Rabu, Januari 26, 2022
BerandaTeknologiAplikasiFitur Voice Effects di Instagram Reels Ubah Video Lebih Unik, Ini Caranya!

Fitur Voice Effects di Instagram Reels Ubah Video Lebih Unik, Ini Caranya!

Fitur Voice Effects di Instagram Reels akhirnya resmi rilis. Tidak hanya fitur Voice Effects, terdapat fitur lain yang sama-sama rilis. Fitur tersebut bernama Text to Speech.

Kedua fitur tersebut dapat pengguna manfaatkan pada saat membuat sebuah video di Instagram Reels. Dengan fitur Voice Effects, para pengguna dapat mengubah suara dengan menambah efek audio.

Sebagai contoh, para pengguna dapat mengubah suaranya layaknya suara robot atau menjadi nada tinggi seakan habis menghirup gas helium.

Baca Juga: Preview Instagram di Twitter Kembali Lagi, Memudahkan Pengguna!

Mengenal Fitur Voice Effects di Instagram Reels

Untuk sebagian besar kalangan muda, Instagram tentu menjadi aplikasi yang wajib dimiliki. Selain menjadi sosial media yang cukup populer, Instagram juga memiliki fungsi untuk lahan pekerjaan menjanjikan.

Terdapat berbagai cara untuk memperoleh penghasilan tambahan melalui aplikasi ini. Tidak heran jika sampai saat ini, Instagram pun semakin mengembangkan aplikasinya menjadi multifungsi. Salah satunya adalah dengan adanya Instagram Reels.

Instagram Reels hadir untuk memfasilitasi kreativitas para penggunanya dalam membuat konten video pendek. Di dalamnya memiliki beragam fitur yang memberikan kemudahan para penggunanya untuk membuat video kreatif dan unik.

Keduanya sama-sama menawarkan kemudahan bagi para pembuat konten video di Instagram Reels. Fitur-fitur ini resmi diumumkan di halaman web Instagram pada 11 November lalu.

Dengan hadirnya dua fitur tersebut, diharapkan para pengguna dapat mengeksplorasi kreativitas yang dimiliki, terutama ketika menggunakan Instagram Reels. Selanjutnya, kedua fitur tersebut akan tersedia bagi pengguna Android dan iOS.

Baca Juga: Fitur Instagram Berbayar Subscriptions, Bantu Para Kreator Peroleh Cuan!

Kecanggihan Voice Effect dan Text To Speech di Instagram Reels

Salah satu fitur yang cukup menarik bagi para pengguna untuk membuat video unik adalah Voice Effect. Berkat fitur ini, maka pengguna dapat menambahkan efek suara pada video Reels mereka.

Dengan kata lain, memodifikasi audio atau pengisi suara pada Reels. Hal ini tentunya akan membuat video Reels lebih menarik.

Untuk saat ini, Instagram telah menawarkan hingga lima jenis opsi suara untuk fitur Voice Effects. Kelima suara tersebut antara lain vocalist, robot, giant, helium, hingga announcer.

Selain Voice Effects, terdapat fitur lain yang hadir di Instagram Reels. Fitur tersebut bernama Text to Speech. Ini merupakan salah satu fitur yang memungkinkan para kreator Instagram dapat menambahkan “Subtitle” yang tampil secara otomatis pada aplikasi.

Selanjutnya fitur ini juga dapat mendeteksi suara dalam sebuah video. Lalu mengubahnya menjadi format teks yang akan tampil pada layar.

Kedua fitur tersebut dapat pengguna manfaatkan secara otomatis. Meskipun demikian, para pengguna juga tetap harus memperhatikan tentang kejelasan pengucapan serta intonasi suara pada video yang akan dibuat.

Akan tetapi, hingga saat ini fitur Text To Speech belum tersedia di daftar effects pada fitur Video Reels. Sedangkan untuk fitur Voice Effects, sudah dapat dimanfaatkan oleh para pengguna.

Baca Juga: Ide Konten Instagram Bisnis Untuk Perbanyak Followers

Cara Menggunakan Fitur Voice Effects di Instagram Reels

Adapun langkah-langkah untuk menggunakan fitur Voice Effects adalah:

  1. Langkah pertama, pastikan Anda telah mengunduh aplikasi Instagram terbaru pada ponsel Anda.
  2. Kemudian buka aplikasi Instagram, masuk ke dalam fitur Story yang terdapat pada pojok kiri atas layar.
  3. Berikutnya geser fitur Story ke fitur Reels, lalu pilih kamera untuk mulai mengambil video.
  4. Untuk memulai, maka Anda perlu menekan tombol bintang atau Effects yang terdapat pada sisi kiri. Selanjutnya pilih Reels.
  5. Langkah berikutnya untuk menggunakan fitur Voice Effects di Instagram Reels, scroll hingga Anda menemukan fitur Voice Effects. Pada fitur ini, Anda dapat memilih 5 jenis effect seperti yang telah tersedia sebelumnya.
  6. Selanjutnya Anda bisa menyimpan fitur tersebut dengan menekan Save Effect. Hal ini dapat Anda gunakan secara otomatis untuk kemudian hari.

Dengan menggunakan fitur Voice Effects di Instagram Reels, maka Anda dapat mengkolaborasikan 5 effect suara ke dalam sebuah video yang telah Anda buat. Dengan demikian, effect yang akan Anda hasilkan pun bisa bermacam-macam. Tentu ini akan menjadi sangat menarik nantinya. (R10/HR-Online)

- Advertisment -