhatsApp yang tengah berlangsung dari jendela obrolan grup. Keseluruhan panggilan video serta suara grup yang tengah berlangsung juga dapat terlihat pada obrolan yang pengguna temukan dengan mudah. Pengguna pun juga dapat bergabung dengan segera setelah membuka aplikasi WhatsApp.

Dengan adanya pembaharuan atau peningkatan fitur panggilan grup WhatsApp ini, bertujuan untuk memudahkan pengguna terhubung secara spontan dengan grup.

Terlepas dari pembaharuan fitur panggilan grup yang ada, hingga saat ini fitur Komunitas WhatsApp masih berada dalam tahap pengembangan. Nantinya, pada tahap awal akan rilis versi beta untuk perangkat Android dan iOS. Namun hingga kini, WhatsApp belum memberikan penjelasan terkait kapan versi resmi akan tersedia. (R10/HR-Online)

- Advertisment -